Pengertian Bisnis : Tujuan, Konsep dan Fungsinya

Pengertian Bisnis : Tujuan, Konsep dan Fungsinya


Pengertian Bisnis : Tujuan, Konsep dan Fungsinya - Bisnis adalah kata yang diadaptasi dari Bahasa Inggris yakni “business” yang memiliki arti kesibukan. Secara sederhana, bisnis dijelaskan dengan melakukan sebuah aktivitas atau pekerjaan yang bisa memberikan keuntungan kepada seseorang. 

Sedangkan jika dilihat dari konteks aktivitas, bisnis merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi dan melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian bahkan pertukaran jasa atau barang. Semua kegiatan tersebut tentu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Dari sudut pandang entitas, bisnis merupakan suatu organisasi atau badan lain yang bergerak di kegiatan profesional, komersial dan industri untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa “bisnis’ bisa merujuk pada tiga hal berdasarkan lingkupnya yaitu :

  • Badan Usaha : kesatuan yuridis, teknis dan ekonomis untuk mencari keuntungan
  • Sektor pasar tertentu seperti pasar modal
  • Semua aktivitas di komunitas produsen jasa dan barang.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli, bisnis bisa diartikan dengan penjelasan berikut :


1. Hughes dan Kapoor

Pengertian bisnis menurut Hughes dan Kapoor yaitu suatu kegiatan seorang individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang serta jasa. Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan.

Baca JugaCara Mencari Peluang Bisnis di Sekitar Anda


2. Brown dan Pretello

Sedangkan menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, bisnis adalah semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.


3. Jeff Madura

Pengertian bisnis menurut Jeff Madura ialah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh konsumen.


4. L. R. Dicksee

Menurut L. R. Dicksee, bisnis merupakan suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Baca JugaCara Jitu Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula


Tujuan Bisnis Secara Umum

Semua bisnis mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan memproduksi dan menjual barang/jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Beberapa tujuan bisnis adalah :

  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
  • Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  • Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.


Fungsi Bisnis Secara Umum

Tentu bisnis memiliki tujuan untuk membuat sesuatu yang tadinya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Tidak hanya itu, bisnis juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan msyarakat.

Beberapa fungsi bisnis secara umum adalah sebagai berikut:

  • Form Utility, yaitu fungsi produksi di mana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
  • Place Utility, yaitu fungsi distribusi di mana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/ jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
  • Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis di mana sebuah perusahaan menjual suatu produk ke konsumen yang membutuhkan, baik itu barang maupun jasa.
  • Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, di mana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.

Sedangkan menurut Steinhoff pada bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, seperti :

  • Acquiring Raw Material, yakni untuk mencari bahan mentah.
  • Manufacturing Raw Materials Into Product, yakni mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
  • Distributing Product to Consumers, yakni untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.


Penutup

Semakin banyak referensi maka semakin baik pula pilihan yang bisa Anda ambil. Cara memulai bisnis properti hasil melimpah bukan hal mustahil jika Anda memulainya sekarang juga. Perhatikan langkah-langkah awal dan temukan strategi tepat untuk memegang pasar.

Demikian artikel mengenai Pengertian Bisnis : Tujuan, Konsep dan Fungsinya, semoga bermanfaat bagi anda dan pandemi ini semoga cepat berakhir.

selamat membaca dan berbisnis...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url