-->

Fungsi Keringat untuk Kesehatan Tubuh

Konten [Tampil]
Fungsi Keringat untuk Kesehatan Tubuh


Fungsi Keringat untuk Kesehatan Tubuh - Berkeringat sering kali mengganggu rasa percaya diri karena bisa menimbulkan bau badan. Namun yang perlu Anda tahu bahwa keringat merupakan usaha tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan yang ada di sekitarnya. Biasanya, keringat juga akan keluar saat tubuh melakukan aktivtias yang menguras tenaga, tubuh merasa gugup atau bahkan ketika sedang sakit. Fungsi keringat untuk kesehatan tubuh ternyata memegang peranan penting.

Salah satunya adalah mampu membuang racun yang ada dalam tubuh. Manusia memiliki 2 hingga 5 juta kelenjar keringat yang ada di kulit manusia. dan disinilah memiliki peran penting untuk bisa membuang racun atau zat beracun yang ada dalam tubuh. ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa kandungan keringat terdiri dari berbagai jenis senyawa beracun sehingga orang yang aktif berkeringat sering dikatakan lebih sehat.

7 Fungsi Keringat untuk Kesehatan

Fungsi Keringat untuk Kesehatan Tubuh


1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Aktivitas atau gerak tubuh yang menguras tenaga akan menghasilkan keringat. Dari sini juga yang akan menyebabkan detak jantung jadi meningkat serta membuat sirkulasi darah lebih lancar. Jantung yang bekerja lebih keras agar bisa meningkatkan sirkulasi darah serta mekanisme yang terjadi inilah yang akan memberi efek jangka panjang untuk kesehatan. Berkeringat setelah olahraga tentu merupakan tanda yang baik bagi kesehatan tubuh.


2. Mengontrol Suhu Tubuh

Saat suhu tubuh meningkat maka keringat akan berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh kita dan ini terjadi secara alami. Sayangnya tubuh wanita disebut sedikit lebih buruk dibandingkan dengan pria dalam mendinginkan tubuh dari panas. Penelitian dari Experimental Psycology menemukan bahwa kemampuan pria untuk memproduksi keringat memang lebih tinggi dibading wanita. Fakta ini juga dibarengi dengan volume keringat yang diproduksi pria lebih banyak dibandingkan wanita.


3. Membakar Kalori

Fungsi keringat untuk tubuh juga sebagai pembakar kalori. Berkeringat bisa membakar kalori hingga 300 kalori per jam. Jika Anda merasa panas ketika selesai berolahraga artinya lemak dalam tubuh larut dalam air dan dikeluarkan melalui keringat. Namun jangan lupa bahwa untuk membakar kalori lebih banyak tetap dibutuhkan aktivitas atau gerak tubuh seperti berolahraga lari, bersepeda hingga senam.


4. Meredakan Stress

Tak banyak yang tahu bahwa fungsi keringat juga bisa meredakan stress. Suasana hati yang buruk bisa berubah menjadi lebih baik. Terutama ketika Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat cukup banyak maka artinya ada hormon endorfin yang diproduksi. Hormon ini yang disebut sebagai hormon bahagia dan dikeluarkan sebagai mood baik.


5. Mencerahkan Kulit

Keringat mampu mencerahkan kulit kita. Tidak hanya itu, keringat juga disebut bisa memperlambat tanda-tanda penuaan dini serta mengurangi efek kerusakan kulit. Tidak hanya untuk wajah saja tetapi juga di seluruh bagian kulit. Hal ini karena keringat secara otomatis mampu membersihkan pori-pori kulit dari adanya kuman dan bakteri. Sehingga kulit bisa terlihat lebih cerah dan juga terasa halus.


6. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Berkeringat bisa membantu seseorang untuk mengurangi adanya risiko terkena batu ginjal. Keringat merupakan cara yang efektif untuk mengeluarkan garam dari dalam tubuh serta mempertahankan kalsium yang ada di tulang manusia. Fungsi keringat membuat kita membatasi akumulasi garam dan kalsium di ginjal dan urine yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Selain itu, berkeringat juga bisa membersihkan tubuh lebih efisien karena tubuh memang membutuhkan cairan yang lebih banyak.


7. Menurunkan Hormon Kortisol

Hormon kortisol bisa dikontrol atau diturunkan dengan kita melakukan aktivitas olahraga dan berkeringat. Ketiak seseorang berkeringat maka ia bisa membuat tidur lebih nyenyak dan akan kembali bertenaga saat bangun nanti. Bukan hanya menjadikan tubuh lebih segar tetapi kadar hormon kortisol yang seimbang juga bisa membuat kulit wajah lebih cerah seperti yang disebutkan sebelumnya.

Ada banyak fungsi keringat untuk kesehatan tubuh yang tak jarang diketahui. Meski jika berlebihan dirasa mengganggu tetapi keringat tetaplah dibutuhkan tubuh untuk beberapa hal. Mulai dari menurunkan hormon kortisol, mengurangi risiko batu ginjal, mencerahkan kulit hingga mengontrol suhu tubuh. Tak perlu takut dan risih saat tubuh mengeluarkan keringat karena hal tersebut merupakan cara alami tubuh untuk menyeimbangkan apa yang ada di dalamnya. Keringat juga membuat kita terbebas dari racun dalam tubuh. 

0 Response to "Fungsi Keringat untuk Kesehatan Tubuh"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel