-->

Langkah Menjaga Kesehatan Saat Hamil Trimester 1

Konten [Tampil]
Langkah Menjaga Kesehatan Saat Hamil Trimester 1

Langkah Menjaga Kesehatan Saat Hamil Trimester 1 - Pada saat awal kehamilan para wanita tentu telah mencari banyak informasi dalam menghadapi masa periodenya. Namun, meski sudah paham cara agar tetap sehat, hanya saja banyak yang masih keliru mempraktekannya. Lalu bagaimana langkah mudah dalam menjaga kesehatan saat hamil trimester 1.


Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil Trimester 1

Kesehatan di masa hamil memang harus diperhatikan, terlebih jika sedang hamil muda. Oleh karena itu, ada beberapa tips menjaga kesehatan yang perlu Anda perhatikan. Berikut di antaranya:


1. Penuhi Asupan Gizi

Penuhi asupan gizi Anda dengan rajin mengkonsumsi susu hamil untuk trimester 1 untuk memenuhi kalsium dan vitamin D. Mengapa penting? Sebab vitamin D dapat mengurangi risiko terhindar dari alergi. Setidaknya wanita hamil membutuhkan minimal 1.000 miligram kalsium setiap harinya.

Manfaat lain dari susu hamil adalah untuk membantu pertumbuhan bayi supaya badannya tinggi. Kandungan lainnya adalah kaya protein, asam lemak dan asam amino. Nutrisi tersebut bagus untuk tulang baik. Selain itu juga terdapat banyak vitamin seperti vitamin A, B, dan D.


2. Menjaga Pola Makan

Selain penuhi asupan gizi, ibu hamil juga disarankan untuk menjaga pola makan terutama di trimester pertama. Tetapi makanan mengandung merkuri harus dihindari seperti makanan laut karena dapat berdampak pada cacatnya janin. Hidangan laut yang disarankan adalah ikan salmon.

Ikan jenis ini disarankan karena kandungannya terdiri dari omega 3 yang manfaatnya begitu banyak. Buat para ibu hamil untuk sementara hindari memakan sushi ataupun menu steak dengan tingkat kematangan sedang karena makan setengah matang mengandung toksoplasma. 


3. Hindari Zat Berbahaya

Selama masa periode, ibu hamil dilarang merokok dan mencium asap rokok sebab akan berbahaya bagi janin. Dampak buruknya adalah keguguran, lahir prematur dan permasalahan pada plasenta. Bahkan bisa juga menyebabkan bayi sumbing. Selain itu juga, dilarang konsumsi alkohol.

Makanan yang mengandung alkohol dapat berisiko berat badan bayi menurun, pertumbuhan janin terganggu, dan hiperaktif. Selain itu di trimester pertama kurangi mengkonsumsi kafein karena berisiko kelainan fisik saat bayi lahir bahkan bisa mengalami keguguran. Hindari juga penggunaan zat kimia.

4. Jangan Banyak Gerak

Di awal kehamilan usahakan mengurangi aktivitas terutama bagi wanita karir. Konsultasikan kepada rekan kerja maupun atasan untuk membatasi kegiatan kerja. Namun bukan berarti banyak diam, justru ibu hamil harus tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga.

Bila banyak diam dan tidak olahraga dapat meningkatkan denyut tekanan darah dan denyut nadi dalam tubuh. Selain itu juga rentan terkena diabetes. Oleh karena itu sempatkan diri untuk sekadar jalan kaki. Dan juga pastikan bahwa memiliki waktu istirahat yang cukup.


5. Kontrol Kesehatan

Jika sudah menjadi ibu hamil, disarankan sebaiknya untuk memiliki pendamping medis. Sehingga Anda bisa secara rutin mengontrol kesehatan ke bidan atau dokter kandungan. Hal ini penting dilakukan agar tetap menjaga kesehatan janin dalam perut.

Biasanya di awal kunjungan, Anda akan dibimbing cara menjaga kesehatan dan memperkarakan usia bayi. Selain itu juga untuk melihat beberapa risiko dan pemeriksaan kelainan kromosom pada bayi dalam perut. Jadi tanyakan kepada ahlinya tentang kehamilan selama periode tersebut.

6. Mempererat Hubungan Dengan Pasangan

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan memperat hubungan dngan pasangan. Pada saat trimesrer 1, Anda akan cenderung menjadi lebih emosi. Terkadang begitu gembira, bersedih, semangat, perubahaan moodnya seperti roaller coaster. Sering juga merasa cemas.

Oleh karena itu perlu yang namanya menceritakan perasaan tersebut kepada pasangan. Selain kepada suami, juga ungkapkan perihal ini kepada keluarga agar kondisi psikis ibu hamil stabil. Untuk hubungan seks sendiri tidak perlu dihindari karena janin pada bayi tetap aman.


7. Jangan Stress Dengan Perubahan Fisik

Ketika masa trimester awal akan terjadi perubahan-perubahan fisik sehingga membuat ibu hamil hadi stress. Jangan panik, karena itu semua merupakan hal wajar. Cukup Anda menjaga kesehatan selama proses kehamilan dan mengurangi beban pikiran.

Jika Anda merasa cemas, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung dengan bidan atau dokter kandungan. Menjaga kesehatan tubuh merupakan upaya penting dalam mengontrol perkembangan si kecil dalam kandungan. Ibu hamil harus banyak gembira dan perasaan tenang.

Demikianlah ulasan mengenai langkah menjaga kesehatan ibu hamil trimester 1 yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan di atas dapat memberi banyak manfaat.

0 Response to "Langkah Menjaga Kesehatan Saat Hamil Trimester 1"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel