-->

Tips Menulis Artikel Yang Mudah Dan Menarik

Konten [Tampil]
Tips Menulis Artikel Yang Mudah Dan Menarik

Tips Menulis Artikel Yang Mudah Dan Menarik - Selain menulis cerita pendek, novel, ataupun kisah-kisah fiksi lainnya. Kiranya menulis artikel bisa menjadi suatu aktivitas menulis yang tidak kalah seru dari jenis penulisan yang lainnya. Namun bagaimana caranya agar artikel yang dibuat bisa membuat orang tertarik untuk membacanya? Apa yang harus dilakukan, agar tulisan tersebut bisa menempati posisi page one di mesin telusur ? Berikut tips menulis artikel yang bisa Anda lakukan dengan mudah.


Ingin Menulis Artikel ? Berikut Tips Menulis Artikel Yang Mudah dan Menarik !

Menulis artikel memang tidak bisa disamakan dengan menulis sebuah cerita pendek maupun novel. Dimana, penulisan novel dan cerpen tersebut, lebih menitikberatkan pada cerita fiksi, ilusi, serta  khayalan. Meskipun memang, ada juga yang berdasarkan kisah nyata. Namun pada umumnya, sering disisipkan sebuah dialog. 

Sementara dalam penulisan artikel, Anda diharuskan mengemukakan sebuah tema yang riil, faktual dan informatif. Untuk lebih jelasnya, mengenai penulisan artikel ini. Bisa Anda simak dalam tips menulis artikel berikut ini. Diantaranya :


1. Tulislah Artikel Yang Sesuai Fakta Ataupun Data Di Lapangan

Pada umumnya, artikel dibagi kedalam beberapa jenis. Salah satunya yaitu artikel yang bersifat ilmiah. Dimana untuk menulis artikel dengan jenis ini, Anda diharuskan untuk menyajikan berita yang informatif, serta sesuai dengan fakta dan data yang ada di lapangan. Bahkan, ada baiknya juga, jika Anda menyertakan pendapat dari para ahli ataupun pakar dari bidang yang Anda bahas.


2. Gunakan Bahasa Yang Menarik, Yang Bisa Menimbulkan Ketertarikan Dari Pembaca

Selain artikel yang bersifat ilmiah, ada juga jenis artikel yang bersifat copywriting. Jenis artikel ini, mengharuskan Anda untuk menjelaskan keunggulan dan kelebihan, review ataupun hal-hal menarik lainnya, dari suatu produk ataupun jasa. 

Tujuan dari tips menulis artikel dengan cara ini, tentu saja, agar pembaca bisa tertarik dengan produk dan jasa tersebut. Segera setelah membaca tulisan yang kita buat.  Bahkan ada juga, beberapa penulis artikel, yang juga menyertakan ajakan untuk menggunakan produk dan jasa tertentu. 


3. Perhatikan EYD

Meskipun artikel yang Anda buat, bukanlah artikel ilmiah. Namun tetap saja, Anda juga harus memperhatikan setiap bahasa penulisan yang sesuai dengan EYD. Hal ini berlaku untuk semua artikel yang berbahasa Indonesia. Sementara untuk artikel dengan bahasa lainnya, tentunya memiliki kaidah dan tata bahasa sendiri, yang tetap harus diperhatikan dalam penulisannya.


4. Menerapkan SEO Dalam Setiap Penulisan Artikel

Mungkin ada sebagian dari Anda yang masih belum mengetahui apa itu SEO. Karena itu, dalam tips menulis artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai hal ini. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. 

Dimana dengan SEO ini, artikel yang Anda tulis tersebut bisa berada di urutan pertama dalam mesin telusur google. Apakah hal ini berpengaruh ? Tentu saja, karena jika artikel yang Anda buat tersebut berada di posisi utama mesin telusur google. Secara otomatis, orang-orang akan melihat, dan bukan tak mungkin, bisa langsung membaca tulisan Anda tersebut.

Ada beberapa hal yang menyangkut SEO, yang harus Anda perhatikan. Terutama dalam penulisan artikel ini. Diantaranya judul, heading/subjudul, keyword dan jumlah density keyword, meta deskripsi, permalink, dan sebagainya.


Tips Menulis Artikel Lainnya Yang Bisa Anda Lakukan

Selain yang telah dijelaskan di atas, sebenarnya ada beberapa tips menulis artikel lainnya, yang bisa Anda lakukan. Tentunya agar setiap orang yang membaca artikel tersebut tidak menjadi bosan saat membacanya. Diantaranya :


1. Pilihlah Tema Dan Judul Yang Menarik

Setiap orang pastinya akan tertarik untuk membaca sebuah tulisan, hanya dari membaca judulnya saja. Maka dari itu, pilihlah judul yang menarik. Sehingga menimbulkan rasa penasaran dari pembaca, hingga akhirnya membaca artikel tersebut hingga tuntas. Bukan itu saja, pemilihan tema yang menarik serta kekinian ( up to date ) juga, bisa Anda lakukan untuk menggaet pembaca, dengan jumlah yang lebih banyak lagi.


2. Gunakan Sapaan Yang Sesuai Dengan Target Pembaca

Tips menulis artikel selanjutnya, yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sapaan yang sesuai dengan target pembaca. Misalnya, Anda menulis artikel yang ditujukan bagi kalangan usia 50 tahun ke atas. Tentunya, Anda tidak akan menggunakan sapaan dengan menyebut, kamu, bukan ? Begitu juga jika target pembaca dari artikel tersebut adalah remaja. Tentunya, sapaan yang disertakan haruslah sesuai dengan usia mereka.

Namun, jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menulis artikel, Anda bisa gunakan jasa penulis artikel untuk membuat artikel yang sesuai dengan karakter pembaca blog Anda. Dengan begitu, pembaca akan tetap menikmati tulisan Anda.

Selain itu, dengan menggunakan jasa artikel, Anda tidak perlu melakukan riset keyword lagi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung tanpa perlu repot.


3. Hindari Plagiat

Selain hal-hal lainnya, sebenarnya plagiat adalah hal yang sepatutnya dihindari oleh setiap penulis. Karena plagiat sendiri merupakan salah satu tanda dan bukti dari adanya non prestasi dari jiwa penulis tersebut. Namun bagaimana caranya agar tidak terhindar dari plagiat ?

Caranya, Anda bisa menulis artikel, sedikitnya dari 2 hingga 3 sumber yang berbeda. Kemudian tulislah sesuai gaya bahasa Anda sendiri. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari plagiarisme. Beruntungnya, kini ada beberapa aplikasi pengecekan plagiarime ini. Sehingga, Anda bisa langsung mengoreksi artikel yang dibuat. Sekiranya mesin/aplikasi tersebut menemukan sejumlah plagiarisme dalam artikel Anda tersebut.


4. Hindari Bahasa Yang Bertele-Tele

Anda mungkin pernah membaca sebuah artikel, dengan bahasa yang bertele-tele. Sehingga akhirnya, Anda merasa bosan, dan lantas mengurungkan niat untuk membaca artikel tersebut hingga tuntas. Untuk menghindari agar kejadian tersebut, tidak terjadi pada artikel yang Anda buat. Maka usahakan untuk tidak menggunakan bahasa  yang bertele-tele, dan tidak penting.

Itu dia beberapa tips menulis artikel yang bisa Anda coba. Dengan menerapkan tips-tips tersebut pada artikel yang nantinya Anda buat. Diharapkan bisa membuat artikel tersebut bisa dengan mudah diterima oleh setiap pembaca. Dan bukan tak mungkin, bisa menempatkannya, menjadi artikel yang berada di posisi page one, pada mesin telusur google, hingga waktu yang lama.jasa

0 Response to "Tips Menulis Artikel Yang Mudah Dan Menarik"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel