Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Samsung

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Samsung

Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Samsung - Salah satu kendala smartphone kekinian, yaitu “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Rasanya memang jengkel, namun Anda bisa mengatasinya dengan mengetahui cara mengatasi aplikasi terhenti di samsung. Dengan begitu, kendala akan kembali normal dan aplikasi bisa dibuka kembali.


Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Handphone Samsung 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi aplikasi terhentiu, yaitu dengan menghentikan aplikasinya secara paksa. Biasanya cara semacam ini akan berhasil, lalu aplikasi bisa normal kembali. Ada pun kendala lain yang bisa diatasi, seperti HP yang mengalami lag, macet atau error.

  1. Buka menu Setting di HP
  2. Setelah itu pilih Aplikasi
  3. Jika sudah, pilih Aplikasi yang diinginkan
  4. Klik “Paksa Berhenti”
  5. Masalah teratasi 

Cara mudah lainnya yaitu:


1. Menghapus File Sampah / Cache 

Dalam rangka mengatasi aplikasi yang terhenti pada smartphone Samsung. Supaya kinerja aplikasinya bisa lebih bebas / tidak terhalang suatu apa pun, Anda perlu menghapus sampah / cachenya. Tujuannya, agarp aplikasinya tidak lagi terhenti dan bisa digunakan dengan lancar.

  1. Bukalah File Manager
  2. Pilihlah di Pojok Kiri Atas (3 garis)
  3. Kemudian, pilih Setelan 
  4. Tampilkan Berkas Tersembunyi 
  5. Buka File Manajer lagi
  6. Di Kolom Pencarian, ketik Cache
  7. Masuk ke semua  Folder yang Muncul
  8. Hapus semua Cache tersebut

2. Melakukan Factory Reset 

Cara satu ini bisa Anda terapkan, jikalau cara sebelumnya tidak berhasil. Walaupun tidak menjamin 100% berhasil, akan tetapi dengan melakukan factory reset maka handphone kembali ke pengaturan baru. Mungkin aplikasi yang sebelumnya sempat terhenti, akhirnya bisa kembali normal / tidak error.

  1. Masuk ke menu Pengaturan 
  2. Kemudian, pilih System 
  3. Setelah itu, pilih Reset Options
  4. Lalu Erase All Data atau Factory Reset

3. Mengupdate Aplikasi Ke Versi Terbaru

Sebagian besar pengguna, biasanya akan mengalami hal satu ini. Antara malas dan tidak ingin mengupdate aplikasi ke versi terbaru, asalkan masih bisa dibuka dan digunakan sudah cukup. Padahal mengupdate aplikasi dapat membantu mencegah terjadinya error semacam ini.

  1. Bukalah Google Play Store
  2. Kemudian, cari Aplikasi yang diinginkan 
  3. Klik Update 
  4. Ada Interface, klik Terima 

Cara Mengupdate OS Samsung untuk Mengatasi Aplikasi Terhenti 

Langkah selanjutnya, cobalah untuk mengupdate OS Samsung untuk mengatasi aplikasi terhenti. Dikarenakan jika cara sebelumnya tidak berhasil, bisa jadi sistem Android Anda yang bermasalah. Jadi, harus dilakukan update OS agar aplikasinya berjalan stabil lagi.

  1. Buka Pengaturan
  2. Klik Perbarui Perangkat Lunak 
  3. Lalu pilih Unduh Pembaruan Secara Manual
  4. Langsung Perbarui OS Terbaru yang Tersedia

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail, mengenai cara mengatasi aplikasi terhenti di samsung. Dari berbagai macam langkah di atas, Anda bisa memilih salah satu. Jika tidak berhasil di satu cara, cobalah untuk menerapkan cara lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url