-->

Perbedaan Dofollow dan Nofollow Link Dalam Backlink Website

Konten [Tampil]
Perbedaan Dofollow dan Nofollow Link Dalam Backlink Website


Sebelum membahas mengenai perbedaan dofollow dan nofollow, mari kita kupas dulu apa itu backlink. 

Backlink adalah suatu metode dalam SEO (Search Engine Optimization) dengan cara memasukkan link website yang akan dinaikkan peringkatnya ke dalam postingan website lain.

Fungsi dari backlink yaitu untuk memberi tanda ke mesin pencari bahwa website yang di backlink memiliki kualitas baik dan layak untuk berada di halaman atas hasil pencarian.

Metode penyisipan link untuk backlink ini bisa dilakukan melalui anchor text yang berisi outbound link dimana ketika Anda mengkliknya maka secara otomatis akan masuk ke link situs yang dituju.

Penjelasan Dofollow Link dan Nofollow Link

Dalam hal backlink, jenis link yang digunakan ialah outbound link atau link keluar. Sedangkan outbound link ini juga terbagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu Dofollow link dan Nofollow link.

Dofollow Link

Dofollow adalah jenis link yang ketika di klik akan langsung berpindah halaman ke alamat website lain. 

Lantas kenapa disebut dofollow?, hal ini dikarenakan Search Engine akan mengikuti alamat tersebut dan akan terindex secara otomatis.

Salah satu ciri Dofollow link ialah tidak ada pengurangan atau penambahan dalam atribut link yang disematkan.

Sebagai gambaran, berikut contoh outbound link (link keluar) yang bersifat Dofollow:
<a href="https://www.teknokita.id/2020/12/cara-memperbesar-ukuran-jpg.html">5 Cara Memperbesar Ukuran JPG Foto Secara Offline dan Online</a>

Anda sebenarnya jangan terlalu pusing ketika hendak menambahkan Dofollow link ke dalam postingan artikel.

Pasalnya setiap link yang dimasukkan di fitur insert link pada wordpress termasuk pada Dofollow link, namun dengan syarat alamat link harus lengkap dan tidak boleh di modifikasi sedikitpun.

Nofollow Link

Sedangkan Nofollow link merupakan link yang ketika diklik tidak ada perubahan apa-apa alias link ini bersifat mati.

Link jenis ini sendiri tidak memiliki atribut yang kompleks layaknya Dofollow dan tidak bisa diakses secara langsung dari situs yang mencantumkan link ini.

Akibatnya mesin pencari tidak akan mengikuti link tersebut sehingga tidak memberi dampak terlalu tinggi terhadap nilai SEO.

Sebenarnya Nofollow link bisa diakses dengan cara mengcopy nya ke tab browser baru dan mencarinya kembali secara manual.

Pemilihan Tepat Dofollow dan Nofollow Link dalam Backlink

Setelah membaca ulasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Dofollow link merupakan pilihan tepat dalam hal backlink.

Agar semakin mudah dalam menentukan suatu tautan berjenis Dofollow atau Nofollow, Anda bisa memanfaatkan ekstensi web browser bernama  SEOquake.

Dofollow link ini cocok digunakan untuk backlink wordpress ataupun blogger, tentunya untuk mendapatkan hasil backlink yang optimal juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain.

Faktor tersebut seperti kualitas konten, nilai trafik, dan kualitas dari website yang memberikan backlink. 

Namun jika Anda tidak ingin ribet dalam melakukan backlink sendiri, maka Anda bisa memanfaatkan jasa backlink media yang bersifat premium dan berbayar.

Uang yang Anda keluarkan akan sebanding dengan kualitas backlink yang ditawarkan, pasalnya situs yang digunakan merupakan situs dengan kepercayaan tinggi layaknya Kompas, Liputan6, IDNTimes dan lain sebagainya.

Bagaimana apakah Anda sudah menentukan sokongan backlink tepat untuk situs kesayangan Anda?, ada 2 pilihan opsi yaitu membangun rantai backlink manual dari sekarang atau dengan membeli backlink berkualitas premium.

jika Anda memilih opsi pertama, maka pemahaman mengenai perbedaan Dofollow dan Nofollow link di atas harus Anda kuasai.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai Perbedaan Dofollow dan Nofollow Link Dalam Backlink Website, semoga bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan seputar backlink dan SEO anda bisa berkomentar dibawah ini.

Terimakasih :D

0 Response to "Perbedaan Dofollow dan Nofollow Link Dalam Backlink Website"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel