Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Dengan Mudah

Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Dengan Mudah

Cara Cek IMEI HP Android dan iPhone Dengan Mudah - IMEI adalah sebuah kode unik yang terdapat dalam setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional. Oleh sebab itu setiap ponsel terdapat identitas yang berbeda dengan lainnya. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Simak cara cek IMEi hp di bawah ini.

Kode IMEI pada setiap ponsel berjumlah 14-16 digit dan tidak hanya bermanfaat untuk keperluan dagang semata melainkan juga untuk mengetahui tipe ponsel, serta keamanan ponsel yang telah kamu gunakan.


Cara Cek Nomor IMEI pada iPhone

Bagi kamu yang sudah penasaran, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui kode IMEI pada ponsel.

  1. Buka aplikasi pengaturan pada ponsel Anda, kemudian pada menu pilihan ‘Umum’, lalu klik ‘Mengenai.’
  2. Carilah nomor IMEi pada kolom IMEI. Scroll ke bawah untuk menggulirkan lalu cariah yang bertuliskan IMEI/MEID dan juga ICCID
  3. Pada saat hendak menempelkan informasi ini pada formulir pendaftaran.
  4. Untuk menyebarluaskan informasi tersebut formulir pendaftaran maupun dukungan apple, sentuh dan juga tahanlah pada nomor yang hendak di salin.
  5. Setelah Anda mendapat  nomor IMEI lalu bukalah laman imei.kemenperin.go.id untuk pengecekan.
  6. Kemudian masukkan nomor IMEI Anda
  7. Apabila nomor IMEi mu terdaftar maka akan terlihat sebuah tulisan “IMEI terdaftar pada database Kemenperin.”
  8. Yang mana berarti perangkat iPhone Anda pendistribusian melalui jalur resmi.

Cara Mengecek nomor IMEI di Android

Namun bagi  kamu yang tidak menggunakan iPhone tetapi menggunakan Android, kamu dapat melakukan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi ‘Pengaturan’ pada ponsel, lalu pilih ‘About Phone” agar dapat melihat nomor iMEI
  2. IMEI juga dapat mengecek yang berada di punggung perangkat di beberapa perangkat tertentu atau dengan menghubungi salah satu rekan kerja dengan menggunakan perangkat dan juga label seperti ponselmu, label/sticker,
  3. Setelah mendapatkan kehilangan karena memikirkan
  4. Kemudian kamu dapat mendapatkan nomor IMEI
  5. Apabila nomor IMEI terlihat akan muncul “IMEI terdaftar pada database kemenperin.
  6. Yang artinya adalah perangkat iphone yang kau gunakan sudah terdaftar di distribusi melalui jalur resmi.

Cara Cek IMEI Melalui *#06#

Selain dengan cara di atas cara cek IMEI hp juga dapat dilakukan dengan mengetikkan tombol *#06# pada keyboard ponsel kamu ketika hendak menelpon. Kode IMEI secara otomatis akan memberikan informasi mengenai nomor IMEI dengan menampilkan 15 digit di atas kode barcode.

Baca JugaCara Bisnis Barang Impor dari China Aman dan Pasti Cuan


Mengecek IMEI melalui situs web Kemenperin

Setelah kamu mendapatkan 14-16 digit angka IMEI, kamu dapat mengaksesnya melalui situs web Kemenperin dengan alamat https://imei.kemenperin.go.id/ lalu masukkan 14-16 digit nomor IMEI pada kotak yang tersedia.

Apabila ponsel kamu telah termasuk legal, maka akan keluar keterangan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, dan juga sebaliknya.

Fungsi dari kode IMEI atau Internet Mobile Equipment Identity adalah sebagai nomor identitas HP, karena setiap ponsel memiliki kode unik IMEI yang berbeda. Tidak hanya itu, fungsi lain dari kode IMEI adalah dapat digunakan untuk melacak ketika ponsel hilang.

Karena pentingnya nomor kode ini, sehingga nomor kode IMEI tidak dipajang besar-besaran. Selain dengan cara-cara di atas, kamu juga dapat melakukan pengecekan melalui kardus pembelian. Cara cek kode IMEI hp melalui kardus ini bisa kamu lihat pada bagian kardus HP.

Bagaimana mudah bukan untuk mengecek apakah HP yang kamu gunakan temasuk HP legal atau non ilegal? Selamat mencoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url