Mengetahui Pengertian Website Profil dan Kegunaannya

Mengetahui Pengertian Website Profil dan Kegunaannya

Pengertian Website Profil - Sekarang pekerjaan memang bisa orang dapatkan dengan cepat lewat internet. Hal ini akan menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan website profile. Jenis web satu ini sangat populer orang gunakan ketika hendak menawarkan jasa atau kemampuan. Lalu apa pengertian website profil ?

Inilah Pengertian Website Profil

Secara garis besar, pengertian website profil adalah web yang khusus seseorang buat dalam cakupan kecil. Biasannya yang menggunakan website jenis ini hanyalah seorang individu saja atau kelompok tidak besar. Isinya juga merupakan sebuah informasi tentang pribadi itu sendiri.

Nama lain dari website profile atau resume web, biasa nya informasi yang website jenis ini sajikan hanyalah seputar informasi masi pribadi seseorang. Isinya berupa penawaran jasa dari seseorang tersebut kepada public yang tertarik menggunakan jasanya.

Misalnya seorang ahli desain web, maka website profilnya akan berisikan Curriculum vitaenya, data pribadi, skill dan juga nomor kontak. Struktur dari website profil memang sangat sederhana. Kebanyakan website profile memang orang gunakan untuk menawarkan jasa dan mencari kerja.

Elemen Penting yang Harus Ada di Website Profile

Ketika hendak membuat sebuah website profil, Anda tidak membutuhkan konsep yang terlalu ribet. Memang pembawaan dari website jenis ini sangatlah sederhana. Paling penting telah menyampaikan elemen dari seseorang secara baik. Berikut adalah elemen yang harus ada pada website profile :

1. Foto Pemilik Website

Website profile memang tampak seperti akun personal di sebuah media sosial. Akan tetapi informasi yang bisa pengguna sampai lebih lengkap. Pemilik website profile dapat melakukan modifikasi sehingga tampilan profil menjadi lebih interaktif dan menarik perhatian orang.

Biasanya bagian foto yang akan pihak pemilik website tonjolkan dengan berbagai mode dan juga presisi sesuai selera. Ketika membangun sebuah website profile pastikan untuk menampilkan foto secara jelas agar pengunjung merasa bila web ini benar benar terpercaya dan kredibel.

2. About Me

Website profile juga biasanya akan menghadirkan sebuah menu bernama about me. Pada halaman ini nantinya akan menampilkan sebuah biografi dari pemilik web itu sendiri. Isinya berupa pemaparan secara rinci tentang pribadi seorang website tersebut.

Biasannya menu About me ini memiliki peran untuk pengunjung dalam mendefinisikan diri Anda. Penggambaran ini meliputi sifat dan tingkah laku dari pemilik web itu sendiri, bisa berupa hobi, kebiasaan dan juga keahlian secara garis besar.

3. Menu Penyesuaian

Ini merupakan bagian menu yang akan menonjolkan skill atau kemampuan dari pemilik website tersebut secara mendetail. Misalnya seorang ahli web desain akan memberikan menu beberapa hasil desainnya, skill bahasa pemrogramannya, kemudian pernah bekerja di mana saja.

Biasannya menu penyesuaian ini akan menyesuaikan kehendak dan keperluan dari pemilik website profil ini. Menu ini memiliki peran penting agar seseorang atau pengunjung mau dan tertarik menggunakan jasa Anda. Pastikan membuat menu penyesuain dengan baik dan benar.

4. Menu Galeri

Selanjutnya ada menu galeri yang secara garis besar berisikan sekumpulan foto berikatan dengan pemilik website. Isi fotonya bisa berupa hasil karya, produk, dan paket jasa pemilik website tersebut. Untuk membuatnya terlihat keren aktivitas ketika bekerja juga bisa ada di menu ini.

Misalnya seorang web designer bisa mengupload aktivitas foto ketika melakukan editing dan desain website. Tentu saja menu galeri ini sangat penting dalam menarik perhatian seseorang sehingga lebih percaya terhadap penawaran yang ada pada website profil ini.

5. Contact Me

Contact Me merupakan halaman pada website profil yang akan menampilkan sebuah informasi untuk pengunjung agar bisa menghubungi pemilik website. Biasanya halaman ini berisikan tentang informasi nomor kontak, alamat email, sosial media, dan masih banyak lagi.

Ketika ada seseorang atau pengunjung website profile tertarik dengan penawaran yang ada di web ini maka bisa langsung menghubungi lewat lama contact me. Halaman ini akan menjadi penghubung antara klien dan juga pemilik website dalam mengerjakan sebuah proyek.

Manfaat Memiliki Website Profile

Mungkin masih banyak orang yang belum memiliki website profile karena tidak mengetahui keuntungannya. Web jenis ini memang jarang sekali orang yang memilikinya. Sebenarnya terdapat banyak keuntungannya. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki website profile :

1. Memudahkan Orang Menemukan Anda

Apabila Anda sekarang sedang dalam posisi mencari pekerjaan, maka web profile memiliki peran sangat penting. Seseorang atau HRD dari sebuah perusahaan akan lebih mudah menemukan profil dan data diri seseorang.

Ketika melamar pekerjaan dan melampirkan alamat website profile pihak perusahaan dapat mengecek dan juga mendapatkan informasi tentang Anda secara cepat. Tidak hanya, itu proses perekrutan juga akan menjadi lebih efektif karena informasi website profil sudah merangkum tentang pemiliknya.

2. Meningkatkan Kemungkinan Diterima Kerja

Website profile juga akan memberikan kesan profesional dan terpercaya kepada pemiliknya. Web profile juga menjadi media sebagai tempat portofolio seseorang sehingga dapat menampilkan berbagai karya yang pernah pemilik website tersebut buat.

Ketika melamar kerja dan HRD dari sebuah perusahaan melihat web profil Anda, maka potensi pihak perusahan menerima menjadi meningkat. Sederhana saja karena, pelamar akan terlihat sudah punya pengalaman dengan kinerja bagus lewat karya yang ada di web profil tadi.

3. Bebas Berkreasi

Sebenarnya beberapa media sosial juga menawarkan fitur untuk menyampaikan informasi secara lengkap dalam aktivitas lamaran kerja. Akan tetapi, jika Anda menggunakan beberapa media sosial untuk menyampaikan informasi tidak bisa berkreasi.

Hal ini karena setiap media sosial memiliki ketentuan dan juga aturan tersendiri dalam menyampaikan informasi. Berbeda halnya apabila Anda memiliki web profile mandiri, mulai dari tampilan, informasi, dan layout mengenai data diri dapat pengguna modifikasi sesuai selera serta kebutuhan.

4. ROI tinggi dan Hemat Harga

Return on Investment atau ROI merupakan sebuah istilah yang memberikan keuntungan besar kepada Anda dengan budget kecil. Membuat website profile sangat terjangkau, akan tetapi manfaat cukup besar. Apalagi proses pembuatan web juga tidak lama dan berlangsung cepat.

Pembuatan web profile tidak memerlukan waktu lama seperti website bisnis atau komersial pada umumnya. Hal ini sudah jelas, seperti penjelasan di awal karena tampilan dan elemennya sedikit. Menggunakan website profil untuk tingkatkan peluang bekerja sangatlah worth it untuk orang lakukan.

5. Lebih Menonjol dari Kandidat Lain

Apabila Anda memiliki website profil ketika melamar kerja, maka akan terlihat lebih menonjol dari pelamar lainnya berkat informasi lengkap dari web tersebut. Misalnya, sedang melamar kerja tanpa pengalaman yang profesional.

Ketika di lembar lamaran tercantum link website profil, kemudian pihak HRD mengecek, maka akan ada nilai tambah. Pihak perusahaan akan melihat karya karya pelamar yang ada di sana sebagai bahan pertimbangan lebih.

Demikian informasi mengenai pengertian website profil. Memang jenis website ini tidak terlelu populer dari pada lainnya. Akan tetapi memiliki fungsi dan kegunaan luar biasa khususnya untuk para pencari kerja ketika mengajukan lamaran.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url