Apa Itu Organic Traffic SEO dan Cara Meningkatkannya

Apa Itu Organic Traffic SEO dan Cara Meningkatkannya

Anda sedang mengelola website atau blog? Penting untuk memahami soal organic traffic SEO. Khususnya jika Anda sedang mengelola website untuk bisnis. Meningkatkan lalu lintas situs web secara organik ini bisa menjadi solusi bisnis untuk meningkatkan engagement. 

Hampir semua pemilik website bisnis pasti mengandalkan cara ini karena terkenal murah meriah. Ditambah lagi hasil peningkatan trafik relatif stabil. Anda yang masih belum paham mengenai trafik organik, bisa menyimak pengertian hingga cara meningkatkannya ini. 

Berkenalan dengan Organic Traffic SEO

Organic traffic adalah lalu lintas pengunjung yang masuk ke website melalui penelusuran organik di mesin pencari. Lalu lintas pengunjung yang dimaksudkan adalah ketika pengunjung website masuk ke halaman blog atau web. Baik itu pengunjung yang mengakses untuk membaca dan menelusuri website lebih dalam. 

Disebut dengan organic traffic SEO karena dalam praktiknya penelusuran organik dihasilkan di mesin pencari, contohnya seperti Google. Jadi ketika pengguna mengetik kata kunci di mesin pencari dan masuk mengunjungi website Anda dari hasil penelusuran maka akan menghasilkan trafik. 

Supaya website mudah diklik maka Anda harus mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization). Ada satu lagi strategi optimasi yang biasa digunakan yaitu paid traffic. Perbedaan terbesar antara paid traffic SEO dan juga organik meskipun sama-sama menggunakan mesin pencari adalah soal pembayaran. 

Jika Anda menggunakan paid traffic maka harus membayar ke mesin pencari agar hasil pencarian muncul di halaman yang diinginkan. Sedangkan organik tidak, Anda harus menerapkan berbagai strategi agar website naik ke peringkat teratas secara alami. 

5 Cara Meningkatkan Organic Traffic Website 

Sesuai pengertiannya, organic traffic dihasilkan secara gratis, namun tentu saja membutuhkan usaha yang cukup keras. Ada beberapa strategi SEO yang bisa Anda terapkan agar website berada di peringkat atas dan selalu muncul di hasil pencarian pengguna. 

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan trafik web atau blog secara organik yang bisa Anda ikuti. 

1. Memanfaatkan Long Tail Keyword 

Ada banyak jenis keyword salah satunya long tail keyword. Anda sebaiknya menggunakan long tail keyword yang bisa merujuk pada hasil pencarian lebih spesifik. Namun jangan hanya memilih secara sembarangan, tetapi pilih yang memiliki volume pencarian tinggi. 

Volume pencarian ini akan meningkatkan peluang website Anda sering muncul di hasil pencarian. Selain itu pilih juga yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi. Anda bisa mencari kata kunci ini di Google Search atau melalui tools berbayar. 

2. Membuat Judul Konten yang Menarik 

Dalam organic traffic SEO konten menjadi kunci penting dalam peningkatannya. Website mungkin ada di peringkat akhir jika Anda tidak membuat judul yang unik serta clickbait. Penting untuk membuat judul yang bisa menjawab permasalahan pengguna. 

Jangan lupa selalu sertakan kata kunci dan buat susunan yang tepat. Misalnya judul hanya membutuhkan 5 hingga 8 kata dengan kata kunci berada di depan. Tidak ada salahnya juga membuat judul bentuk pertanyaan yang menggugah keinginan untuk membuka informasi. 

3. Optimasi Meta Description 

Jangan abaikan meta description, karena bisa jadi kunci dalam organic traffic SEO. Anda bisa membuat meta description sebanyak 140 hingga 150 karakter yang mampu menjelaskan konten artikel secara singkat. Buat kata yang menarik sehingga pengguna penasaran lebih lanjut dengan isinya. 

Supaya Anda tidak kesulitan mengukur karakter yang digunakan dan supaya tampil di hasil mesin pencari maka gunakan plugin SEO. Ada banyak plugin yang bisa mengatur meta description ini dengan mudah. 

4. Ciptakan Website yang Mobile Friendly 

Saat ini lebih banyak orang yang menggunakan mesin pencari melalui smartphone. Oleh karena itu Anda bisa menyesuaikan website agar lebih mudah diakses di smartphone atau mobile friendly. 

Banyak pengaturan yang perlu disesuaikan seperti buat tampilannya yang sederhana. Gambar pada konten sebaiknya tidak terlalu berat agar cepat loading. Begitu juga dengan penulisan kalimat sebaiknya tidak terlalu panjang agar mudah dibaca. 

5. Produksi Konten yang Lengkap 

Bukan hanya judul yang bisa menjawab pertanyaan pengguna namun juga konten artikel. Organic traffic SEO dapat meningkat jika Anda menciptakan kontan yang lengkap, terstruktur, mudah dibaca dan banyak referensi serta akurat. 

Jadi bukan hanya soal kuantitas artikel tetapi juga kualitasnya. Ada banyak contoh organic traffic dari web yang berhasil meningkat dalam waktu singkat karena konten yang berkualitas. Anda bisa mencontoh web besar bahkan kompetitor untuk menciptakan konten ini. 

Tidak sabar meningkatkan organic traffic SEO karena perlu usaha dan waktu? Ada solusi lainnya yaitu dengan beli lalu lintas situs web. Anda bisa melakukan pembelian trafik di Sparktraffic.com. 

Anda bisa langsung meningkatkan trafik organik web bahkan direct traffic. Semuanya akan dilakukan secara aman dan kenaikan didapatkan dalam hitungan minggu. Hasilnya akan ada di Google Analytics dan Google Ads dengan aman. 

Sparktraffic.com sudah digunakan di 200 negara lebih dengan jaminan uang kembali. Jadi Anda tidak perlu khawatir menggunakan layanannya. Segera kunjungi Sparktraffic.com untuk mendapatkan informasi paket lebih lanjut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url