Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, dan Contohnya

Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contoh [Lengkap]
Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contoh - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai DFD (Data Flow Diagram). Jika anda masih bingung dengan pengertian, fungsi, simbol, dan contohnya saya akan menjelaskan diartikel ini.

Apa itu DFD ?, jika belum tahu silahkan kalian simak materi dibawah ini.

Pengertian DFD

DFD (Data Flow Diagram) adalah suatu langkah atau metode untuk membuat sebuah perancangan sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak kesebuah sistem lainnya. 

Dalam membuat Sistem Informasi ini, DFD sering dipakai. DFD dibuat oleh para analis untuk membuat sebuah sistem dengan baik. Dimana DFD ini nantinya dikasihkan kepada para programmer untuk memulai proses coding. Yang mana para programmer ini melakukan sebuah coding sesuai dengan DFD yang dibuat oleh para analis sebelumnya. 

Software yang digunakan pada pembuatan DFD (Data Flow Diagram) antara lain EasyCase, Power Designer 6 dan bisa menggunakan UML(Unified Manual Language).

Baca Juga: Pengertian Flowchart : Jenis, Simbol, dan Contohnya

Fungsi DFD

Berikut ini fungsi-fungsi dari DFD (Data Flow Diagram), antara lain:
  1. DFD (Data Flow Diagram) merupakan alat dalam pembuatan suatu model yang memungkinkan profesional sistem, dan berfungsi untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan metode fungsional yang dihubungkan antara satu sama lain menggunakan alur data, baik secara komputerisasi maupun manual.
  2. DFD ini merupakan suatu aplikasi pembuatan model yang paling banyak digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem adalah bagian yang kompleks dan lebih penting dari pada data yang dimanipulasi sebuah sistem. Dengan nama lain, DFD ialah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.
  3. DFD merupakan rancangan program yang mengarah ke alur data melalui metode penguraian yang dapat digunakan untuk menganalisa maupun rancangan sistem yang mudah diterima oleh profesional sistem ke pengguna maupun si pembuat sistem.

Simbol-Simbol DFD

Berikut ini simbol-simbol DFD (Data Flow Diagram) didalam tabel berikut.
SIMBOL
NAMA
FUNGSI

Terminator
Terminator
Kesatuan diluar sistem (external entity) yang memberikan input ke 
sistem / menerima 
output dari sistem 
berupa oraganisai, 
orang, atau sistem 
lain.
Proses
Proses
Aktivitas yang 
mengolah input 
menjadi output.

Proses

Data Flow
Aliran data pada 
sistem (antar 
proses, antara 
proses & terminator
serta antara proses 
& data store).

Data Store

Data Store
Penyimpanan data 
pada database,
biasanya berupa tabel.

Contoh Sederhana DFD

Berikut ini contoh sederhana dalam menyelesaikan sebuah kasus di DFD, sebagai berikut.

Contoh 1

Contoh Sederhana DFD

Contoh 2

Contoh Sederhana DFD

Contoh 3

Contoh Sederhana DFD


Kesimpulan

Jadi DFD (Data Flow Diagram) adalah suatu langkah atau metode untuk membuat sebuah perancangan sistem yang mana berorientasi pada alur data yang bergerak kesebuah sistem lainnya. 

DFD berfungsi untuk:
  1. Menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan metode fungsional yang dihubungkan antara satu sama lain menggunakan alur data, baik secara komputerisasi maupun manual.
  2. Alat pembuat model yang memberikan penekanan pada fungsi sistem.
  3. Menganalisa maupun rancangan sistem yang mudah diterima oleh profesional sistem ke pengguna maupun si pembuat sistem.
Itulah tadi pembahasan mengenai Pengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini. Selamat Belajar...
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Mbak Lee
    Mbak Lee 26 April, 2020 21:14

    Boleh tau, sumbernya dari mana kak? Mau saya jadikan kutipan ☺️

    • Ahmad Ansori
      Ahmad Ansori 27 April, 2020 13:56

      Untuk sumbernya dari Internet kak, saya jadikan 1.

Add Comment
comment url