-->

Apa Itu Emulator? dan Apakah Fungsinya?

Konten [Tampil]
Apa Itu Emulator? dan Apakah Fungsinya?

Apa Itu Emulator? dan Apakah Fungsinya?  - Smartphone menjadi salah satu alat wajib yang dimiliki untuk masyarakat modern. Sebuah smartphone bahkan kini telah dilengkapi dengan spek yang mirip dengan komputer seperti yang dikutip dari web BelokBelok.com.

Mulai dari RAM, memori internal yang bervariasi sesuai dengan harganya. Speknya pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Tak heran jika melalui smartphone yang sering sering ketagihan bermain game online seperti MOBA. 

Tapi khusus untuk bermain game, spek yang dimiliki juga harus mengikuti jenis aplikasi game yang dimainkan. Spesifikasi pas-pasan tentu saja tidak bisa digunakan untuk bermain game online yang berat-berat. 

Jika hp tidak kuat untuk bermain game, biasanya banyak yang memanfaatkan emulator. Alat ini adalah software yang bisa digunakan untuk simulasi perangkat smartphone pada komputer. 

Apa fungsi lengkapnya dan apa saja emulator android paling ringan yang banyak digunakan di tahun ini? Supaya tak bingung memilih kamu bisa cari tahu di sini. 


Apa Itu Emulator dan Fungsinya

Apabila dilihat dari pengertiannya emulator adalah sebuah perangkat lunak yang bisa memproyeksikan tampilan smartphone pada sebuah pc atau laptop. Dengan begitu banyak orang yang bisa menggunakan smartphone di pc maka pengalaman bermain game akan lebih nyaman. 

Jadi jika dilihat fungsi utamanya, sebuah emulator bisa digunakan agar penggunanya tidak lagi menggunakan hp untuk pengoperasiannya. Komputer atau pc juga bisa dimanfaatkan untuk mengoperasikan smartphone sesuai keinginan. 

Apakah hanya tampilannya saja yang bisa dilihat? Tentu saja tidak, jika kamu ingin menjalankan beberapa fungsi hp maka bisa juga dilakukan. Contohnya kamu ingin mengunduh aplikasi atau game, maka hal itu juga bisa dilakukan. 

Emulator sangat membantu banyak orang bukan hanya pemain game saja. Namun kapasitas emulator sendiri berbeda-beda, ada yang berat dan ringan. Kinerja emulator akan ditentukan dari jenis prosesor pc. 

Spek komputer seperti VGA dan RAM jadi penentuan utamanya. Beberapa pc yang menggunakan prosesor sekelas core i7 dengan RAM 16GB, sebagian besar sudah bisa menangani emulator apapun. 

Tapi jika spek pc yang dimiliki hanyalah core i3 dengan RAM 4GB saja maka harus lebih teliti dalam mencari emulator. Harus digunakan emulator yang ringan sehingga kinerja pc tidak menjadi terlalu berat. 


5 Emulator Android Paling Ringan Terbaik

Alasan utama mengapa harus menggunakan emulator ringan adalah karena jika kamu memiliki spek komputer yang pas-pasan. Karena salah memilih emulator akan mempengaruhi kinerjanya. 

Cara satu-satunya agar emulator yang berat bisa bekerja adalah dengan meningkatkan RAM komputer. Minimal RAM yang dimiliki adalah 4GB. Selain itu ketika menjalankan aplikasi tidak boleh berbarengan dengan program lainnya. 

Sebaiknya selalu cek bahwa tidak ada program lain yang sedang berjalan di belakang layar emulator. Supaya lebih mudah lagi, kamu harus memilih emulator android ringan sehingga kinerjanya juga lebih cepat lagi. 

Sebagai panduan berikut ini beberapa jenis emulator android ringan yang bisa kamu gunakan dengan mudah. 


1. Genymotion

Para developer aplikasi kebanyakan menggunakan emulator ini. Alasannya adalah bisa digunakan untuk menguji aplikasi android pada berbagai macam perangkat walaupun tidak menggunakan perangkat aslinya. 

Jadi seorang developer tidak perlu memiliki banyak perangkat dari berbagai versi android. Hanya dengan Genymotion ada banyak versi android yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan. 

Biasanya para developer memanfaatkannya dengan menggunakan versi premium. Walaupun berbayar, ada juga Genymotion versi gratis yang bisa digunakan hanya untuk bermain game saja. 

Kelebihan dari emulator android terbaik ini adalah performanya cepat karena lebih ringan. Ada beberapa sensor yang sangat bermanfaat bagi developer yaitu akselerometer, GPS serta baterai. 


2. Bluestacks 4

emulator android yang ringan dan paling banyak digunakan hampir di seluruh negara. Bluestacks 4 adalah versi paling baru yang telah dikembangkan oleh developer. 

Kemampuan yang paling ditonjolkan adalah multiple window yang mampu memainkan game banyak dalam satu waktu. Pembaruan lain yang dilakukan adalah soal kecepatan bahkan walaupun digunakan pada pc dengan spek rendah. 

Kompabilitasnya pada berbagai macam perangkat keras sangat menguntungkan. Pemakaian keyboard dan mouse bisa sangat lancar. Khusus untuk gaming disediakan fitur Hyper-G Graphic yang membuat pengalaman game luar biasa. 

Hanya dibutuhkan komputer dengan RAM sebesar 2GB saja dan memori 5GB emulator ini sudah bisa dijalankan. Paling sering digunakan untuk Mac dan bisa diunduh secara gratis di web resminya. 


3. Andy

Pada jajaran ketiga, sebuah emulator android ringan yang keunggulannya terdapat pada smartphone menjadi controller. Cukup menghubungkannya melalui wifi atau bluetooth maka aplikasi sudah bisa digunakan. 

Spek minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah RAM 1GB saja dengan memory 10GB. Prosesor komputer Intel atau AMD dual core processor juga sudah cukup mumpuni. 

Hanya saja emulator android paling ringan ini sempat tertangkap basah ikut dalam kasus malware bentuk crypto miner. Tapi setelah kasus selesai, pihak Andy menyatakan bahwa masalah tersebut telah selesai dan emulator ini aman untuk digunakan. 

Walaupun pernah tersangkut kasus, emulator Andy cukup banyak disukai. 


4. Droid4x

Mendengar nama Droid4x kamu mungkin sudah tidak asing lagi. Emulator klasik yang desainnya sangat sederhana dan fiturnya mudah untuk digunakan orang awam. 

Masih banyak digunakan, tapi emulator ini sudah berhenti dikembangkan dari tahun 2016. Jadi lebih baik berhati-hati ketika menggunakannya, karena siapa tahu terdapat bug yang ngikut ketika kamu mengunduhnya. 

Droid4x juga bisa digunakan untuk Mac hanya saja mencari instalannya agak sulit. Karena tampilannya klasik dan sudah tidak dikembangkan lagi, emulator ini hanya bisa digunakan untuk memainkan game sederhana saja. 

Keunggulan lainnya yang dimiliki adalah keyboard bisa digunakan sebagai controller yang memudahkan dalam bermain game. Soal spek komputer hanya dibutuhkan 1GB RAM saja untuk bisa mengoperasikannya. 


5. Game Loop

Merupakan emulator yang dikeluarkan oleh Tencent yang dulunya bernama Tencent Game Buddy. Emulator ini sangat ringan untuk pc dan memang diciptakan hanya untuk bermain game saja. 

Bagi para pemain PUBG, emulator ini menjadi yang paling favorit. Alasannya karena sudah ada dukungan dari developernya. Game seperti Mobile Legends juga asyik dimainkan menggunakan emulator ini. 

Soal spek komputer, dibutuhkan RAM yang lebih tinggi dibandingkan dengan emulator lainnya yaitu 3GB saja. Untuk prosesornya kamu bisa menggunakan AMD atau Intel. 

Dengan spek minimum saja kamu sudah bisa memainkan game smartphone dengan puas di komputer dan semoga saja artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Emulator? dan Apakah Fungsinya?"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close