Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta

Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta - Mungkin anda pernah mengupload video dengan potongan singkat musik atau video yang ternyata memilik hak cipta, jika iya berarti anda pernah kena klaim hak cipta. Dan bagaimana cara membuat video yang aman dari klaim hak cipta ?, yuk kita simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.


Pengertian Klaim

Klaim adalah menautkan video ke aset tertentu dan informasi kepemilikannya, sehingga pemilik aset dapat menetapkan kebijakan (monetisasi, lacak, cekal) pada video.

4 Cara Agar Bebas dari Klaim Hak Cipta

Adapun cara agar aman dari klaim hak cipta yang telah saya pelajari, antara lain :

1. Buat Video Original

Membuat video secara orisinil merupakan langkah jitu untuk menghindari klaim hak cipta. Bahkan pihak youtube sangat menyarankan hal tersebut untuk menghindari pihak ketiga. Cara mudah membuat video original adalah membuat konten vlog aktivitas sehari-hari dan yang lain.


2. Edit Video dengan Software

Ketika mengedit video anda bisa menggunakan aplikasi editing pc maupun android. Rekomendasi aplikasi di PC seperti Adobe Premiere, Las Vegas, dan lainnya. Dan untuk android bisa memakai Kine Master, Viva Video, dan semacamnya.

3. Gunakan Video Licence Crative Commons

Jika anda ingin mengambil cuplikan video di youtube anda bisa mencari yang berlicensi creative commons. Cara mencari video ini cukup mudah, yaitu sebegai berikut :
  • Buka youtube
  • Masukan kata kunci dalam pencarian
  • Enter (maka video yang kamu cari akan muncul)
  • Klik Filters dan pilih Creative Commons

4. Gunakan Audio Bebas Hak Cipta

Kebanyakan youtuber pasti pernah memilih audio backsound yang mengandung hak cipta. Oleh karena itu, sekarang harus berhati-hati memilih lagunya. 

Anda bisa mencari audio ini gratis dan bebas hak cipta di Audio Library Youtube  https://www.youtube.com/audiolibrary?feature=blog.

Penutup

Jadi Klaim adalah menautkan video ke aset tertentu dan informasi kepemilikannya, sehingga pemilik aset dapat menetapkan kebijakan (monetisasi, lacak, cekal) pada video.

Dan cara agar bebas klaim hak cipta yang terpenting adalah:
  • Buat Video Original
  • Edit Video dengan Software
  • Gunakan Video Licence Crative Commons
  • Gunakan Audio Bebas Hak Cipta
Demikian artikel mengenai Cara Upload Video Youtube Bebas Klaim Hak Cipta, semoga bermanfaat.

Apabila ada pembahasan yang kurang jelas, anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url