-->

Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy

Konten [Tampil]
Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy
Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy- Bagaimana cara memperbanyak penonton youtube tanpa susah payah ?. Mungkin cara riset keyword ini membantu anda sebelum membuat video youtube.

Gimana cara mencari kata kuncinya mas ?, saya belum pernah mencoba dan belum memakai toolsnya nih.

Tenang saja disini saya akan menjelaskan tutorialnya. Dijamin video yang anda buat melalui prosedur yang baik untuk meningkatkan view dan subscriber.

Cara ini sudah saya buktikan di beberapa channel pribadi saya. Anda penasaran ?, silahkan simak pembahasan diartikel ini.

Cara Menggunakan Tube Buddy untuk Riset Keyword Youtube

Bagaimana cara termudah untuk merangking sebuah keyword untuk video youtube ?, berikut penjelasannya.

1. Download Tool Tube Buddy

Benar sekali, sebelum anda riset keyword video langkah yang anda lakukan adalah menginstall aplikasi atau tool yang bernama "Tube Buddy"

Tool ini merupakan extension google chrome dan mozilla firefox. Anda bisa mencarinya di Internet, atau mengunduh : Untuk Chrome | Untuk Firefox.


2. Menginstall Tube Buddy

Setelah anda membuka step satu, silahkan anda klik "tambahkan ke chrome/firefox", kemudian silahkan ikuti step by step yang telah disediakan.

Jika sudah terinstall silahkan anda login menggunakan akun google yang terkait dengan channel youtube yang akan dioptimasi.

3. Sebelum Riset Keyword

Silahkan anda membuka www.youtube.com dan login terlebih dahulu dengan akun yang terkait tadi. Lalu pastikan anda sudah login di Tube Buddy (untuk yang belum login). 

Jika belum tahu tanda apakah tool tersebut sudah aktif anda bisa klik ikon TB diatas pojok sebelah kanan, pastikan sampai berwarna merah. 

4. Memulai Riset Keyword

Ditahap ini anda mulai mencari judul dan keyword yang tepat untuk setiap video yang anda buat. Caranya dengan menulisakan kata kunci atau judul dikolom pencarian.

Contohnya disini saya akan membuat video tentang "cara membuat website", dan masukkan kalimat tersebut dikolom pencarian.

Kemudian disamping kanan akan muncul sebuah kotak atau widget dan klik Show Keyword Score yang berisi data mulai dari Search Volume, Competition, dan Overall. 

Untuk kata kunci "cara membuat website" memiliki search volume tinggi, tetapi memiliki indikator poor (jelek) dan Overall 13/100. Dan silahkan anda mencari lagi keyword yang lain.
Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy
Untuk keterangan gambar tersebut anda bisa membaca dibawah ini.

Keterangan Tools Tube Buddy

  • Search Volume. Digunakan untuk mengetahui jumlah pencarian dalam 1 bulan. Silahkan anda cari keyword yang memiliki pencarian perbulan lebih dari 1 ribu dengan indikator minimal Good (bagus). 
  • Competition. Kompetisi disini digunakan untuk melihat kesulitan yang anda buat nanti. Dan pilih indikator minimal Good. 
  • Overall. Digunakan untuk melihat nilai dari Search Volume dan Competition maksimak sampai angka 100. Dan disini pilih minimal memiliki nilai minimal 50/100 atau Good.
Jika belum menemukan spesifikasi minimal kata kunci diatas, silahkan anda terus mencari sampai ketemu.

Kemudian saya menemukan keyword yang pas, dengan kata kunci "cara membuat situs web" dengan search volume fair tetapi pencarian perbulan 20 ribu, competition lebih dari Good, dan nilai skor Overall 52/100.
Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy
Nah kata kunci ini cocok untuk dijadikan judul video dengan kata kunci yang telah dibuat tadi. Berarti contoh judulnya seperti "cara membuat situs web hanya dalam waktu 10 menit".

Untuk penempatan keyword, bisa ditaruh didepan dan kata pemanis dibelakang. Berarti dengan rumus kata kunci + kata pemanis (untuk kata pemanisnya sebisa mungkin mengundang click bait) hal ini aman-aman aja dichannel saya.


5. Selesai Riset Kata Kunci

Jika sudah selesai riset, silahkan anda mencari sebanyak mungkin keyword-keyword yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Hal ini nanti bisa anda jadikan video-video tanpa repot riset dari awal lagi.

Video Tutorial Riset Kata Kunci Youtube

Masih belum paham mengenai penjelasan diatas?, mari kita simak riset keyword ala Den JC melalui video berikut ini.

Manfaat Riset Kata Kunci

Banyak sekali hal yang anda dapatkan setelah riset keyword, hal ini bisa anda gunakan untuk youtuber pemula yang sedang terjun didunia ini.

Manfaatnya adalah channel baru/lama yang anda akan memiliki penonton lebih banyak dari sebelumnya. 

Bayangkan jika anda membuat video durasi lebih dari 10 menit tanpa mencari kata kunci itu akan sia-sia. Mending video dengan durasi 2 menit dengan riset keyword yang tepat. Pasti akan banyak penonton video yang 2 menit tadi, jadi anda pilih yang mana ?.


Kesimpulan

Jadi bagaimana apakah anda masih bingung dengan tutorial ini?. Jika masih bingung atau kurang paham di pembahasan nomor berapa. 

Cara ini sudah saya buktikan di 4 channel youtube pribadi saya, alhamdulillah pada tanggal artikel ini diterbitkan memiliki 15, 200, 1200, dan 20K subscriber. Dengan penonton tepat sasaran menggunakan cara riset ini. 

Itulah tadi pembahasan Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy. Semoga tutorial ini bermanfaat, apabila ada pertanyaan baik kritik dan saran anda bisa berkomentar dikolom  komentar.

Selamat membaca dan mempraktekan...

2 Responses to "Cara Riset Keyword Video Youtube dengan Tube Buddy"

  1. Mau tanya bang, untuk tool ini bayar di harga berapa.
    9, 19 atau 49 dolar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu tergantung kak, semakin mahal semakin lama aktifnya.

      Delete
Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel