-->

Belajar Bisnis Saham bagi Pemula

Konten [Tampil]
Belajar Bisnis Saham bagi Pemula

Belajar Bisnis Saham bagi Pemula - Saham mulai jadi trending senter bagi generasi milenial jaman sekarang. Belajar bisnis saham bagi pemula juga tidak begitu sulit. Kuncinya adalah terus belajar secara konsisten dan berani ambil keputusan ketika sudah masuk ke dalam dunia tersebut.


4 Strategi Belajar Bisnis Saham Bagi Pemula

Jadi pemula di segala bidang memang bukan hal menyenangkan. Anda dihadapkan pada sebuah keadaan asing dan harus cepat beradaptasi. Begitu juga dengan bisnis saham, harus ada strategi agar tetap melaju, tidak berhenti di tengah jalan.


1. Mulai dengan Menabung

Sebagian pemula yang baru belajar di saham pasti lebih suka menabung terlebih dahulu daripada melakukan aktivitas lain yang belum begitu dipahaminya. Dengan begitu sudah punya sejumlah uang yang diinvestasikan untuk masa depan. Selain itu bisa juga dijadikan cadangan saat keadaan buruk.

Dari menabung saham Anda juga akan mulai belajar soal pembagian dividen, Walaupun sedikit demi sedikit namun lama-lama tentu akan jadi sumber penghasilan untuk meraup keuntungan berlimpah. Anda juga akan belajar menganalisa nilai saham suatu perusahaan, Worth it atau tidak untuk dibeli.

Baca JugaKeuntungan Memulai Bisnis di Usia Muda


2. Belajar Trading Saham

Masuk di tahun-tahun berikutnya setelah menguasai tahap menabung saham saatnya untuk ke tahap selanjutnya yakni trading saham . Anda akan berdagang dan melakukan transaksi jual beli untuk jangka pendek. Keuntungan bisa didapatkan dalam jangka waktu singkat harian, bulanan, atau menit.

Namun di tahap ini Anda harus sudah menguasai dasar ilmunya. Misalnya mengamati perkembangan kondisi pasar daripada soal fundamental dari perusahaan tersebut. Analisa adalah keahlian yang harus terus diasah dengan baik agar tidak merugi.  Jangan bosan juga untuk memantau pergerakan pasarnya.


3. Tahap Value Investing

Selanjutnya adalah mulai memperhatikan nilai atau value dari saham tersebut, Disini sudah tidak memperhitungkan jumlah lagi, namun lebih kepada kualitasnya. Ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan landasan ketika akan mencari saham dengan spek bagus dan laris manis ketika dijual.

Pertama carilah saham yang harganya lebih murah dibandingkan dengan harga semestinya di pasaran, memang membutuhkan waktu. Kemudian Anda juga harus cari saham yang bagus dalam hal track recordnya. Perusahaan startup juga patut jadi pertimbangan.


4. Income Investing

Terakhir adalah fokus mencari perusahaan saham yang selalu rajin memberikan keuntungan dividen bagi para pemegang sahamnya. Dengan cara ini Anda sudah mendapatkan pendapatan rutin seperti gaji bulanan dari saham .

Jika sudah menemukan maka bisa dikatakan Anda sudah punya passive income dari saham. Namun untuk bisa sampai di tahap itu tentu bukanlah perkara mudah. Anda harus mencari perusahaan yang benar-benar bagus dan berkualitas.

Baca JugaMerancang Bisnis Plan untuk Masa Depan


Penutup

Itulah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan ketika menjadi seorang pemula di dunia bisnis saham. Semua poin diatas tentu punya resikonya masing-masing. Untuk itu jangan langsung invest dalam jumlah banyak, usahakan berkala saja.

0 Response to "Belajar Bisnis Saham bagi Pemula"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel