Cara Membuat Layangan Naga untuk Pemula

Cara Membuat Layangan Naga untuk Pemula

Cara Membuat Layangan Naga - Musim kemarau udah datang. Hal ini adalah kala paling baik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layangan sendiri ? Sebaiknya ketahui tips membuat layangan Naga terlebih dulu.

Mencari layangan Naga sebetulnya sangatlah ringan gara-gara saat ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk dan juga motifnya dapat disesuaikan dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Naga

Berikut video langkah membuat layangan Naga versi ansoriweb.com, antara lain :



Untuk yang suka berkreasi, membuat layangan sudah pasti dapat menjadi perihal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang dibutuhkan yaitu 2 buah bambu tipis dengan ketebalan 1 centi meter. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, serta gunting.

Sebelum memulai membuat layangan Naga, ada baiknya memahami apa saja ragam berasal
dari layangan. Antara lain yaitu layangan Naga, biasa, tradisional, dan lain-lain. Bagi newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Naga dengan tips dibawah ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, sebuah satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat layangan Naga adalah bambu tipis. Bambu tipis ini paling tidak memiliki tebal 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke-2 bambu ini sebaiknya dipotong sehingga mempunyai panjang yang berbeda.

1 potong bambu nantinya dapat dipakai sebagai rangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah kembali bakal gunakan untuk rangka horizontal. Dimana rangka vertikal memerlukan ukuran 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

Baca JugaCara Membuat Layangan berbagai Jenis (LENGKAP)


2. Ikat Kedua Rangka Layangan Naga

Cara membuat layangan Naga yang berikutnya yakni mengikatkan ke-2 bilah bambu yang udah dibentuk menjadi kerangka. Letakan ke-2 rangka dengan posisi silang, lalu ikat memakai benang. Ikat ke-2 rangka dengan erat sehingga tidak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah kerangka sukses diikat dan menyatu, letakan rangka berikut diatas plastik ataupun yang lain. Namun, pastikan plastik yang dipakai tak terlalu tipis. Hal ini bertujuan supaya layangan tidak gampang sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola pada kertas kado dengan memakai spidol. Pola yang dibikin wajib mengikuti wujud kerangka layangan Naga. Untuk menjauhi kegagalan saat merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm antara kerangka bersama kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Kertas kado

Sebelum merekatkan kerangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dulu plastik ikuti pola yang udah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan agar nggak ada bagian lainnya yang terpotong.

Pada cara ini, hanya garis yang telah membentuk pola saja yang sanggup digunting. Sebab, jika bagian kertas di luar berasal dari pola turut tergunting, maka kerangka nggak akan bisa direkatkan. Oleh karena itu, menjalankan langkah ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Naga bersama Kertas kado mampu pakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan pakai lem kertas sebab tingkat kerekatannya amat rendah. Jika memanfaatkan lem kertas, kerangka akan lepas supaya layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Kuntilanak beserta Kerangkanya


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Kertas kado dan rangka amat menyatu dengan kuat, maka keduanya mestidiikat memanfaatkan benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak wajib dilubangi terlebih dahulu.

Buatlah 2 buah lubang di bagian sedang kerangka pas di daerah persilangan bambu. Lalu, membuat ulang 2 lubang dibawah daerah persilangan bambu. Setelah itu, masukan benang di setiap lubang tersebut dan ikat bersama kuat.

Seperti itulah langkah membuat layangan Naga dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebenarnya lebih menggembirakan dan caranya pun nggak. Selain itu, bahan-bahan untuk membuatnya juga gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url