Cara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah

Cara Membuat Layangan Pesawat - Musim kemarau telah tiba. Hal ini merupakan waktu terbaik untuk bermain layangan karena angin berhembus kencang di musim kemarau. Ingin mencoba membuat layang - layang sendiri ? Sebaiknya ketahui tips bikin layangan Pesawat terlebih dahulu.

Mencari layangan Pesawat sebetulnya amat enteng gara-gara waktu ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk dan juga motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Pesawat

Berikut video cara membuat layangan Pesawat versi ansoriweb.com, sebagai berikut :



Untuk yang bahagia berkreasi, membuat layangan sudah pasti dapat menjadi hal menyenangkan. Adapun, beberapa material yang dibutuhkan yakni 2 buah bambu tidak tebal dengan tebal 1 cm. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, serta gunting.

Sebelum memulai membuat layangan Pesawat, ada baiknya mengetahui apa saja ragam berasal
dari layangan. Antara lain yaitu layangan Pesawat, biasa, tradisional, dan sebagainya. Bagi newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Pesawat dengan langkah berikut ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, sebuah satu material yang diperlukan untuk membuat layangan Pesawat adalah bambu tipis. Bambu tipis ini paling tidak memiliki ketebalan 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke-2 bambu ini perlu dipotong sehingga memiliki ukuran yang berbeda.

1 bilah bambu nantinya bakal dipakai sebagai rangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang akan gunakan untuk rangka horizontal. Di mana rangka vertikal membutuhkan panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

Baca JugaCara Membuat Layangan berbagai Jenis (LENGKAP)


2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Pesawat

Cara membuat layangan Pesawat yang selanjutnya yakni mengikatkan kedua bilah bambu yang udah dibentuk menjadi kerangka. Letakan ke-2 kerangka dengan posisi menyilang, lalu ikat dengan benang. Ikat kedua rangka dengan erat sehingga tak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka berhasil diikat dan menyatu, letakan kerangka selanjutnya di atas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang dipakai tidak terlalu tipis. Hal ini mempunyai tujuan supaya layangan nggak gampang sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola pada kertas kado dengan memanfaatkan spidol. Pola yang dibikin wajib mengikuti wujud kerangka layangan Pesawat. Untuk menghindari kegagalan saat merekatkan plastik, sisakan jarak 2-3 cm pada rangka bersama kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Kertas kado

Sebelum merekatkan rangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dahulu kertas kado mengikuti pola yang telah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan agar tidak ada bagian lainnya yang terpotong.

Pada langkah ini, hanya garis yang udah membentuk pola saja yang bisa digunting. Sebab, jika anggota kertas di luar berasal dari pola ikut tergunting, maka rangka nggak dapat bisa direkatkan. Oleh sebab itu, melaksanakan cara ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Pesawat bersama dengan Plastik bisa menggunakan lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan memakai lem kertas karena tingkat kerekatannya sangat rendah. Jika menggunakan lem kertas, kerangka akan mudah lepas supaya layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Naga untuk Pemula


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk meyakinkan Kertas kado dan rangka benar-benar menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat memakai benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak perlu dilubangi terlebih dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota tengah kerangka tepat di daerah persilangan bambu. Lalu, bikin ulang 2 lubang di bawah area persilangan bambu. Setelah itu, masukan benang di setiap lubang selanjutnya dan kuncir bersama dengan kuat.

Seperti itulah panduan membuat layangan Pesawat dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebetulnya lebih mengasyikkan dan caranya pun ngga. Selain itu, material untuk membuatnya termasuk mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url