Cara Membuat Layangan Kupu Kupu dari Bambu

Cara Membuat Layangan Kupu Kupu dari Bambu

Cara Membuat Layangan Kupu Kupu dari Bambu - Musim kemarau telah datang. Ini merupakan kala paling baik untuk bermain layangan sebab angin berhembus kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layangan DIY ? Alangkah baiknya ketahui panduan bikin layangan Kupu Kupu terlebih dulu.

Mencari layangan Kupu Kupu sebetulnya amat enteng sebab waktu ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk coba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, wujud serta motifnya bisa sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Layangan Kupu Kupu

Berikut video tips membuat layang - layang Kupu Kupu versi ansoriweb.com, sebagai berikut :

Bagi yang senang berkreasi, membuat layangan sudah pasti akan menjadi perihal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang diperlukan yakni 2 buah bambu tidak tebal dengan ketebalan 1 cm. Kemudian, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Sebelum memulai membuat layangan Kupu Kupu, alangkah baiknya tahu apa saja ragam dari layangan. Antara lain yakni layangan Kupu Kupu, biasa, tradisional, dll. Untuk newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Kupu Kupu dengan cara dibawah ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebuah satu bahan yang diperlukan untuk membuat layangan Kupu Kupu adalah bambu tipis. Bambu tipis ini paling nggak mempunyai tebal 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke-2 bambu tersebut sebaiknya dipotong sehingga memiliki ukuran yang berbeda.

1 potong bambu nantinya akan dipakai sebagai kerangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang bakal pakai untuk rangka horizontal. Di mana rangka vertikal memerlukan ukuran 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

Baca JugaCara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah


2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Kupu Kupu

Cara membuat layangan Kupu Kupu yang selanjutnya adalah mengikatkan kedua bilah bambu yang telah dibentuk jadi kerangka. Taruh ke-2 kerangka dengan posisi menyilang, selanjutnya ikat dengan benang. Ikat ke-2 kerangka dengan erat supaya tidak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka berhasil diikat dan menyatu, taruh rangka selanjutnya diatas plastik ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang digunakan tidak terlalu tipis. Perihal ini memiliki tujuan agar layangan tak mudah sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola pada plastik dengan menggunakan spidol. Pola yang dibuat mesti mengikuti wujud kerangka layangan Kupu Kupu. Untuk menjauhi kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm antara rangka bersama kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Plastik

Sebelum merekatkan rangka dengan Plastik, gunting terlebih dulu kertas kado ikuti pola yang udah digambar. Gunting dengan hati-hati dan perlahan supaya tidak ada anggota lainnya yang terpotong.

Pada panduan ini, hanya garis yang telah membentuk pola saja yang sanggup digunting. Sebab, kalau anggota kertas di luar dari pola turut tergunting, maka kerangka tidak dapat bisa direkatkan. Oleh sebab itu, melakukan cara ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Kupu Kupu bersama dengan Kertas kado mampu menggunakan lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan memakai lem kertas dikarenakan tingkat kerekatannya sangat rendah. Jika memanfaatkan lem kertas, kerangka akan terlepas agar layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Naga untuk Pemula


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Kertas kado dan rangka benar-benar menyatu dengan kuat, maka keduanya harusdiikat memakai benang. Namun, sebelum diikat kertas minyak mesti dilubangi lebih-lebih dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota sedang kerangka pas di area persilangan bambu. Lalu, bikin lagi 2 lubang dibawah tempat persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di tiap-tiap lubang berikut dan ikat bersama dengan kuat.

Seperti itulah panduan membuat layangan Kupu Kupu dengan mudah. Membuat layangan sendiri memang lebih menggembirakan dan caranya pun ngga. Selain itu, material untuk membuatnya juga gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url