Cara Membuat Layangan Capung dari Bambu

Cara Membuat Layangan Capung dari Bambu

Cara Membuat Layangan Capung dari Bambu - Musim kemarau sudah datang. Ini adalah kala terbaik untuk bermain layangan sebab angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin mencoba membuat layangan DIY ? Sebaiknya ketahui tips membuat layangan Capung terlebih dulu.

Mencari layangan Capung sebenarnya amat enteng karena waktu ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, wujud dan juga motifnya bisa disesuaikan dengan keinginan.

Cara Membuat Layangan Capung

Berikut video langkah membuat layangan Capung versi ansoriweb.com, sebagai berikut :

Untuk yang senang berkreasi, membuat layangan tentunya dapat jadi perihal menyenangkan. Adapun, beberapa material yang dibutuhkan ialah 2 buah bambu tipis dengan tebal 1 cm. Kemudian, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Sebelum memulai membuat layangan Capung, ada baiknya memahami apa saja ragam berasal
dari layangan. Antara lain yakni layangan Capung, biasa, tradisional, dll. Untuk newbie sebaiknya coba membuat layangan Capung dengan cara berikut ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat layangan Capung adalah bambu tipis. Bambu tidak tebal ini paling tidak memiliki ketebalan 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke dua bambu ini sebaiknya dipotong supaya memiliki panjang yang berbeda.

1 bilah bambu nantinya dapat digunakan sebagai kerangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang dapat gunakan untuk rangka horizontal. Dimana kerangka vertikal butuh panjang 50-70 cm dan rangka horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Capung

Cara membuat layangan Capung yang selanjutnya yakni mengikatkan kedua bilah bambu yang telah dibentuk jadi rangka. Taruh ke-2 rangka dengan posisi menyilang, selanjutnya ikat memakai benang. Ikat ke-2 rangka dengan erat supaya tidak gampang lepas.

Baca JugaCara Membuat Layangan Pesawat dengan Mudah


3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka berhasil diikat dan menyatu, taruh rangka tersebut di atas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan plastik yang digunakan nggak terlalu tipis. Perihal ini bertujuan supaya layangan nggak gampang sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola terhadap plastik dengan memanfaatkan spidol. Pola yang dibikin wajib mengikuti wujud kerangka layangan Capung. Untuk menghindari kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm pada rangka bersama dengan plastik.

4. Rekatkan Kerangka dengan Kertas kado

Sebelum merekatkan rangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dahulu plastik ikuti pola yang sudah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan agar tak tersedia anggota lainnya yang terpotong.

Pada panduan ini, cuma garis yang telah membentuk pola saja yang bisa digunting. Sebab, kecuali anggota kertas di luar berasal dari pola ikut tergunting, maka rangka nggak dapat bisa direkatkan. Oleh sebab itu, melaksanakan panduan ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Capung bersama dengan Kertas kado bisa memakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan menggunakan lem kertas karena tingkat kerekatannya amat rendah. Jika memanfaatkan lem kertas, kerangka akan lepas sehingga layangan jadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Kupu Kupu dari Bambu


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Kertas kado dan rangka sangat menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat memanfaatkan benang. Namun, sebelum diikat kertas minyak mesti dilubangi terlebih dahulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota sedang kerangka tepat di tempat persilangan bambu. Lalu, bikin lagi 2 lubang di bawah tempat persilangan bambu. Setelah itu, masukan benang di setiap lubang selanjutnya dan ikat bersama kuat.

Sekian tips membuat layangan Capung dengan mudah. Membuat layangan sendiri memang lebih menggembirakan dan caranya pun ngga. Selain itu, material untuk membuatnya juga mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url