Cara Membuat Layangan Sepeda Terbang

Cara Membuat Layangan Sepeda Terbang

Cara Membuat Layangan Sepeda Terbang - Musim kemarau sudah tiba. Ini adalah waktu terbaik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layangan DIY ? Sebaiknya ketahui langkah membuat layangan Sepeda Terbang terlebih dahulu.

Mencari layangan Sepeda Terbang sebetulnya amat enteng karena saat ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, wujud serta motifnya mampu sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Sepeda Terbang

Berikut video cara membuat layang - layang Sepeda Terbang versi ansoriweb.com, antara lain :

Bagi yang bahagia berkreasi, membuat layang - layang tentunya dapat menjadi perihal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang diperlukan ialah 2 buah bambu tipis dengan ketebalan 1 cm. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Baca JugaCara Membuat Layangan Kupu Kupu dari Bambu

Sebelum mulai membuat layangan Sepeda Terbang, ada baiknya mengerti apa saja ragam dari layangan. Antara lain yaitu layangan Sepeda Terbang, biasa, tradisional, dll. Bagi pemula sebaiknya coba membuat layangan Sepeda Terbang dengan panduan dikonten ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebuah satu material yang dibutuhkan untuk membuat layangan Sepeda Terbang adalah bambu tipis. Bambu tidak tebal ini paling nggak memiliki ketebalan 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke-2 bambu tersebut sebaiknya dipotong agar memiliki ukuran yang berbeda.

1 potong bambu nantinya akan dipakai sebagai kerangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah kembali dapat pakai untuk kerangka horizontal. Yang mana kerangka vertikal membutuhkan panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Sepeda Terbang

Cara membuat layangan Sepeda Terbang yang berikutnya yaitu mengikatkan ke-2 bilah bambu yang sudah dibentuk jadi kerangka. Letakan ke-2 kerangka dengan posisi menyilang, selanjutnya ikat
menggunakan benang. Ikat ke-2 kerangka dengan erat agar nggak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka berhasil diikat dan menyatu, taruh kerangka selanjutnya diatas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang digunakan tak terlalu tipis. Perihal ini bertujuan supaya layangan tak gampang sobek dikala ditempa angin kencang.

Buat pola terhadap kertas kado dengan menggunakan spidol. Pola yang dibikin mesti ikuti wujud kerangka layangan Sepeda Terbang. Untuk menghindari kegagalan saat merekatkan plastik, sisakan jarak 2-3 cm pada kerangka bersama dengan kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Kertas kado

Sebelum merekatkan rangka dengan Plastik, gunting terlebih dahulu plastik ikuti pola yang telah digambar. Gunting dengan hati-hati dan perlahan agar nggak tersedia bagian lainnya yang terpotong.

Pada cara ini, cuma garis yang telah membentuk pola saja yang mampu digunting. Sebab, kalau bagian kertas di luar dari pola ikut tergunting, maka kerangka tidak dapat bisa direkatkan. Oleh karena itu, melaksanakan cara ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Sepeda Terbang bersama dengan Plastik bisa pakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan memakai lem kertas sebab tingkat kerekatannya sangat rendah. Jika menggunakan lem kertas, kerangka bakal mudah terlepas agar layangan jadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Capung dari Bambu


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Plastik dan rangka sangat menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat menggunakan benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak kudu dilubangi terlebih dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota sedang kerangka pas di daerah persilangan bambu. Lalu, buat kembali 2 lubang di bawah daerah persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di setiap lubang berikut dan ikat bersama kuat.

Demikian cara membuat layangan Sepeda Terbang dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebenarnya lebih mengasyikkan dan caranya pun nggak. Selain itu, bahan-bahan untuk membuatnya juga gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url