Cara Membuat Layangan Panda untuk Pemula

Cara Membuat Layangan Panda untuk Pemula

Cara Membuat Layangan Panda untuk Pemula - Musim kemarau telah tiba. Ini adalah kala paling baik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin mencoba membuat layangan sendiri ? Alangkah baiknya ketahui langkah membuat layangan Panda terlebih dahulu.

Mencari layangan Panda sebetulnya sangat ringan karena waktu ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, wujud serta motifnya mampu disesuaikan dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Panda

Berikut video langkah membuat layang - layang Panda versi ansoriweb.com, sebagai berikut :

Untuk yang senang berkreasi, membuat layang - layang pastinya akan menjadi hal menyenangkan. Adapun, beberapa material yang diperlukan yaitu 2 buah bambu tidak tebal dengan tebal 1 centi meter. Kemudian, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, serta gunting.

Baca JugaCara Membuat Layangan Capung dari Bambu

Sebelum mulai membuat layangan Panda, ada baiknya mengerti apa saja macam berasal
dari layangan. Antara lain yaitu layangan Panda, biasa, tradisional, dan lain-lain. Bagi newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Panda dengan panduan berikut ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu material yang dibutuhkan untuk membuat layangan Panda ialah bambu tipis. Bambu tidak tebal ini paling nggak memiliki tebal 1 cm minimal 2 buah. Nah, ke dua bambu tersebut perlu dipotong sehingga mempunyai panjang yang berbeda.

1 bilah bambu nantinya dapat digunakan sebagai kerangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang bakal pakai untuk kerangka horizontal. Yang mana rangka vertikal memerlukan panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Rangka Layangan Panda

Cara membuat layangan Panda yang selanjutnya yakni mengikatkan kedua bilah bambu yang udah dibentuk menjadi rangka. Letakan kedua kerangka dengan posisi silang, selanjutnya ikat
menggunakan benang. Ikat kedua rangka dengan erat supaya nggak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah kerangka berhasil diikat dan menyatu, taruh rangka selanjutnya diatas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang dipakai tak terlalu tipis. Hal ini memiliki tujuan agar layangan tak mudah sobek dikala ditempa angin kencang.

Buat pola pada kertas kado dengan memanfaatkan spidol. Pola yang dibuat mesti mengikuti bentuk kerangka layangan Panda. Untuk menghindari kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm antara kerangka bersama dengan kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Kertas kado

Sebelum merekatkan rangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dahulu plastik ikuti pola yang udah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan supaya nggak ada bagian lainnya yang terpotong.

Pada langkah ini, cuma garis yang telah membentuk pola saja yang dapat digunting. Sebab, kecuali anggota kertas di luar dari pola turut tergunting, maka rangka tidak bakal bisa direkatkan. Oleh sebab itu, melaksanakan panduan ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan rangka Panda bersama dengan Kertas kado bisa pakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan memakai lem kertas karena tingkat kerekatannya amat rendah. Jika memanfaatkan lem kertas, kerangka dapat gampang lepas supaya layangan menjadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Sepeda Terbang


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk meyakinkan Plastik dan kerangka amat menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat memakai benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak mesti dilubangi khususnya dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota tengah kerangka pas di tempat persilangan bambu. Lalu, buat kembali 2 lubang di bawah area persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di setiap lubang berikut dan kuncir bersama dengan kuat.

Sepreti itulah langkah membuat layangan Panda dengan mudah. Membuat layangan sendiri memang lebih menyenangkan dan caranya pun nggak. Selain itu, material untuk membuatnya termasuk gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url