Cara Membuat Layangan dari Kertas Tanpa Bambu

Cara Membuat Layangan dari Kertas Tanpa Bambu

Cara Membuat Layangan dari Kertas Tanpa Bambu - Musim kemarau sudah datang. Hal ini adalah saat paling baik untuk bermain layangan dikarenakan angin berhembus kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layang - layang sendiri ? Sebaiknya ketahui tips bikin layangan Kertas terlebih dulu.

Mencari layangan Kertas sebetulnya sangatlah enteng dikarenakan saat ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk coba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk serta motifnya bisa sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Kertas

Berikut video tips membuat layang - layang Kertas versi ansoriweb.com, antara lain :

Bagi yang suka berkreasi, membuat layang - layang tentu saja bakal menjadi hal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang dibutuhkan adalah 2 buah bambu tipis dengan ketebalan 1 centi meter. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, dan gunting.

Baca JugaCara Membuat Layangan Sepeda Terbang

Sebelum memulai membuat layangan Kertas, ada baiknya paham apa saja jenis-jenis berasal
dari layangan. Antara lain yaitu layangan Kertas, biasa, tradisional, dan lain-lain. Bagi newbie sebaiknya coba membuat layangan Kertas dengan cara dibawah ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu bahan yang dibutuhkan untuk membuat layangan Kertas adalah bambu tipis. Bambu tipis ini paling tidak mempunyai tebal 1 cm sebanyak 2 buah. Nah, ke dua bambu tersebut perlu dipotong sehingga memiliki panjang yang berbeda.

1 potong bambu nantinya akan digunakan sebagai rangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang bakal pakai untuk kerangka horizontal. Di mana rangka vertikal perlu panjang 50-70 cm dan kerangka horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Kertas

Cara membuat layangan Kertas yang berikutnya yaitu mengikatkan ke dua bilah bambu yang sudah dibentuk jadi kerangka. Taruh ke dua kerangka dengan posisi menyilang, selanjutnya ikat dengan benang. Ikat kedua rangka dengan erat agar tak gampang lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah kerangka berhasil diikat dan menyatu, taruh rangka berikut di atas kertas kado ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang digunakan tidak terlalu tipis. Hal ini punya tujuan agar layangan tak mudah sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola pada kertas kado dengan menggunakan spidol. Pola yang dibuat perlu ikuti wujud kerangka layangan Kertas. Untuk menghindari kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm antara rangka dengan kertas kado.

4. Rekatkan Kerangka dengan Plastik

Sebelum merekatkan rangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dulu plastik ikuti pola yang sudah digambar. Gunting dengan hati-hati dan perlahan supaya nggak tersedia anggota lainnya yang terpotong.

Pada panduan ini, hanya garis yang telah membentuk pola saja yang mampu digunting. Sebab, kalau bagian kertas di luar dari pola ikut tergunting, maka kerangka tidak akan bisa direkatkan. Oleh karena itu, melakukan langkah ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan rangka Kertas bersama dengan Plastik mampu memakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan memakai lem kertas karena tingkat kerekatannya sangat rendah. Jika memanfaatkan lem kertas, kerangka akan gampang lepas agar layangan jadi cepat rusak.

Baca JugaCara Membuat Layangan Panda untuk Pemula


5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Plastik dan kerangka benar-benar menyatu dengan kuat, maka keduanya wajibdiikat memanfaatkan benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak kudu dilubangi terutama dulu.

Buatlah 2 buah lubang di anggota tengah kerangka tepat di daerah persilangan bambu. Lalu, membuat lagi 2 lubang dibawah daerah persilangan bambu. Setelah itu, masukan benang di tiap-tiap lubang berikut dan ikat bersama dengan kuat.

Demikian panduan membuat layangan Kertas dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebenarnya lebih mengasyikkan dan caranya pun ngga. Selain itu, material untuk membuatnya juga mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url