Cara Membuat Layangan Janggan Mini

Cara Membuat Layangan Janggan Mini

Cara Membuat Layangan Janggan Mini - Musim kemarau udah datang. Ini merupakan cuaca paling baik untuk bermain layangan karena angin berhembus lebih kencang di musim kemarau. Ingin coba membuat layang - layang sendiri ? Alangkah baiknya ketahui panduan bikin layangan Janggan Mini terlebih dahulu.

Mencari layangan Janggan Mini sebenarnya amat mudah dikarenakan saat ini banyak yang menjualnya. Meskipun demikian, nggak ada salahnya untuk coba membuat sendiri. Dengan membuat layangan sendiri, bentuk serta motifnya bisa sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Layang - Layang Janggan Mini

Berikut video cara membuat layang - layang Janggan Mini versi ansoriweb.com, antara lain :

Bagi yang suka berkreasi, membuat layang - layang pastinya dapat menjadi hal menyenangkan. Adapun, sebagian material yang diperlukan yakni 2 buah bambu tidak tebal dengan ketebalan 1 cm. Lalu, kertas minyak, spidol, meteran, lem, benang, serta gunting.

Baca JugaCara Membuat Layangan Panda untuk Pemula

Sebelum mulai membuat layangan Janggan Mini, alangkah baiknya paham apa saja macam dari layangan. Antara lain yaitu layangan Janggan Mini, biasa, tradisional, dll. Bagi newbie sebaiknya mencoba membuat layangan Janggan Mini dengan langkah berikut ini:

1. Siapkan 2 Bambu Tipis dengan Ukuran Berbeda

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, salah satu material yang dibutuhkan untuk membuat layangan Janggan Mini yakni bambu tipis. Bambu tipis ini paling tidak memiliki ketebalan 1 cm minimal 2 buah. Nah, ke dua bambu tersebut sebaiknya dipotong supaya memiliki panjang yang berbeda.

1 bilah bambu nantinya akan dipakai sebagai kerangka vertikal. Sementara itu, 1 bilah ulang akan gunakan untuk rangka horizontal. Di mana kerangka vertikal membutuhkan ukuran 50-70 cm dan rangka horizontal 30-50 cm.

2. Ikat Kedua Kerangka Layangan Janggan Mini

Cara membuat layangan Janggan Mini yang berikutnya ialah mengikatkan ke-2 bilah bambu yang sudah dibentuk jadi kerangka. Taruh ke-2 kerangka dengan posisi silang, lalu ikat memakai benang. Ikat ke-2 rangka dengan erat agar tidak mudah lepas.

3. Letakan Kerangka di Atas Kertas Minyak

Setelah rangka sukses diikat dan menyatu, letakan rangka tersebut diatas plastik ataupun yang lain. Namun, pastikan kertas kado yang digunakan nggak terlalu tipis. Perihal ini bertujuan agar layangan nggak mudah sobek ketika ditempa angin kencang.

Buat pola terhadap plastik dengan menggunakan spidol. Pola yang dibuat kudu mengikuti wujud kerangka layangan Janggan Mini. Untuk menghindari kegagalan pas merekatkan kertas kado, sisakan jarak 2-3 cm pada rangka bersama kertas kado.

Baca JugaCara Membuat Layangan dari Kertas Tanpa Bambu


4. Rekatkan Kerangka dengan Plastik

Sebelum merekatkan kerangka bersama dengan Kertas kado, gunting terlebih dahulu kertas kado mengikuti pola yang sudah digambar. Gunting dengan hati-hati serta perlahan supaya tak ada bagian lainnya yang terpotong.

Pada panduan ini, cuma garis yang sudah membentuk pola saja yang dapat digunting. Sebab, jika bagian kertas di luar dari pola ikut tergunting, maka rangka tak akan bisa direkatkan. Oleh karena itu, melaksanakan panduan ini dengan baik.

Adapun, untuk merekatkan kerangka Janggan Mini bersama Plastik mampu memakai lem kayu dan lem aibon. Sebaiknya jangan pakai lem kertas karena tingkat kerekatannya amat rendah. Jika memakai lem kertas, kerangka dapat terlepas agar layangan menjadi cepat rusak.

5. Buat Lubang di Bagian Tengah Kerangka

Untuk memastikan Kertas kado dan rangka sangat menyatu dengan kuat, maka keduanya kududiikat memanfaatkan benang. Namun, sebelum saat diikat kertas minyak wajib dilubangi lebih-lebih dahulu.

Buatlah 2 buah lubang di bagian sedang kerangka tepat di daerah persilangan bambu. Lalu, membuat kembali 2 lubang di bawah tempat persilangan bambu. Setelah itu, tambahkan benang di tiap-tiap lubang selanjutnya dan ikat bersama dengan kuat.

Sepreti itulah panduan membuat layangan Janggan Mini dengan mudah. Membuat layangan sendiri sebenarnya lebih menyenangkan dan caranya pun tidak sulit. Selain itu, material untuk membuatnya juga gampang ditemukan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url