Pentingnya Web Hosting untuk Perusahaan dan Bisnis

Pentingnya Web Hosting untuk Perusahaan dan Bisnis

Pentingnya Web Hosting untuk Perusahaan dan Bisnis - Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah web hosting atau website hosting, khususnya bagi Anda yang bekerja di dunia online. Hosting menjadi bagian penting dalam website agar bisa diakses oleh pengguna internet.

Sekarang ini, hosting menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan atau Anda yang memiliki bisnis online. Keberadaan hosting dapat berpengaruh pada kredibilitas perusahaan dan bisnis jadi pastikan Anda mengenal pentingnya hosting. 


Alasan Mengapa Perusahaan Butuh Web Hosting?

Semakin hari semakin banyak perusahaan yang melebarkan bisnisnya secara online agar jangkauan bisnis lebih luas. Dalam upaya inilah, perusahaan membutuhkan hosting terbaik untuk website atau toko online yang baik pula.

Alasan lain mengapa perusahaan atau bisnis online membutuhkan layanan hosting akan dijelaskan di bawah ini.


1. Performa Website Lebih Optimal

Alasan pertama mengapa perusahaan membutuhkan web hosting karena performa website akan lebih optimal. Agar website berjalan dengan optimal, Anda membutuhkan spesifikasi mumpuni, misalnya bandwidth, disk space dan lainnya.

Semua resource yang dibutuhkan website akan disediakan oleh layanan hosting yang baik. Dengan hosting murah, website bisnis dapat bekerja maksimal, mulai dari waktu akses yang cepat, fitur keren, hingga menampung ribuan visitor setiap bulannya.

Berbeda jika Anda menggunakan platform gratis, maka fitur kecepatan standar dan resource juga sangat terbatas.


2. Kredibilitas Bisnis Online Meningkat

Alasan berikutnya mengapa pebisnis online atau perusahaan harus menggunakan hosting murah karena dapat meningkatkan kredibilitas. Kredibilitas adalah hal penting dalam dunia bisnis agar Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari customer.

Perusahaan yang menggunakan website gratis pasti akan menurunkan kredibilitasnya di hadapan customer. Berbeda jika website memiliki nama domain yang unik dan berbayar, maka dapat menambah kredibilitas bisnis di mata customer.

Bukan hanya itu saja, custom domain berbayar juga memberikan manfaat jangka panjang dalam membangun branding perusahaan atau bisnis.


3. Sistem Keamanan Lebih Terjamin

Sistem keamanan web hosting sangatlah penting sebagai tempat menyimpan seluruh data website. Bukan hanya lokasi penyimpanan fisik server ketat yang memengaruhi keamanan hosting, tapi juga kualitas data center dan sistem perlindungan.

Keberadaan hosting mampu mencegah terjadinya cyber crime atau kejahatan internet, seperti virus, malware dan lainnya. Apalagi tingkat kejahatan internet terus mengalami kenaikan dengan semakin canggihnya teknologi sekarang.

Beberapa tindakan kriminal yang bisa terjadi antara lain penipuan online, peretasan akun, penyalahgunaan data dan lainnya. Oleh karena itu, perusahaan harus menggunakan hosting murah agar semua data lebih aman. 


4. Lebih Profesional dengan Email Domain

Pentingnya hosting untuk perusahaan atau bisnis online adalah menambah profesionalitas melalui email domain. Email merupakan alat komunikasi yang profesional dan formal di dunia bisnis online, misalnya Gmail.

Tidak salah memang ketika Anda menggunakan akun Gmail, tapi nama domain cenderung mirip dengan pengguna lainnya. Itulah mengapa Anda membutuhkan web hosting untuk memiliki nama email domain yang berbeda dan sesuai nama brand.

Dengan begitu, email tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi profesional tapi juga sebagai branding jangka panjang.


5. Membangun Website dengan Kendali Penuh

Kebutuhan tiap website bisnis tentu berbeda-beda jadi Anda membutuhkan akses kustomisasi yang luas. Penggunaan marketplace tidak menyediakan fitur kustomisasi jadi Anda hanya bisa menggunakan berdasarkan fitur yang tersedia.

Belum lagi, website sering mengalami down apabila akses dalam satu waktu terlalu banyak. Itulah mengapa perusahaan atau bisnis online membutuhkan web hosting untuk mengendalikan penuh website sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja, menambahkan fitur live chat, sistem checkout, katalog produk dan fitur lain yang tidak bisa Anda temukan di website gratis.


Tips Memilih Web Hosting Terpercaya

Tidak mudah memang memilih layanan hosting terpercaya sekaligus memberikan harga terbaik. Oleh karena itu, Anda harus menyimak tips memilih hosting dari artikel ini. 


1. Pilihan Domain Bervariasi

Tips pertama untuk mendapatkan penyedia hosting terpercaya adalah pilihan domain bervariasi. Penggunaan web hosting sendiri menawarkan beragam pilihan domain dan ekstensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan domain sendiri yang unik, antara lain sarana branding bisnis, lebih mudah ditemukan di search enginer, menunjukkan spesialisasi bisnis, lebih mudah diingat dan penggunaan nama fleksibel.


2. User Friendly

Penyedia hosting terbaik tentu akan memberikan kemudahan bagi penggunanya karena tidak semua orang punya kemampuan teknis. Kemudahan yang diperlukan adalah instalasi website, pengelolaan hosting, pengaturan domain dan lainnya. 

Exabytes Indonesia menjadi salah satu penyedia layanan web hosting terpercaya yang memberikan beragam kemudahan bagi penggunanya. Fitur lengkap akan disediakan untuk mempermudah Anda dalam mengelola website. 


3. Keamanan Terjamin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem keamanan website perusahaan sangat penting karena mengandung berbagai data penting. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan sistem keamanan dari hosting yang Anda pilih. 

Sebenarnya, layanan web hosting sudah memiliki sistem keamanan standar, misalnya pemasangan plugin keamanan hingga two factor authentication. Sayangnya, sistem keamanan standar belum cukup untuk melindungi website dari serangan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih penyedia layanan hosting yang menawarkan perlindungan berlapis agar website memiliki sistem keamanan yang kuat. 


4. Email Domain

Pentingnya email bisnis dengan domain membuat kita harus menggunakan web hosting karena hosting gratis tidak menyediakan fasilitas tersebut. Berbeda dengan hosting sendiri yang menyediakan layanan email menggunakan domain sendiri.

Jika Anda masih bingung memilih penyedia hosting, maka pertimbangkan kemudahan yang diberikan email domain. Misalnya, kapasitas penyimpanan email lebih besar, mencegah email spam berbahaya, membuat akun email tak terbatas dan lainnya.

Semua keuntungan ini bisa dinikmati jika Anda bisa memilih penyedia hosting dengan tepat. Salah satu penyedia hosting terbaik yang bisa dijadikan pilihan adalah Exabytes Indonesia.


5. Kecepatan Optimal

Kecepatan hosting juga menjadi bagian yang harus dipertimbangkan ketika Anda memilih penyedia hosting. Semakin baik kecepatan web hosting maka semakin lancar pula akses website, meskipun penggunanya dalam jumlah yang banyak. 

Pastikan penyedia hosting yang Anda pilih memberikan jaminan kecepatan optimal yang didukung dengan berbagai teknologi canggih, seperti LiteSpeed Enterprise.

Kecepatan akses website yang lambat memungkinkan website kehilangan kunjungan karena 40% pengunjung akan meninggalkan website jika loading lebih dari 3 detik. 


6. Performa Tinggi

Salah satu hal yang memengaruhi performa website adalah performa dari server hosting yang digunakan. Uptime server menjadi kunci agar website dapat diakses selama 24 jam nonstop dan itu membutuhkan web hosting yang berkualitas. 

Website dengan performa kurang maka bisa terjadi server down kapan saja dan hal ini bisa menyebabkan konsumen membatalkan transaksi. Oleh karena itu, pastikan penyedia hosting menawarkan performa yang tinggi. 

Misalnya data center berkualitas, teknologi server yang canggih, harddisk berkualitas dan lain sebagainya. 


7. Customer Service Standby

Tips selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memastikan customer service selalu standby. Layanan ini sangat penting untuk membantu Anda jika mengalami kendala kapan pun dan dimana pun. 

Customer service web hosting gratisan biasanya hanya tersedia dalam bentuk forum atau dalam bahasa Inggris sehingga menyulitkan pengunjung website. Itulah mengapa Anda butuh hosting sendiri untuk memberikan support customer service 24 jam.

Dengan adanya layanan ini, maka berbagai kendala teknis bisa dibantu, seperti DNS, nameserver, error dan masalah lainnya. Exabytes Indonesia menjadi pilihan yang tepat karena memberikan support customer service yang selalu siap sedia. 


8. Harga Bersahabat

Selain ketujuh tips di atas, jangan lupa untuk memperhatikan harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting. Harga web hosting yang mahal sebenarnya tidak menjamin apakah hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. 

Itulah mengapa pentingnya mencari informasi terkait harga pasaran dari layanan hosting beserta fasilitas yang diberikan. Semakin lengkap fasilitas dan fitur yang diberikan, maka harga yang ditawarkan juga lebih mahal. 

Meski begitu, Anda masih bisa mendapatkan hosting murah terbaik dan sesuai kebutuhan dengan harga yang kompetitif. Keuntungan ini hanya akan Anda dapatkan dengan memilih layanan hosting dari Exabytes Indonesia. 

Bagi Anda yang membutuhkan layanan web hosting untuk perusahaan atau bisnis online, maka jangan ragu untuk memilih Exabytes Indonesia. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dan harga yang ditawarkan sangatlah bersahabat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url