-->

Mau Investasi Obligasi? Yuk Cari Tahu Dulu 5 Fakta Menarik dan Kelebihanya yang Harus Kamu Ketahui!

Konten [Tampil]
Mau Investasi Obligasi? Yuk Cari Tahu Dulu 5 Fakta Menarik dan Kelebihanya yang Harus Kamu Ketahui!

Mau Investasi Obligasi? Yuk Cari Tahu Dulu 5 Fakta Menarik dan Kelebihanya yang Harus Kamu Ketahui! - Investasi obligasi merupakan salah satu jenis investasi yang semakin banyak digeluti oleh investor untuk menginvestasikan pendapatannya baik untuk jangka atau jangka panjang. 

Menurut pengertiannya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi merupakan surat utang jangka menengah atau panjang yang dapat diperjual belikan dengan berpendapatan tetap. Sederhananya, seorang investor yang berinvestasi pada obligasi berarti meminjamkan uangnya kepada penerbit obligasi yang kemudian akan dibayarkan kembali sebesar harga pokok utang besar nya bunga atau sering dikenal dengan istilah kupon. 

Obligasi ini dapat diterbitkan oleh suatu perusahaan maupun pemerintah. Jika obligasi diterbitkan oleh suatu perusahaan, maka dana tersebut akan  digunakan untuk pengembangan usaha, seperti modal kerja, bayar utang, ekspansi, dan lainnya. Berikut adalah beberapa fakta menarik serta kelebihan dari investasi obligasi yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di instrumen ini.


5 Fakta Menarik dan Kelebihan Investasi Obligasi, Apa Saja? 

Ada beberapa fakta dan kelebihan dari investasi jenis obligasi yang perlu Anda kenali diantaranya; 


1. Kategori Investasi yang Lebih Aman 

Kelebihan pertama adalah investasi jenis obligasi ini tidak bisa dipungkiri merupakan jenis investasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Hal ini dikarenakan transaksi pembayaran investasi ini telah diatur dalam peraturan perundang-undangan UU No. 24 Tahun 2002. Selain lebih aman, investasi obligasi juga memiliki resiko lebih rendah jika dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham yang memiliki pergerakan sangat fluaktif. 


2. Menerima keuntungan berupa bunga atau kupon 

Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang berupa kupon yang mana nilai kupon ini jauh lebih tinggi daripada bunga deposito. Semakin panjang jangka waktu investasi Anda tentu nilai kupon yang Anda dapatkan jauh lebih tinggi. Sehingga pendapatan Anda juga ikut tinggi. 


3. Pendapatan yang Terjamin 

Bagi Anda yang membutuhkan dana pensiunan maka investasi obligasi ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, pendapatan dari investasi obligasi dapat diprediksi setiap tahunnya. Sehingga investasi obligasi sangat cocok untuk Anda yang sedang mengumpulkan dana pensiun. 


Ingin Investasi Surat Berharga Negara seperti Obligasi dengan mudah? Ayo Cek https://sbn.most.co.id/Portal/Prime


4. Bunga Lebih Tinggi 

Kelebihan lainnya adalah bunga obligasi lebih besar dari deposito. Secara langsung jika bunga lebih besar maka pendapatan yang Anda dapat juga besar. Sangat menguntungkan bukan?


5. Mendapatkan Keuntungan dari Selisih Harga Obligasi 

Dalam dunia investasi tentu tidak bisa lepas dari proses jual beli termasuk obligasi. Saat berinvestasi obligasi, tidak hanya mendapatkan keuntungan dari kupon saja, namun Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. 


Dari penjelasan di atas tentu Anda sudah mengenali dan memahami kelebihan dari investasi obligasi. Hal ini bisa menjadikan alat untuk pertimbangan Anda sebelum memilih instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, tertarik untuk mencoba investasi obligasi? Yuk mulai sekarang!

0 Response to "Mau Investasi Obligasi? Yuk Cari Tahu Dulu 5 Fakta Menarik dan Kelebihanya yang Harus Kamu Ketahui!"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel