3 Cara Screen Record Di Laptop Dengan Mudah

3 Cara Screen Record Di Laptop Dengan Mudah

3 Cara Screen Record Di Laptop Dengan Mudah - Tidak ingin tertinggal, sekarang laptop juga menawarkan fitur yang menarik, yaitu merekam layarnya sendiri. Meski belum banyak yang tahu fitur ini. Cara screen record di laptop bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan.

Selain dengan menggunakan aplikasi bawaan Anda juga dapat menginstal aplikasi perekam layar laptop Anda untuk mendukung keperluan. Berikut adalah 4 aplikasi yang bisa membantu Anda dalam merekam aktivitas layar PC maupun laptop Anda.


3 Cara Screen Record Di Laptop Dengan Mudah

Untuk mengetahui cara merekam layar dengan mudah pada laptop atau PC, Anda dapat menyimak cara screen record di laptop di bawah ini :


1. Melalui Game Bar Pada Windows 10

Cara screen record di laptop yang pertama adalah untuk operating system windows. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh sistem windows 10. Cara screen record di laptop windows 10 adalah dengan menggunakan Game Bar yang merupakan fitur terbaru yang digunakan oleh para pemain game.

  1. Aktifkan terlebih dulu fitur Game Bar dengan masuk pada menu ‘Setting’ kemudian pilih gaming, lalu menyalakan fitur Game Bar.
  2. Apabila Game Bar sudah aktif, tekan Winkey + G. Winkey yang berlambang windows ini terletak di sebelah CTRL. Namun, perintah menggunakan Winkey = G hanya dapat dilakukan ketika Anda tengah membuka aplikasi.
  3. Apabila sudah, Anda tinggal menekan tombol merekam yang memiliki bentuk bulat berwarna merah
  4. Layar laptop Anda akan otomatis akan merekam dan apabila sudah selesai, Anda tinggal menekan tombol berhenti pada recording
  5. File yang berisi hasil rekaman akan tersimpan pada folder capture yang ada pada videos. Dan Videos terdapat dalam folder ‘This PC’
  6. Untuk format file rekaman dalam bentuk MP4.

2. Melalui Quicktime Player Untuk Mac

Cara screen record di laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan Quicktime Player yang hanya tersedia di Mac. Berikut adalah cara merekam layar laptop tanpa aplikasi dengan menggunakan Mac yang sudah tersedia pada laptop Anda.  

  1. Buka Aplikasi QuickTime Player
  2. Kemudian pilih File
  3. Setelah itu Anda dapat memilih ‘Rekaman Layar Baru’
  4. Jangan lupa juga untuk menyalakan audio supaya dapat merekam suara secara sekaligus
  5. Pada aplikasi QuickTime Player, Anda dapat merekam satu sudut tertentu saja.
  6. Format yang dihasilkan dari rekaman ini adalah M4V dan memiliki ukuran yang cukup besar

3. VLC

Selain menggunakan dengan cara di atas, cara screen record di laptop yang selanjutnya adalah dengan menggunakan VLC dari pihak ketiga. Berikut adalah merekam layar di laptop dengan suara  yang bisa kamu praktekkan.

  1. Install VLC Player terlebih dahulu pada laptop Anda
  2. Kemudian Anda dapat memilih media
  3. Lalu pilih ‘Open Capture Device’
  4. Carian bagian capture mode pada desktop
  5. Kemudian klik tanda panah pada bagian bawah yang terletak di sebelah tombol Play
  6. Selanjutnya Anda dapat memilih Convert
  7. Jangan lupa untuk mengatur destinasi file pada rekaman Anda
  8. Untuk memulai rekaman klik Start
  9. Apabila sudah selesai recording, Anda dapat mengklik tombol Stop

Setelah mengetahui 4 cara screen record di laptop, Anda dapat melakukan berbagai hal yang bermanfaat, seperti membuat video tutorial kemudian Anda dapat menguploadnya di media sosial seperti YouTube. Selamat mencoba. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url