-->

Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama

Konten [Tampil]
Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama

Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama - Bagaimana tips menghemat baterai hp agar smartphone bisa digunakan dalam waktu lama? Tak bisa dipungkiri bahwa baterai menjadi komponen yang paling krusial dalam smartphone. Ketika baterai habis, maka kita tidak bisa lagi menggunakan smartphone.

Apalagi fungsi smartphone saat ini sangat penting untuk berkomunikasi hingga membantu kita dalam bekerja. Untuk mengetahui tips menghemat baterai hp, pada dasarnya Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai cepat habis. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindarinya dan mencari solusi agar baterai tidak boros. Selengkapnya akan dibahas dalam uraian di bawah ini. 


Penyebab Baterai HP Tidak Tahan Lama

Sebelum mengetahui apa saja tips menghemat baterai hp yang bisa anda lakukan, penting juga untuk mengetahui apa penyebab HP cepat habis baterai. Berikut beberapa hal yang menyebabkan baterai cepat habis: 


1. Aplikasi Beroperasi Non Stop di Layar Belakang

Terkadang kita lupa menutup aplikasi yang sudah digunakan sehingga aplikasi tersebut masih terus berjalan di layar belakang. Hal seperti ini yang pada akhirnya membuat baterai cepat habis. 

2. Bluetooth, WiFi, dan GPS Terus Berjalan

Penggunaan bluetooth, wifi, dan GPS secara terus-menerus juga dapat membuat daya baterai lebih boros. Bahkan penggunaan ketiga fitur tersebut lebih boros dari aplikasi karena memaksa smartphone terus memancarkan sinyal.

3. Sinyal Operator Sedang Buruk

Sinyal operator yang tidak stabil juga secara tidak langsung mempengaruhi daya baterai smartphone. Sebab, smartphone akan bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal operator sehingga menguras daya baterai.

Baca JugaCara Membersihkan Memori Internal HP


Tips Menghemat Baterai HP Agar Awet

Baterai HP yang cepat habis tentu sangat mengganggu. Selain itu, baterai yang cepat habis juga bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone jika dibiarkan. Maka, ketahuilah tips untuk menghemat baterai sebagai berikut:


1. Tutup Aplikasi Setiap Habis Digunakan 

Cara menghemat baterai HP yang pertama yaitu pastikan untuk selalu menutup aplikasi setiap habis digunakan. Sebab, aplikasi yang terus berjalan akan menguras daya baterai sepanjang hari. 

Sebab meskipun tidak lagi digunakan, aplikasi yang masih aktif di layar belakang akan menghabiskan daya baterai. Beberapa aplikasi yang sering kita gunakan dan lupa menutupnya yaitu WhatsApp, kamera, dan aplikasi media sosial.

2. Matikan Notifikasi dan Fitur Lainnya yang Tidak Penting

Terkadang ada beberapa aplikasi yang sering memberikan notifikasi tidak penting. Misalnya seperti notifikasi dari e-commerce yang hanya meminta Anda untuk melacak status pesanan dan spam notifikasi promo.

3. Jangan Biarkan HP Mengalami Overheat

Overheat adalah kondisi dimana suhu smartphone terlalu tinggi sehingga panas dan bisa menguras banyak daya baterai. Salah satu penyebab overheat yaitu karena terlalu lama digunakan untuk mengakses aplikasi. 

Sebaiknya, jangan terlalu lama membuka aplikasi seperti media sosial dan game agar smartphone tidak mengalami overheat. Jika smartphone sudah mulai panas, tutup seluruh aplikasi dan jangan gunakan smartphone sampai suhunya stabil.

Baca JugaCara Mengirim Kontak Lewat Bluetooth, Dijamin Berhasil


4. Aktifkan Mode Pesawat

Ketika daya baterai mulai berkurang dan Anda tidak menemukan tempat untuk charge, sebaiknya aktifkan mode pesawat. Dengan mode ini smartphone tidak akan memancarkan sinyal.

Mode pesawat juga akan membuat sejumlah aplikasi tidak bisa terhubung ke internet dan daya baterai menjadi lebih awet.

5. Menggunakan Aplikasi Khusus

Tahukah anda bahwa saat ini ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang bisa digunakan agar daya baterai HP tidak boros. Aplikasi ini dapat menonaktifkan aplikasi dan fitur yang dapat menguras daya baterai. 

Demikian informasi mengenai tips menghemat baterai hp sehingga smartphone bisa lebih lama digunakan. Menurut Anda, tips mana yang paling efektif menghemat baterai?

0 Response to "Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel