-->

Cara Kalibrasi Monitor OS Windows 10

Konten [Tampil]
Cara Kalibrasi Monitor OS Windows 10

Cara Kalibrasi Monitor OS Windows 10 - Bila pengguna merasa penampilan warna layar monitor dari OS Windows 10 terlihat pudar, mungkin dirinya merasa ada masalah pada perangkat keras. Tetapi ada baiknya jika pengguna mencoba melakukan kalibrasi pada layar monitor lebih dulu sebelum mengecek hardware-nya. Untuk itu pengguna harus paham cara kalibrasi monitor untuk Windows 10-nya.

Pengkalibrasian ini penting untuk membuat kerja laptop terutama monitornya optimal. Windows 10 mempunyai wizard fitur built in untuk mengkalibrasi layar monitornya yang akan menuntun pengguna melakukan pengaturan baik warna, kontras, kecepatan dan sebagainya. Dengan kalibrasi ini detil dan akurasi warna tidak akan terlewat. Ini urutan langkahnya:

1. Membuka Windows Run

Dengan adanya tuntutan dari wizard cara kalibrasi monitor Windows 10 tidaklah sulit. Buka Windows Run dengan cara memencet tombol dengan simbol Windows. Ketik saja dccw lalu tekan enter. Cara lain ketik calibrate display pada kotak search Windows Run. Lanjutkan dengan mengklik opsi Calibrate Display Color.

Saat jendela wizard terbuka, untuk pengguna yang memakai layar yang lebih dari satu, geser saja jendela wizard ke layar monitor yang mau dikalibrasi. Bila pengguna hanya mempunyai satu layar, maka bisa langsung mengklik Next.

Baca JugaCara Mengatasi Sinyal Smartfren Lemot

2. Mengatur Konfigurasi Warna

Jendela display Kalibrasi Warna akan terbuka dan keluar suatu informasi pengantar, klik next. Setelah itu, bagi pengguna desktop, aturlah konfigurasi warna monitor jadi default mengikuti perintah yang ada di layar wizard. Bagi pengguna laptop, tidak perlu dilakukan pengaturan ini. Proses bisa langsung dilanjutkan dengan mengklik Next.

3. Mengatur Gamma

Langkah selanjutnya dari cara kalibrasi monitor ialah mengatur gamma. Pengaturan gamma berguna untuk menyesuaikan derajat warna RGB di monitor pengguna. Pengaturan gamma yang bagus terjadi saat tidak ada titik-titik yang terlihat pada monitor. Pakailah slider guna menaikkan atau menurunkan derajat gamma.

Arahkan agar titik-titik pada tengah bidang terarsir menjadi tidak terlihat atau hampir tidak terlihat. Slide ke arah atas untuk mencerahkan layar dan sebaliknya slide ke arah bawah untuk menggelapkan layar. Bukalah suatu aplikasi untuk melihat hasilnya.  Jika sudah tidak ada titik-titik klik next.

4. Mengatur Kontras dan Kecerahan

Sesudah mengatur gamma, tiba saatnya mengatur kecerahan dan kontras dari tampilan monitor. Atur kontras dan kecerahan pada kontrol di monitor sesuai yang diinginkan dan klik next nila sudah selesai. Bila monitor tidak memiliki tombol pengaturan fisik di monitor, pilihlah opsi skip pengaturan kecerahan dan kontras.

Kemungkinan yang muncul ialah 3 gambar dan pengguna mengatur kecerahan mengacu pada 3 gambar yang terlihat pada layar demo. Klik next bila sudah selesai.

Baca JugaCara Ubah Sandi WiFi Sesuai Perangkat

5. Mengatur Keseimbangan Warna

Mengatur balance warna ialah cara kalibrasi monitor berikutnya. Slide saja ke sebelah kiri ataupun sebelah kanan pada tiga pilihan warna yang ada yaitu merah, hijau dan biru. Seimbangkan ketiga warna ini agar warnanya tidak terlihat. Yang terlihat tinggal warna abu-abu. Bila dirasa sudah selesai pencet tombol next.

Akhirnya bila proses ini sudah selesai, pengguna bisa membandingkan tampilan monitor sebelum dan setelah melakukan kalibrasi. Bila hasilnya sudah sesuai yang diharapkan, maka pengguna bisa mengklik Finish. Pengguna bisa mengklik Cancel bila tidak ingin memakai hasil kalibrasi yang baru.

Demikian urutan cara kalibrasi monitor pada Windows 10 yang ternyata tidak begitu sulit. Ini disebabkan ada fitur tampilan Kalibrasi Warna bawaan dari operating system ini. Kalibrasi yang sudah dilakukan menampilkan warna secara akurat di layar monitor. Semoga hasilnya memuaskan dan gambar di layar terlihat bagus.

0 Response to "Cara Kalibrasi Monitor OS Windows 10"

Post a Comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel