Pengertian Web Developer Yang Perlu Anda Tahu

Pengertian Web Developer Yang Perlu Anda Tahu

Pengertian Web Developer - Semenjak masuknya era digital dan Internet, terdapat sebuah profesi baru yaitu Web Developer. Ini merupakan sebuah pekerjaan yang memiliki prospek kerja serta karir cukup menjanjikan. Meningkatnya pembuatan website jadi alasan utama. Maka, pahami juga pengertian Web Developer?

Inilah Pengertian Web Developer

Pengertian Web Developer adalah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan dan membangun sebuah website. Terkadang orang bisa sering menyebutkannya dengan web development. Secara eksplisit tugasnya adalah menghasilkan website atau aplikasi.

Masifnya pembuatan website di era modern seperti sekarang ini membuat pekerjaan sebagai web developer mulai orang minati. Hampir semua instansi, lembaga, perusahaan, dan pedagang mulai berlomba lomba membuat sebuah web agar dapat orang kenal secara cepat.

Web developer sendiri sebenarnya memiliki tanggung jawab utama yaitu menghasilkan website dan aplikasi dengan tampilan seperti tombol menu, kotak pencarian dan lain sebagainya. Intinya, pekerjaan satu ini sangat eksis di era sekarang, dan menjadi seorang web developer cukup menjanjikan.

Jenis Jenis Web Developer

Website menjadi salah media promosi yang sangat powerfull saat ini. Tidak heran jika semua kalangan ingin membuat sebuah web. Dalam prakteknya ketika membangun website, web developer terbagi dalam 3 macam jenis pekerjaan, Anda dapat memilih menjadi salah satunya. Berikut penjelasannya :

1. Front-End Developer

Ketika membangun sebuah web terdapat istilah Front-End Developer. Tugas utama dari web developer satu ini adalah mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan interface atau antarmuka website yang nantinya berhadapan dengan pengguna.

Tanggung jawabnya adalah memastikan semua fitur atau tampilan berjalan dengan baik. Misalnya tata letak dari menu website, tombol tombolnya, halaman halaman yang ada, sampai dengan kemudahan dalam menggunakan web itu sendiri.

2. Back-End Developer

Back-End Developer merupakan jenis pengembang web yang bergerak di belakang. Jika seorang Front-end developer bertugas memastikan tampilan website berjalan baik dan memudahkan pemakai pada pengguna, Back-end bertugas untuk mengurus bagian database dari website.

Terdapat beberapa website yang harus menampilkan informasi seperti data tabel dengan jumlah yang sangat besar. Kemudian ada juga yang pengunjungnya harus mendaftar, mengupload, dan mengunduh. Semua fitur interaksi ini bisa berjalan lewat database dan back-end punya peranan penting.

3. Full-stack Developer

Full-stack Developer merupakan gabungan dari front dan back end. Seseorang yang menguasai kedua skill ini sering orang sebut sebagai full-stack. Tanggung jawabnya tentu saja memastikan interface berjalan lancar dan database harus bisa terkoneksi dengan web secara baik.

Full stack merupakan tingkatan tertinggi dari pekerjaan sebagai web developer. Tentunya orang yang bekerja sebagai seorang full stack pernah bertugas jadi front-end maupun back-end. Kondisi ini yang membuatnya dapat menguasai kedua elemen tersebut dan membuat statusnya menjadi yang tertinggi.

Inilah 5 Skill yang Harus Web Developer Miliki

Apabila tertarik menjadi seorang web developer setidaknya harus mempelajari beberapa kemampuan terlebih dahulu. Tentunya skil ini berkaitan dengan dunia website seperti bahasa pemrograman dan optimasi web SEO dan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasannya :

1. Skill Bahasa Pemrograman HTML/CSS dan JavaScript

Seperti penjelasan di poin sebelumnya jenis web developer terbagi jadi dua. Jika Anda ingin menjadi Front-end developer harus bisa menguasai HTML, CSS, dan Javascript. HTML sendiri merupakan bahasa yang berfungsi membangung strukutr halaman sehingga menampilkan konten.

Biasanya berupa tulisan, judul dan gambar. CSS menjadi elemen yang akan mendesain atau mengatur tata letak dari struktur HTML tersebut agar menjadi lebih baik. Sementar Javascript bertugas agar pengguna website bisa lebih berinteraksi dengan web itu sendiri dengan animasi dan slider.

2. Membangung Desain Friendly Mobile

Selain dapat membuat website secara umum, web developer juga harus memikirkan penggunaannya yang ramah terhadap platform mobile atau ponsel. Hal ini lantaran sekarang hampir semua orang mengakses website dari perangkat ponsel ketimbang dari web desktop atau komputer.

Untuk mempelajari desain friendly mobile seseorang setidaknya paham dalam penggunaan framework seperti Bootstrap dan lainnya. Skill pemahaman ini sangat penting untuk menciptakan sebuah website yang ramah terhadap berbagai platform. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini sangatlah penting.

3. Skill Bahasa Pemrograman Spesifik

Apabila Anda ingin menjadi seorang Back-end developer maka harus mempelajari beberapa bahasa pemrograman yang lebih spesifik seperti bahasa PHP, Java, SQL, Python dan lain sebagainnya. Skill ini yang nantinya dapat membantu dalam pembangunan sebuah website.

Mungkin terlihat ribet dan merepotkan, akan tetapi untuk seorang web developer pemula Anda tidak perlu perlu mempelajari semua nya. Tentunya mana yang paling menarik dan perdalam skillnya. Maka pekerjaan web developer bisa seseorang raih. Pendalam materi skil juga bisa lebih tinggi tingkatannya.

4. Skill Penggunaan Berbagai Tools Pengembang Web

Berikutnya yang tidak kalah pentingnnya adalah mempelejari berbagai tools pengemang website. Terdapat banyak sekali yang sekarang dapat memudahkan pembuatan website seperti Github, Framework, dan Bootstrap tadi. Tools ini hadir untuk mempercepat pembangunan website.

Misalnya saja untuk web developer backend terdapat framework yang namanya laravel dan menawarkan kemampuan luar biasa dalam mengembang website secara cepat serta terstruktur. Ketika terjun ke dunia ini pastikan untuk selalu update kemampuan agar tidak ketinggalan zaman.

5. Skill Tentang SEO

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimizer. Ketika Anda berhasil membuat sebuah website agar web tersebut mendapatkan banyak pengunjung membutuhkan skill atau kemampuan SEO yang baik. Peran dari optimizer website ini sangat besar dalam hal promosi web.

Web developer memang tidak memiliki kewajiban untuk mempelajari skill SEO secara mendalam. Karena terdapat profesi sendiri untuk seorang optimizer web ini. Akan tetapi, mengetahui beberapa elemen dalam mendesain web agar trafik meningkat cukup penting menambah nilai tambah Anda.

Prospek Kerja Seorang Web Developer

Melihat penjelasan di atas tadi, web developer memiliki masa depan yang cukup cerah sebagai pekerjaan. Perannya yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah website jadi tolak ukurnya, apalagi sekarang permintaan pembuatan web semakin meningkat dari berbagai kalangan.

Terdapat banyak sekali perusahaan yang bergerak di industri pengembang website memerlukan seorang web developer. Selanjutnya jika pun seseorang tidak ingin bekerja di bawah tekanan instansi dapat mendirikan jasa pembuatan website secara mandiri dan bekerja dengan waktu lebih fleksibel.

Selain itu trade pembuatan startup juga bisa menjadi lahan terbaik untuk para web developer. Membuat sebuah aplikasi berbasis website dengan konsep startup juga menjadi sebuah prospek yang menjanjikan dan tidak kalan menjanjikannya. Intinya prospek web developer sangat cerah sekarang.

Demikian informasi mengenai pengertian Web Developer. Memegang peranan sangat penting dalam pengembangan website membuat seorang web developer orang perlukaan saat ini. Prospeknya juga sangat bagus untuk memberikan Anda kehidupan yang layak di zaman modern ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url