Pengertian Strategi Pengujian Perangkat Lunak : Prosedur dan Tujuannya

Strategi Pengujian Perangkat Lunak : Prosedur dan Tujuannya - Penerapan strategi pengujian perangkat lunak tentunya mengandalkan prosedur atau langkah-langkah yang sesuai untuk mendapatkan hasil maksimal. Terlebih lagi strategi pengujian perangkat lunak ini mempunyai tujuan atau manfaat tersendiri. Jadi, penting menerapkannya dengan tepat.

Mengenal Strategi Pengujian Perangkat Lunak

Sederhananya strategi pengujian perangkat lunak adalah sebuah proses integrasi penerapan metode perancangan kasus uji dengan bentuk urutan langkah yang sesuai pengujian perangkat lunak. Sederhananya strategi pengujian ini termasuk salah satu langkah dalam pengembangan perangkat lunak.

Adapun manfaat dari penerapan strategi pengujian perangkat lunak yaitu untuk mengintegrasikan metode perancangan kasus uji perangkat lunak agar dapat menjadi langkah yang lebih terencana. Jadi, tujuannya untuk memudahkan akses perangkat lunak.

Adapun berbagai strategi dalam pengujian perangkat lunak meliputi beberapa hal seperti perencanaan, perancangan kasus uji, dan eksekusi pengujian. Selain itu, pada pengujian ini juga menerapkan pengumpulan data untuk melakukan sebuah evaluasi.

Baca JugaPengertian Proses Pengujian Perangkat Lunak : Prosedur dan Tujuannya

Strategi Pengujian Perangkat Lunak Beserta Prosedurnya

Strategi pengujian perangkat lunak terbagi menjadi 4 beserta prosedurnya masing-masing yaitu pengujian unit, pengujian integrasi, pengujian validasi dan pengujian sistem. Selengkapnya berikut ini penjelasan dari 4 Strategi tersebut.

1. Pengujian Unit

Strategi pengujian unit lebih terfokus pada modul program dengan unit terkecil. Adapun dalam pelaksanaannya menggunakan stub dan driver. Stub merupakan mode yang berperan penting dalam menggantikan modul sub ordinat dan berasal dari modul yang sedang diuji.

Sedangkan driver merupakan sebuah program yang mempunyai fungsi penting untuk menerima dan mengirim data kasus uji. Adapun pengujian unit ini lebih terfokus pada verifikasi desain perangkat lunak terutama pada unit terkecil.

2. Pengujian Integrasi

Strategi pengujian perangkat lunak integrasi diterapkan pada unit-unit program yang saling terintegrasi atau berkaitan. Sedangkan untuk fokus pengujian ini pada permasalahan interfacing. Jadi, pelaksanaannya bisa secara bottom up integration maupun top down integration.

Adapun prosedur dari pengujian integrasi meliputi penggunaan modul kontrol sebagai test driver dan stub untuk semua modul. Prosedur selanjutnya penggantian stub subordinat dengan modul aktual. Selain itu proses pengujian juga berlangsung pada setiap modul integrasi.

3. Pengujian Validasi

Pada pengujian ini dapat berlangsung jika di tahapan integrasi tidak terdapat kesalahan. Jadi, bisa dikatakan validasi sukses jika penggunaan perangkat lunak sudah sesuai dan berfungsi seperti harapan pengguna.

Adapun prosedur dari penerapan pengujian ini harus melalui proses testing integrasi terlebih dahulu. Jadi, penerapannya harus mengetahui terlebih dahulu Apa saja kesalahan-kesalahannya dan pasti sudah melakukan perbaikan.

4. Pengujian Sistem

Pengujian sistem merupakan sebuah pengujian yang dalam penerapannya menggunakan sistem berbasis komputer. Strategi pengujian perangkat lunak yang terakhir yaitu pengujian sistem yang terbagi menjadi 3 tahapan yaitu recovery testing, security testing dan stess testing.

Recovery testing merupakan pengujian yang penerapannya harus memastikan sistem gagal agar bisa melakukan uji normalisasi. Sedangkan security testing merupakan pengujian mekanisme proteksi dan stees testing pengujian perangkat lunak yang mengalami situasi tidak normal.

Baca Juga3 Metode Pengujian Perangkat Lunak Lengkap dengan Keunggulannya

Tujuan Penerapan Strategi Pengujian Perangkat Lunak

Penerapan strategi pengujian perangkat lunak mempunyai peranan yang cukup penting, sehingga memberikan manfaat. Sederhananya tujuan dari penerapan strategi ini meliputi empat hal, sebagaimana berikut penjelasan lengkapnya.

  • Memudahkan untuk mengetahui terjadinya kesalahan terdapat pada perangkat lunak yang sedang diuji.
  • Menghadirkan perangkat lunak yang layak dan berkualitas dengan melalui berbagai proses perbaikan.
  • Bermanfaat untuk melakukan pengujian yang lebih efisien dan tentunya efektif.
  • Mengetahui apa saja kesalahan yang sedang terjadi pada perangkat lunak sehingga bisa menerapkan tindakan preventif.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai strategi pengujian perangkat lunak lengkap dengan prosedur beserta dengan manfaatnya. sederhananya dari penjelasan ini bisa diambil kesimpulan jika strategi pengujian perangkat lunak untuk mengetahui terjadinya kesalahan dalam proses uji.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url