Pengertian Proses Pengujian Perangkat Lunak : Prosedur dan Tujuannya

 

Pengertian Proses Pengujian Perangkat Lunak dan Prosedurnya - Di era modern seperti saat ini tidak pernah terlepas dari penggunaan perangkat lunak. Namun, sebelum penggunaan perangkat lunak pasti melalui proses pengujian perangkat lunak agar lebih layak. Di sisi lain penerapan pengujian perangkat lunak juga mempunyai tujuan penting.

Pengertian Proses Pengujian Perangkat Lunak

Sederhananya pengujian perangkat lunak merupakan sebuah proses dengan melakukan eksekusi aplikasi maupun program dari developer. Adapun manfaat utama dari proses pengujian ini untuk mengetahui adanya bug yang terdapat pada perangkat lunak.

Selain itu, pengujian perangkat lunak juga dapat diartikan sebagai penerapan aktivitas dengan tujuan agar dapat mengevaluasi kemampuan sistem maupun program. Jadi, penerapannya diharapkan agar sistem maupun program bisa sesuai dengan harapan pengembang.

Secara umum tujuan utama dari penerapan proses pengujian perangkat lunak agar perangkat atau sebuah aplikasi dapat terjamin dari segi kualitasnya. Jadi, nantinya saat sebuah perangkat lunak digunakan tidak terjadi permasalahan yang serius.

Baca Juga3 Metode Pengujian Perangkat Lunak Lengkap dengan Keunggulannya

Proses Pengujian Perangkat Lunak dan Prosedurnya

Pada proses pengujian perangkat lunak terdapat dua jenis yaitu dynamic testing dan statistic testing. Pada setiap proses pengujian aplikasi ini mempunyai prosedur tersendiri yang tidak bisa sembarangan dalam penerapannya. Adapun berikut penjelasan dua proses tersebut.

1. Dynamic Testing

Proses pengujian perangkat lunak yang saat ini dalam penerapannya berlangsung pada saat program masih sedang berjalan. Dengan kata lain proses pengujian berlangsung setelah kode program sudah dieksekusi.

Adapun prosedur dari penerapan proses pengujian perangkat lunak ini dengan memasukkan input ke dalamnya agar penguji mudah untuk melihat. Selain itu, penerapannya juga memudahkan penguji melakukan perbandingan output sesuai keinginan, sehingga bisa melihat perilaku software hingga memonitor memori dari system.

2. Statistic Testing

Pengujian statistik atau statistic testing adalah sebuah proses pengujian perangkat atau sebuah program yang belum berjalan atau dieksekusi. Tentu penerapan dari pengujian statistik ini mempunyai tujuan tersendiri untuk perangkat lunak.

Adapun tujuan utama dari penerapan proses pengujian ini agar bisa melakukan pengecekan pada dokumen, kode program hingga file. Sedangkan keberlangsungan dari proses ini pada tahap development maupun pengembang.

Tujuan Pengujian Perangkat Lunak

Penerapan proses pengujian perangkat lunak tentunya tidak terlepas dari tujuan atau manfaatnya. Mengingat perangkat lunak di era modern seperti saat ini mempunyai peranan yang sangat penting, sehingga harus mendapatkan perhatian khusus.

  • Pelaksanaan pengujian perangkat lunak diharapkan dapat membantu untuk menemukan kesalahan atau kerusakan yang terjadi pada program.
  • Pengujian perangkat lunak secara mendalam mempunyai peluang yang cukup tinggi untuk mendapatkan kerusakan yang sebelumnya belum pernah diketahui atau ditemukan.
  • Tujuan terpenting dalam penerapan pengujian perangkat lunak untuk memastikan keamanan pada sebuah software dapat terjamin. Tentunya dengan tujuan agar pengguna tidak menemukan permasalahan yang serius dan merugikan.
  • Meningkatkan kualitas dari perangkat lunak agar dapat bekerja sebagaimana mestinya dan tentunya sesuai dengan harapan pengembang. Selain itu, bisa memenuhi kebutuhan pengguna.
  • Pengujian perangkat lunak juga sangat bermanfaat untuk membantu menemukan kompatibilitas software dengan memanfaatkan berbagai platform maupun perangkat.
  • Pengujian perangkat lunak bertujuan agar fitur-fitur yang terdapat di dalamnya sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Sekian penjelasan sederhana mengenai proses pengujian perangkat lunak. Dari penjelasan ini bisa Anda ambil kesimpulan jika jenis proses pengajuan perangkat lunak terdiri dari dua jenis dan mempunyai prosedur tersendiri. Sedangkan dalam penerapannya juga mempunyai tujuan yang cukup beragam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url