-->

Pengertian RGB dan CMYK : Perbedaan dan Persamaan

Konten [Tampil]
Pengertian RGB dan CMYK

Pengertian RGB dan CMYK : Perbedaan dan Persamaan - Kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Warna RGB dan CMYK. Dan mengapa warna tersebut memiliki Perbedaan dan Persamaan?. Untuk mengetahui hal tersebut lebih jauh anda bisa membaca materi dibawah ini.

Pengertian RGB

RGB merupakan singkatan dari Red, Green, dan Blue adalah model warna pencahayaan (additive color mode) yang digunakan untuk Input Devices dan Output Devices.

Apabila warna-warna RGB dikombinasikan maka terciptalah warna baru yaitu putih. Hal inilah mengapa warna RGB disebut juga warna pencahayaan.

Warna RGB merupakan prinsip warna yang digunakan oleh alat elektronik seperti Televisi, Monitor Komputer, dan Scanner.

Oleh karena itu, warna yang ditampilkan RGB selalu terang dan menyenangkan, sehingga lebih leluasa dalam bermain warna. Hal ini memang warna RGB disetting untuk display monitor, bukan untuk warna cetak.

Baca JugaPengertian dan Fungsi Domain Controller

Pengertian Warna CMYK

CYMK merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black adalah sebuah model warna yang berbasis pengurangan gelombang cahaya (substractive color model). CMYK bisa disebut juga dengan Warna Proses atau Empat Warna.

CMYK umumnya digunakan dalam percetakan berwarna.

Jadi untuk membuat warna gambar yang bagus dan sempurna dibutuhkan 4 tinta yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Tetapi dalam Tinta Proses ini haruslah memiliki standar model warna CIELab dan memiliki nilai Transparansi (opacity).

Perbedaan Warna RBG dan CMYK

Perbedaan Warna RBG dan CMYK

Perbedaan pada RGB dan CMYK sebenarnya sudah terlihat dari warna yang tidak terkandung. Seperti contoh, CMYK mengandung warna Cyan, Magenta, Yellow, Black, dan warna RGB mengadung warna Red, Green, dan Blue.

Perbedaan kedua, yaitu fungsi dari RGB dan CMYK. Jika RGB lebih banyak digunakan untuk monitor dan CMYK digunakan untuk percetakan (Printer).

Persamaan Warna RGB dan CMYK

Persamaan Warna RGB dan CMYK

RGB dan CMYK juga memiliki persamaan, yaitu sama-sama berwarna primer.

Apa yang terjadi jika anda salah memberikan format RGB pada saat ekspor file?. File yang diekspor masih dalam format RGB, maka kompilasi yang dicetak akan terjadi penurunan kualitas.

Adapun tujuan awalnya adalah untuk skor, maka saat awal melakukan ekspor langsung saja menggunakan format CMYK.

Baca JugaCara Membuat Web Design untuk Pemula

Penutup
Dengan demikian pembahasan mengenai Pengertian RGB dan CMYK versi Lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk para pelajar yang sedang mencari penjelasan dengan warna ini. Untuk kekurangan dalam penulisan artikel ini anda bisa membantu saya, dengan berkomentar dikolom dibawah ini.

Untuk mendukung admin silahkan bagikan informasi ini dengan berbagi ke sosial media kalian.

6 Responses to "Pengertian RGB dan CMYK : Perbedaan dan Persamaan"

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel