-->

Pengolahan Data, Njlimet Tapi Mudah Juga Sebenarnya

Konten [Tampil]
Pengolahan Data, Njlimet Tapi Mudah Juga Sebenarnya
Apabila Anda sedang mencari informasi tentang tujuan pengolahan data, macam-macam pengolahan data, atau metode pengolahan data, maka Anda sudah menemukan artikel yang pas. Karena dalam tulisan ini, saya akan bahas tentang seluk beluk pengolahan data, oke, tak berpanjang kata, selengkapnya silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Apabila Anda melakukan riset atau sebuah penelitian, maka peran pengolahan data sangat penting. Dengan begitu setelah data riset tersebut diolah, maka akan diketahui simpulan dan hasilnya seperti apa, dimana kesimpulan tersebut nantinya digunakan untuk memutuskan suatu hal atau membentuk kebijakan tertentu.

Untuk mengolah sebuah data sendiri tidak boleh asal, namun harus berdasarkan pada metode ilmiah.

Fungsi dan Tujuan Pengolahan Data

Seperti sudah saya sampaikan diatas, tujuan pengolahan data adalah untuk mengambil data asli, dan dari data tersebut dapat diperoleh hasil lainnya yang dapat digunakan.

Nah dari tujuan tersebut dapat dirumuskan beberapa fungsi-fungsi pengolahan data, "lalu apa saja itu?" Diantaranya adalah :

  1. Mengambil dan mengumpulkan data yang relevan
  2. Menyimpan data yang telah dikumpulkan
  3. Mengkategorikan data tersebut sesuai dengan kebutuhan
  4. Memproses data tersebut dengan logika dan atau rumus yang digunakan
  5. Memperoleh hasil antara dan hasil akhir dari pemrosesan
  6. Membuat output dalam bentuk yang praktis dan mudah digunakan (tak seperti data kasar diawal)

Bicara tentang fungsi dan pengolahan data, saya jadi teringat, bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan sensus penduduk 2020. Hal yang unik dari sensus penduduk ini adalah, masyarakat bukan hanya objek sensus yang didatangi untuk didata, tetapi juga bisa menjadi subjek sensus dengan cara mengisi form sensus secara online.

Kabarnya, data yang diperoleh pemerintah tersebut dantinya akan diolah sedemikian rupa, dan kemudian akan dijadikan salah satu pijakan untuk membuat sebuah kebijakan nasional. Produk kebijakan tersebut diantaranya adalah untuk program pembangunan infrastruktur dan kesehjatarean masyarakat.

Maka dari itu, agar kebijakan yang dihasilkan tidak salah, pengolahan datanya pun harus sesuai dengan teori dan ilmiah.

Macam-Macam Pengolahan Data

Berdasarkan kebutuhannya, pengolahan data dibagi dua, yakni pengolahan data secara kualitatif dan pengelolahan data secara kuantitatif.

Baik, kita bahas dari yang pertama dulu, yakni pengolahan data secara kualitatif. Yang khas dengan pengolahan data secara kualitatif adalah, pengolahan data ini harus melalui 3 tahap analisis, yakni :

1. Reduksi data

Pada tahap ini, semua data yang berhasil dihimpun di data berdasarkan kekhasananya, misalnya data X di beri kode A1 kemudian data Y diberi kode A2.

Maksud daripada reduksi data ini adalah untuk menggolongkan data, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna.

2. Penyajian data

Pada tahap ini, data akan disajikan, bisa dalam bentuk narasi, bagan ataupun grafik. Setelah melihat data yang disajikan, maka peneliti atau pengguna bisa mengambil kesimpulan awal.

3. Membentuk kesimpulan

Meneruskan pada pada tahap pertama dan kedua, pada tahap ini kesimpulan yang sesungguhnya mulai dibentuk, data-data yang sudah masuk kembali di cek kebenarannya, setelah itu maka kesimpulan final bisa diambil.

Sedangkan pengolahan data secara kuantitatif, hanya melaui 3 tahap juga, yakni :

1. Mengelompokkan data yang diperoleh

Data kuantitatif yang masuk  perlu diolah secara matematis menggunakan ilmu statistik, baik statistik deskriptif atau statistik inferensial, dimana dual hal tersebut digunakan mendeskripsikan variabel penelitian dan untuk menguji hipotesis.

2. Pengelompokan data yang masuk

Untuk mengelompokkan data dengan baik, setidaknya ada 4 hal yang harus dilakukan, yakni : editing questionaire, lalu coding, kemudian scoring dan tabulating.

3. Pengolahan statistik sederhana

Pengolahan ini digunakan untuk mengolah data kuantitatif tersebut agar kemudian mempunyai sebuah arti, teknik pengolahannya  pun bisa menggunakan tehnik distribusi frekuensi atau menggunakan teknik ukuran memusat.

Baca JugaPengertian Flowchart : Jenis, Simbol, Contoh

Nah itu tadi bahasan tentang pengolahan data, semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan gambaran awal tentang bagaimana Anda mengolah data penelitian atau riset yang sedang Anda lakukan.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses dan sampai jumpa di tulisan yang lainnya.

0 Response to "Pengolahan Data, Njlimet Tapi Mudah Juga Sebenarnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel