Pengenalan Dasar HTML untuk Pemula

Konten [Tampil]
HTML adalah bahasa yang wajib anda pelajari pertama jika ingin menjadi Web Developer. Karena HTML merupakan kerangka dasar untuk membuat website.

Apa itu HTML?

HTML atau Hyper Text Markup Language adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Kata lain dari HTML dalam bahasa Indonesia merupakan Bahasa Markah Hiper Teks (BMHT).

Membuat file HTML

File HTML dapat anda buat dengan menggunakan aplikasi Notepad bawaan laptop / komputer. Lebih bagus lagi anda menggunakan Text Editor seperti: Notepad++, Sublime Text, Visual Studio Code, dan lain-lain. File HTML disimpan dengan menggunakan ekstansi html dan htm.

Membuat file HTML

Contoh-Contoh HTML

Kita disini akan menuliskan sebuah informasi kedalam web. Informasi ini merupakan pesan: Blog ini milik Ahmad Ansori. Maka kode HTML yang saya tulis seperti ini:


<!DOCTYPE html>
<html>
<body>
Blog ini milik Ahmad Ansori
</body>
</html>

Bahasa HTML disusun oleh tag-tag (penanda). Perhatikanlah letak penulisan informasi yang ingin ditampilkan diweb. Berada diantara kode <body> dan </body>, tag ini merupakan tubuh dokumen. Setiap informasi yang anda tulis didalam tag ini, akan tampil dihalaman web.

Contoh-Contoh HTML

Selanjutnya kita akan berkenalan dengan tag <head> dan tag <title>. Tag <head> merupakan kepala dokumen. Agar kalian lebih mudah untuk memahaminya, silahkan tambahkan tag <head> dan <title> agar menjadi kode utuh seperti dibawah ini.


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Blog Ahmad Ansori</title>
</head>
<body>
Blog ini milik Ahmad Ansori
</body>
</html>

Sedangkan tag <title> digunakan untuk membuat judul website. Sementara itu tag <head> berfungsi sebagai kepala dokumen. Jadi tag <title> harus berada didalam tag <head>. Perhatikan hasil berikut setelah menambahkan tag <title> yang akan ditampilkan sebagai judul website.

Contoh-Contoh HTML



Contoh berikut yaitu, kalian akan berkenalan dengan tag <h1> dan tag <p>. Untuk tag <h1> berfungsi untuk membuat judul artikel. H1 merupakan ukuran judul terbesar di HTML. Sedangkan tag <p> berfungsi untuk paragraf. Kemudian silahkan modifikasi kode diatas seperti:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Blog Ahmad Ansori</title>
</head>
<body>
<h1>Tentang Blog ini</h1>
<p>Blog ini milik Ahmad Ansori. Dibuat pada tahun 2019. Tujuan saya membuat blog ini adalah sebagai sarana meluangkan inspirasi yang keluar dari pikiran saya.</p>
</body>
</html>

Kemudian silahkan anda melihat hasilnya, untuk H1 memiliki ukuran yang lebih besar. Karena teks tersebut merupakan teks untuk judul. Sedangkan teks diantara tag <p> agar berukuran normal. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat dibawah ini.

Contoh-Contoh HTML

Kesimpulan

HTML adalah bahasa yang wajib dipelajari oleh siapa saja yang tertarik untuk menjadi Web Developer. Karena HTML merupakan bahan dasar untuk membuat website (kerangka website). Itulah contoh-contoh sederhana yang sudah menjelaskan bagaimana kode HTML itu secara detail. Banyak tag yang harus kalian hafalkan. Kunci utama untuk mengingatnya adalah sering berlatih membuat file HTML. 

Sekian terima kasih, silahkan baca panduan website mengenai HTML lainnya dibawah ini.

0 Response to "Pengenalan Dasar HTML untuk Pemula"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel