Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020

Konten [Tampil]
Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020
Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020 - Menjadi peserta dalam festival lomba itu pengalaman yang berharga. Mengapa begitu ?, karena saya bisa mengasah kreatifitas sekaligus bersaing dengan pelajar sekolah khususnya di Jawa Timur.

Festival Online Pelajar Kreatif (FOPK) 2020 ini diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. 

Tema dalam lomba festival ini adalah "Lawan Corona #DariRumahAja". Lomba ini ikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA/PK-PLK Negeri maupun Swasta. 
Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020

Inti cerita

Pertama melihat poster lomba ini saya masih belum yakin untuk ikut serta. Dikarenakan banyak banyak waktu luang yang begitu banyak dimasa pandemi virus corona ini, saya inisiatif ikut mencoba menantang diri saya.

Mulai membuat script konsep malam hari tepatnya tanggal 15 April 2020, dan mulai tidak bisa tidur karena saya terus membayangkan lomba ini (maaf jomblo 😆).

Pagi harinya saya mulai mencari kameramen yaitu keponakan saya yang masih anak SD. 

Kemudian saya mengarahkan anak tersebut untuk menekan tombol mulai dan berhenti dikamera handphone.

Setelah merekam cuplikan sampai 30 video yang rata-rata berdurasi 30 detik. Begitu sudah selesai malah memori handphone habis.

Siang harinya saya mencoba mengedit video dan membuat dubbing suara menjadi satu kesatuan yang utuh. Dan proses mengedit ini saya butuhkan sekitar 3 jam-an.

Hasil videonya bagus atau tidak mas ?, untuk hasilnya sendiri sangat hancur, iya tadi dikarenakan yang ngerekam belum paham dan sangat bergetar memegang handphone.

Kemudian saya mencari saran kepada guru saya, yaitu bapak Rahmad Reza Nugroho (salah satu guru di SMKN 1 Kertosono) dan alhamdulillah beri masukkan yang kurang pas yang mana.

Besoknya saya mulai lagi ngetag video kedua, yang berjalan dengan cepat dibanding ngetag video pertama. Karena apa?, karena sudah tahu alurnya dan hanya mengulang lagi supaya kamera handphone tidak goyang. 

Setelah selesai ngetag video kedua akhirnya video sudah beres, tinggal mengedit dan menyatukan dengan pecahan video-video lainnya.

Mengedit selama 4 jam-an lebih tanpa mengenal rasa lelah, akhirnya video jadi dan lebih bagus dari sebelumnya.

Dan malam harinya saya ngetag video lagi, dan alhamudulillah jadi 100%. 

Beberapa jam kemudian tepatnya jam 21.40 saya membuat caption dan mulai mengupload video di Insatagram.

Jika anda penasaran dari hasil video anda bisa melihatnya dibawah ini.



A post shared by AHMAD ANSORI (@ahmadansori_id) on

Selesai

Mungkin itulah cerita saya mengenai Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020. Semoga ada hikmah yang bisa kita ambil. Mohon dimaafkan tulisan ini mengandung kalimat yang kurang enak dibaca. Semua ini adalah tulisan yang terpendam di pikiran saya.

Sekian dari saya selamat membaca. Jangan lupa #dirumahaja 👌.

0 Response to "Ikut Lomba Festival Online Pelajar Kreatif 2020"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel