Pengertian Internet dan Intranet : Fungsi, Perbedaan, dan Manfaatnya

Konten [Tampil]
Pengertian Internet dan Intranet : Fungsi, Perbedaan, dan Manfaatnya
Pengertian Internet dan Intranet : Fungsi, Perbedaan, dan Manfaatnya - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Internet dan Intranet. Apakah anda sudah tahu pengertian, fungsi, perbedaan, dan manfaatnya?, jika belum anda tepat datang diblog ini. Oke langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

Pertama saya akan membahas tentang Internet dulu, untuk Intranet dibawahnya.

Pengertian Internet

Pengertian Internet
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan informasi dan komunikasi. Suatu komputer dalam satu koneksi internet dapat bertempat di mana saja atau bahkan di seluruh Indonesia. 

Internet juga diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisi informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa video, gambar, suara dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyedia / pemilik jaringan komputer maupun dibuat pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.


Fungsi Internet

Fungsi internet dalam dunia bisnis sebagai sarana informasi dan komunikasi internet juga dipakai sebagai media komunikasi promosi. Dalam berbagai aktivitas administrasi dan bisnis Pemerintahan, secara nyata sistem komunikasi memakai jaringan internet, ini terbukti dapat mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. 

Contohnya: koran masuk ke dalam internet (berita online), brosur, majalah, jurnal, dan sebagainya.

Manfaat Internet

Adapun manfaat dari internet secara umum sebagai berikut.
  • Sebagai sumber informasi
  • sebagai sarana berkomunikasi
  • memudahkan komunikasi
  • Meningkatkan penguasaan bahasa asing
  • Mendorong kemandirian
  • Sarana pendidikan
  • Sarana hiburan
  • Sarana pekerjaan
  • Untuk menjalankan bisnis
  • Sarana berbelanja online

1. Sebagai sumber informasi yang tidak terbatas

Internet menyediakan akses terbuka untuk siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa, kapan saja, dan dimana saja. Didalamnya terdapat berbagai jenis informasi baik itu yang berhubungan dengan pendidikan, bisnis, hiburan,berita, sosial, dan sebagainya. Tentu saja internet akan berdampak positif bagi kita, jika memanfaatkannya untuk hal positif.

2. Sebagai sarana komunikasi paling efisien

Dengan memanfaatkan jaringan internet, komunikasi antar negara bahkan benua pun dapat dilakukan dengan mudah. Orang-orang bisa bertatap muka secara langsung melalui video dan bertukar cerita maupun menyampaikan suatu berita tanpa harus bertemu secara langsung.
Dan masih banyak lagi manfaat internet yang lainnya.

3. Memudahkan Komunikasi

Di era yang semakin canggih ini, komunikasi tidak perlu lagi memakai surat pos, melainkan memakai fasilitas yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan untuk media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan pesan penting ke teman anda melalui sosial media, seperti Line, Facebook, WhatsApp, dan sebagainya.

4. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing

Bisa paham bahasa asing merupakan hal yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris. Bahasa yang satu ini ialah bahasa internasional yang seharusnya wajib anda kuasai untuk bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Di internet sendiri berisi informasi yang ditampilkan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau kalimat di Google Translate.


5. Mendorong Kemandirian

Tahukah Anda, orang yang sudah fasih memakai internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang sedang dibutuhkan. Karena dirinya mempunyai rasa kepo yang tinggi, sehingga jika ia penasaran akan mencarinya di internet. Sehingga terbentuklah karakter mandiri, karena terbiasa sendiri untuk mencari informasi.

6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Internet berfungsi sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membuat komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh (remote). Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.

7. Sebagai Sarana Hiburan

Membahas tentang hiburan, sebenarnya hiburan bisa didapatkan dengan mudah. Bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun juga bisa. Di internet, Anda bisa menemukan hiburan yang sesuai Anda inginkan, misalnya menonton film, gambar yang menghibur (meme), dan bermain game online.  Hal ini bisa menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.

8. Memudahkan Pekerjaan

Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat akan menjadi lebih ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda disuruh oleh atasan untuk berbagi sebuah file ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di internet atau biasa disebut dengan Email.

9. Untuk Menjalankan Bisnis

Bisnis yang berada di internet disebut bisnis online. Bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh dunia. Mudahnya bisnis online adalah kita hanya duduk didepan laptop atau komputer saja sambil berbisnis. Jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.

10. Bisa Untuk Berbelanja

Jika Anda malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari aktivitas baru berbelanja. Belanja online ialah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati, perhatikan websitenya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas.


Pengertian Intranet

Pengertian Intranet
Intranet adalah jaringan komputer yang saling tersambung biasanya dipakai oleh suatu sistem organisasi. Misalnya jaringan komputer PT. Telkom seluruh Indonesia. Jadi dibilang “internet” khusus. Intranet berfungsi menghubungkan komputer satu dengan yang lain, persis seperti internet tetapi aksesnya terbatas, tidak seluas dan seberagam di internet.

Fungsi Intranet

Fungsi dari intranet akan membuat perusahaan atau institusi menjadi semakin lebih efisien. Pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat sistem informasi manajemen yang berbasis Web dan database. Cukup banyak orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS perkantoran telah ditata dengan baik, maka proses selanjutnya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet).

Manfaat Intranet

Berikut ini manfaat dari intranet, antara lain:
  • Sebagai alat efisiensi bagi perusahaan atau organisasi
  • Menjadikan perusahaan atau organisasi lebih kompetitif

1. Sebagai alat efisiensi bagi perusahaan atau organisasi

Karena sebagian besar jaringan intranet dipakai untuk keperluan perusahaan ataupun instansi, maka efisiensi menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan jaringan pribadi yang lebih mengutamakan keamanan informasi dan laju data perusahaan, manfaat intranet akan lebih terasa bagi perusahaan atau organisasi yang memakainya.

2. Menjadikan perusahaan atau organisasi lebih kompetitif

Dengan jaringan yang terintegrasi ke departemen dan bagian lainnya didalam perusahaan, maka manajemen kontrol pun akan lebih mudah dan cepat dilakukan. Jika perusahaan mampu mengelola sumber daya yang terdapat di dalamnya dibantu dengan manajemen perusahaan yang baik, maka nilai plus perusahaan pun akan bertambah dimata pesaing mereka.

Perbedaan Internet dan Intranet

Adapun berbedaan Internet dan intranet sebagai berikut.

Internet:
  • Jaringannya yang luas & cepat (seluruh dunia).
  • Perkembangannya sangat pesat.
  • Bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja.

Intranet:
  • Jaringannya yang sempit (lokal).
  • Perkembangannya lambat.
  • Biasa digunakan oleh perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi lainnya.

Kesimpulan

Jadi Internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain untuk keperluan informasi dan komunikasi. Intarnet adalah jaringan komputer yang saling tersambung biasanya dipakai oleh suatu sistem organisasi.

Itulah tadi pembahasan Pengertian Internet dan Intranet : Fungsi, Perbedaan, dan Manfaatnya. Untuk selanjutnya saya akan share artikel yang berhubungan dengan Internet.

Jika ada pertanyaan, baik saran dan kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat belajar dan membaca...

0 Response to "Pengertian Internet dan Intranet : Fungsi, Perbedaan, dan Manfaatnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel