Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya

Konten [Tampil]
Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya
Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Internet Gateway. Apakah anda sudah mengerti pengertian, jenis, prinsip, dan cara kerjanya?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, silahkan simak materi pembahasan dibawah ini.

Apa itu Internet Gateway?

Pengertian Internet Gateway

Gateway adalah sebuah hardware jaringan komputer yang mempunyai peran penting, terutama dalam situasi yang mana ada dua atau lebih jaringan komputer dengan arsitektur yang berbeda akan dihubungkan menjadi satu jaringan yang utuh. 

Kata Gateway, jika artikan secara harfiah merupakan suatu pintu gerbang. Sama seperti arti harfiah dari gateway pada jaringan komputer, gateway juga merupakan sebuah pintu gerbang jaringan, yang dapat menghubungkan satu jaringan ke jaringan yang lain.

Gateway sendiri banyak dipakai pada jaringan komputer, dan juga sering digunakan pada layanan pengirim pesan, yang kita kenal dengan istilah SMS gateway.


Fungsi Internet Gateway

Gateway sendiri memiliki banyak fungsi, antara lain:
  • Berguna Untuk Protocol Converting.
  • Memudahkan Akses Terhadap Informasi.
  • Berbagi Perangkat Keras.
  • Pengamanan Serta Pengaturan Data.
  • Menstabilkan dan Meningkatkan Performa Komputasi.
  • Sebagai Pintu Masuk Jaringan Satu Dengan Jaringan Lainnya.
  • Menggabungkan Dua Atau Lebih Jaringan Dengan Arsitektur dan Topologi Yang Berbeda Menjadi Satu Jaringan Yang Utuh.
  • Menghubungkan Satu Jaringan Komputer Besar Dengan Jaringan Komputer Besar Lainnya.

1. Berguna Untuk Protocol Converting

Karena gateway adalah alat penghubung antara 2 komputer dengan protokol, maka kedua komputer yang terhubung sudah menjadi fungsi gateway. Fungsinya untuk menyesuaikan protokol sampai bisa saling terkait dan terhubung satu dengan yang lain. 

2. Memudahkan Akses Terhadap Informasi

Gateway juga berfungsi memudahkan pengguna mendapatkan akses terhadap informasi (data), sebab kedua komputer sudah saling terkoneksi dan siap untuk saling bertukar data atau informasi. Tanpa adanya Gateway, persalinan data antara dua komputer yang berbeda protokol tidak akan dapat terjadi.

3. Berbagi Perangkat Keras

Berbagi hardware dalam hal ini misalnya untuk printer server. Contohnya dalam sebuah jaringan instansi atau lainnya ada satu buah printer yang ingin digunakan secara bersamaan, maka anda bisa memakai sistem gateway.

4. Pengamanan Serta Pengaturan Data

Dengan adanya gateway, untuk instansi, perusahaan, dan lingkungan bisnis akan sangat mudah untuk mengintegrasikan dan mengorganisasikan data-data penting. Dalam perusahaan atau organisasi pasti terdapat berbagai ruang kerja yang terpisah-pisah. Kurang lebih seperti itulah gateway diperlukan untuk saling terhubung satu dengan yang lain. 

Jadi setiap departemen bisa berbagi informasi dan data, serta khusus untuk orang yang memiliki hak akses saja. Biasanya ada satu admin yang bertugas mengontrol keamanan serta pengaturan semua data dan informasi.


5. Menstabilkan dan Meningkatkan Performa Komputasi

Suatu saat anda ingin mengupgrade performa komputasi, maka tugas-tugas komputasi dapat dishare dengan merata ke setiap komputer, menjadi lebih stabil dan performanya akan meningkat.

6. Sebagai Pintu Masuk Jaringan Satu Dengan Jaringan Lainnya

Sesuai dengan namanya, yaitu pintu gerbang, gateway adalah hardware jaringan komputer yang berfungsi sebagai pintu masuk antara satu jaringan dengan jaringan lainnya. Dengan adanya gateway, maka suatu jaringan yang lebih besar dapat terbentuk menjadi satu kesatuan yang utuh.

7. Menggabungkan Dua Atau Lebih Jaringan Dengan Arsitektur dan Topologi Yang Berbeda Menjadi Satu Jaringan Yang Utuh

Terkadang, tidak semua jaringan memiliki arsitektur, topologi, dan juga pola yang sama. Ketika anda akan menghubungkan jaringan tersebut menjadi satu, maka tentu saja akan mengalami sedikit kesulitan, karena arsitektur yang berbeda pasti akan mengalami masalah kompatibilitas. 

Karena itulah digunakan gateway. Gateway akan membantu menghubungkan jaringan satu dengan jaringan yang lainnya, meskipun jaringan tersebut memiliki pola topologi dan arsitektur yang berbeda.

8. Menghubungkan Satu Jaringan Komputer Besar Dengan Jaringan Komputer Besar Lainnya

Selain menggabungkan antar jaringan yang memiliki arsitektur dan topologi yang berebeda, gateway juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menghubungkan dan juga menggabungkan jaringan komputer yang besar dengan jaringan komputer yang besar lainnya, dan juga menghubungkan jaringan komputer yang besar, dengan jaringan komputer yang lebih kecil.

Cara Kerja Internet Gateway

Cara Kerja Internet Gateway
Gateway bekerja seperti pintu dalam satu jaringan internet yang ingin terkoneksi dengan jaringan lain, yang dimana di setiap gerbang memiliki paling tidak 2 macam interface jaringan. Sama halnya ketika mengakses internet, sebuah alamat website dapat ditempuh melalui gateway yang telah memberikan arah atau rute untuk sebuah paket data yang bisa sampai ke tempat tujuan yang diinginkan.


Kesimpulan

Jadi Gateway adalah sebuah hardware jaringan komputer yang mempunyai peran penting, terutama dalam situasi yang mana ada dua atau lebih jaringan komputer dengan arsitektur yang berbeda akan dihubungkan menjadi satu jaringan yang utuh. 

Itulah tadi Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya. Untuk artikel selanjutnya saya akan membahas yang berhubungan dengan internet.

Jika ada pertanyaan baik kritik dan saran anda bisa berkomentar dibawah ini. Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Internet Gateway : Fungsi, dan Cara Kerjanya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel