-->

Pengertian Komunikasi Daring : Jenis, Fungsi, dan Komponennya

Konten [Tampil]
Pengertian Komunikasi Daring : Jenis, Fungsi, dan Komponennya
Pengertian Komunikasi Daring : Jenis, Fungsi, dan Komponennya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang komunikasi daring (dalam jaringan). Apakah anda sudah paham pengertian, fungsi/tujuan, dan komponen-komponennya?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan mengenai materi ini.

Apa itu komunikasi daring?

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi Daring (dalam jaringan) adalah cara berkomunikasi yang mana pengiriman dan penerimaan chat atau pesan dapat dilakukan dengan memakai internet atau melalui dunia maya (cyberspace). 

Pengertian Komunikasi Daring menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian komunikasi daring menurut para ahli, sebagai berikut.
  • Menurut Effendy (2000 : 13), komunikasi adalah proses penyampaian perasaan atau pikiran oleh seseorang ke orang lain dengan memakai kode-kode yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi memakai media tertentu untuk mengubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu.
  • Menurut Handoko (2002 : 30), komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk informasi, gagasan, dari seseorang ke orang lain.
  • Menurut Robbins (2002: 310), komunikasi adalah pengiriman makna di antara anggota grup. Lewat pengiriman makna, gagasan, dan informasi dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar memasukkan makna, tetapi juga harus mudah dapat dipahami.

Jenis Komunikasi Daring

Adapun jenis-jenis komunikasi daring sebagai berikut:

1. Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring sinkron (serempak) ialah komunikasi memakai komputer (PC) sebagai medianya,  terjadi secara serempak dalam waktu yang nyata (real time). 
Contoh dari komunikasi sinkron antara lain: 
  1. Text Chat
  2. Video Chat

2. Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

Komunikasi daring asinkron (tak serempak) adalah komunikasi memakai perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. 
Contoh komunikasi daring asinkron adalah: 
  1. E-mail
  2. Forum
  3. Rekaman simulasi virtual
  4. Membaca dan menulis files daring melalui world wide web (WWW)

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Adapun komponen pendukung dari komunikasi daring ada 3, antara lain :
  1. Komponen perangkat keras (hardware). Perangkat keras yang bentuknya dapat dilihat oleh mata dan diraba oleh manusia secara langsung (nyata). Contoh dari perangkat keras ini adalah komputer, microphone, headset, serta perangkat pendukung jaringan Internet.
  2. Komponen perangkat lunak (software). Software komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang akan dilakukan. Software yang diperlukan sebagai penghantar antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Contoh Software ini antara lain: hangout, zoom, whatsapp, twitter, facebook, skype, dan sebagainya.
  3. Komponen perangkat nalar (brainware). Yang termasuk komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam pemakaian serta pengaturan software dan hardware untuk melaksanakan komunikasi daring (dalam jaringan).

Kesimpulan

Jadi Komunikasi Daring (dalam jaringan) adalah cara berkomunikasi yang mana pengiriman dan penerimaan chat atau pesan dapat dilakukan dengan memakai internet atau melalui dunia maya (cyberspace). 

Itulah tadi Pengertian Komunikasi Daring : Jenis, Fungsi, dan Komponennya. Untuk pembahasan mengenai komunikasi daring ini akan saya bahas secara bertahap, karena memiliki bab-bab yang perlu saya rinci.

Apabila ada pertanyaan baik saran dan kritik anda bisa berkomentar dibawah ini. Terimakasih, selamat belajar dan membaca...

0 Response to "Pengertian Komunikasi Daring : Jenis, Fungsi, dan Komponennya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel