-->

Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya

Konten [Tampil]
Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya
Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya - Sebelum anda mengenal materi mengenai DFD atau diagram alir, terlebih dahulu anda harus mengetahui apa itu diagram konteks (context diagram). Mengapa begitu? Sebab terkadang banyak salah dalam penjelasan mengenai hal ini.

Pengertian Diagram Konteks

Apabila diartikan, diagram konteks ini adalah diagram yang terdiri dari sebuah metode yang dengannya dapat menjelaskan lingkup sebuah sistem.

Apa Perbedaannya sama DFD?

Diagram konteks sendiri merupakan bagian paling tinggi dalam DFD (Data Flow Diagram), artinya sebelum masuk ke pembuatan DFD, dibutuhkan diagram konteks terlebih dahulu.

Baca JugaPengertian DFD (Data Flow Diagram) : Fungsi, Simbol, dan Contohnya

Hal ini karena diagram konteks menjelaskan sistem secara umum, sedangkan DFD menjelaskan sistem tersebut lebih detail hingga bagian terkecil seperti fitur dalam setiap bagian yang dimiliki oleh program. Sebagai contoh diagram konteks adalah pada program informasi parkir kampus berikut ini.
Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya
Sebuah diagram konteks hanya dijelaskan seperti diatas, yang mana hak akses yang dimiliki oleh yang memakai sistem baik itu admin maupun user.

Resume.

Konteks diagram dan DFD memiliki keterkaitan satu sama lain, dimana DFD akan dibuat setelah diagram konteks dapat digambarkan.

Diagram konteks menjelaskan sistem secara keseluruhan, sedangkan DFD lebih mendetail, ini artinya DFD menjabarkan yang telah digambarkan oleh diagram konteks.

Baca JugaPengertian Sequence Diagram : Tujuan, Simbol, dan Contohnya

Kesimpulan

Jadi diagram konteks ini adalah diagram yang terdiri dari sebuah metode yang dengannya dapat menjelaskan lingkup sebuah sistem.

Itulah tadi Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Diagram Konteks dan Contohnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel