Pengertian Driver Komputer dan Fungsinya

Konten [Tampil]
Pengertian Driver Komputer dan Fungsinya

Pengertian Driver Komputer dan Fungsinya - Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, computer telah menjadi kebutuhan yang begitu penting untuk menunjang suatu pekerjaan. Komputer itu sendiri terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang keduanya saling berkaitan satu sama lain.

Kedua komponen penting tersebut tidak bisa berdiri sendiri. Komputer tanpa perangkat keras tidak akan bisa menjadi sebuah computer, begitu juga sebaliknya apabila computer tidak mendapatkan perangkat lunak maka computer tersebut tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Didalam computer terdapat satu komponen penting yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen perangkat keras dan perangkat lunak, komponen ini di kenal dengan istilah driver.

Pengertian Driver

Driver merupakan sebuah komponen perangkat lunak atau software yang digunakan untuk memperkenalkan perangkat keras /  perangkat lunak system operasi. Dengan menggunakan perangkat lunak driver ini maka system operasi mampu untuk menggunakan perangkat keras tersebut dengan baik tanpa kendala.

Jadi, bisa disimpulkan bahwasannya driver merupakan suatu program khusus yang berupa perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Dan perlu diingat, bahwasannya perangkat lunak pada komputer dibagi kedalam beberapa jenis. Perangkat lunak tersebut juga memiliki fungsi masing-masing, perangkat lunak terbagi kepada 4 macam, yaitu: perangkat lunak sistem operasi, perangkat lunak aplikasi,  perangkat lunak driver, dan perangkat lunak firmware.

Baca JugaPengertian Operasi UNIX : Sejarah dan Fungsinya

Fungsi Driver Komputer

Apabila driver tidak terpasang pada sistem operasi computer maka bisa dipastikan hampir seluruh perangkat keras yang terpasang pada suatu komputer tidak akan mampu berjalan dan tidak akan dikenali oleh sistem operasi. Komputer berbasis windows dapat lebih mudah diketahui perangkat keras mana yang belum dikenali oleh sistem operasi, yaitu pada tool device manager.

Pada saat ini sudah banyak system operasi baru yang bisa dengan mudah kita dapatkan. Paada system operasi terbaru ini biasanya sudah tersimpan ratusan driver yang cocok dengan perangkat keras tertentu. Tetapi ada juga perangkat keras yang drivernya tidak tersimpan pada sistem operasi tersebut.

Maka sangat diperlukan sebuah driver khusus yang biasanya diberikan bersamaan dalam paket pembeliaan sebuah perangkat keras dalam bentuk CD maupun disediakan dalam website resmi dari vendor perangkat itu sendiri.contoh driver komputer ,jenis-jenis driver ,macam macam driver ,contoh device driver ,pengertian driver motor ,fungsi page setup saat melakukan pencetakan hasil scanning ,jenis jenis driver dan fungsinya ,pekerjaan driver

Untuk beberapa perangkat lama yang vendor kurang popular bisa dipastikan akan mengalami sedikit kesulitan dalam menemukan drivernya. Dan kasus ini sering terjadi, setelah menginstall ulang system operasi, banyak yang sering kehilangan CD driver yang sudah diberikan oleh vendor tersebut. Maka kami sarankan untuk menyimpan baik-baik CD driver dan jangan sampai hilang.

Baca JugaPengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya

Kesimpulan

Jadi Driver merupakan sebuah komponen perangkat lunak atau software yang digunakan untuk memperkenalkan perangkat keras /  perangkat lunak system operasi. 

Itulah tadi penjelasan dari kami mengenai Pengertian Driver Komputer dan Fungsinya yang perlu anda ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda para pembaca. Terimakasih telah mengunjungi AnsoriWeb.com, apabila artikel ini dirasa sangat bermanfaat silahkan bantu kami untuk menyebarkan ilmu ini kepada rekan-rekan anda yang lain. Terimakasih telah berkunjung.

0 Response to "Pengertian Driver Komputer dan Fungsinya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel