Pengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya -  Mengotak-atik perangkat komputer atau PC memang merupakan sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Namun tahukah anda tentang pengertian sistem operasi di komputer? Nah, bagi anda yang ingin menambah wawasan dengan mencari tahu pengertian sistem operasi komputer dan definisinya, anda bisa memperolehnya langsung dalam artikel ini.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian sistem operasi adalah piranti lunak pada sebuah sistem komputer yg bertugas utk jalankan kontrol & managemen hardware / piranti keras juga operasi operasi basic system, termasuk juga pun menjalankan software / piranti lunak pengolahan kata & pemutar audio yang anda sukai.

Pengertian Sistem Operasi

Pada umumnya, sistem operasi komputer adalah software yang mana merupakan lapisan terpenting dari sebuah komputer yang ditaruh dalam memori komputer perorangan pada saat komputer mulai di aktifkan. Software lain dijalankan sesudah sistem operasi berjalan & sistem operasi dapat jalankan pelayanan inti umum buat software-software itu. Pelayanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, management memori, menjadwalkan sekian banyak pemerograman yang terjadi dengan cara bersamaan,& interaksi bersama user. Dengan begitu software tak butuh lagi lakukan inti umum tersebut, lantaran telah dilayani oleh sistem operasi tersebut.

Baca JugaCara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Fungsi sistem operasi dengan cara umum yakni melaksanakan pekerjaan pekerjaan mutlak dalam computer & menjamin penerapan penerapan akan berjalan dengan lancar, sistem operasi menjamin sofware lainnya akan menggunakan memori, jalankan input atau output pada pelantara lain, & mempunyai akses terhadap system file.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Di zaman ini sangat banyak sekali jenis sistem operasi beredar yang di pasaran. akan tetapi yang banyak digunakan adalah windows & linux untuk komputer yang berbasis intel , dan buat Komputer yang berbasis Mac OS sehingga menggunakan Macintosh. baca serta trik instal windows & cara aktivasi windows ultimate

Tidak Hanya Windows & linux nyatanya tidak sedikit pula system operasi lainnya, utk menambah pengetahuan kita ini lah list nama nama system operasi tidak cuma windows & linux. cara aktivasi windows 7 ultimate


  • DOS yg ialah singkatan dari Disk Operating Sistem, ada bebrapa version system dos diantaranya ialah MS-DOS buatan Microsoft , Komputer DOS buatan IBM & DR-DOS buatan Digital Research.
  • OS/2, System Operasi OS/2 dibuat oleh IBM, awalnya ditujukan utk penggunaan pc yg dibuat sendiri tapi sekarang ini mulai sejak disebarkan.
  • Sunsoft merupakan sebuah sistem opersi yang diciptakan oleh Sun Microsystem Inc. System ini adalah version interaktif UNIX
  • Sistem 6.x/7.x, System Operasi ini dijalankan utk Macintosh metode memakai mode GUI atau Graphical User Interface
  • Windows NT, System ini dikembangkan oleh Microsoft windows
  • NextSTEF merupakan system opersi yang ditujukan buat pc NeTX lantaran kecanggihanya.
  • UNIX, Unix yakni system operasi yg tidak sedikit digunaka dikomputer mini atau mainframe.

Kesimpulan

Jadi sistem operasi komputer adalah software yang mana merupakan lapisan terpenting dari sebuah komputer yang ditaruh dalam memori komputer perorangan pada saat komputer mulai di aktifkan.


Sekian ulasan mengenai Pengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya pada komputer yang benar dan tepat yang dapat saya tuliskan kali ini. Semoga bisa bermanfaat...

0 Response to "Pengertian Sistem Operasi : Fungsi dan Jenisnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel