-->

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia

Konten [Tampil]
Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia - Pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sejarah internet di Dunia termasuk di Indonesia.

Pengertian jaringan internet pada awal mula pembentukan sejarah internet di Dunia merupakan suatu jaringan komputer yang pertama kali dibentuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, dengan project ARPA yang dimaksud ARPANET.

ARPANET yaitu singkatan dari Advanced Research Proyek Agency Network yang mendemonstrasikan langkah hadware serta software computer mempunyai basis UNIX dengan berkomunikasi dalam jarak yang jauh memakai saluran telepon.

Sejarah Internet

Histori internet tidak luput dari peranan ARPANET didesain dengan standarisasi kehandalan serta berapakah besaran info yang bisa di kirim untuk sama-sama bertukar info dari hal itu terjadilah TCP/IP yang di kenal Transmision Control Protocol/Internet Protocol.

Maksud dari project ARPANET ini hanya untuk kepentingan militer dalam menghubungkan daerah atau lokasi vital. ARPANET di th. 1969 awalannya cuma dapat menghubungkan 4 website seperti Stanford Research Institute, University of Calirofornia, Santa Barbara, University of Utah.

Pada bln. Oktober 1972 ARPANET diperkenalkan pada umumnya serta berkembang cepat di semua lokasi. Lalu ARPANET dipecah jadi dua yakni MILNET untuk kepentingan militer serta APRANET untuk kepentingan non-militer.

Seiring waktu berjalan, orang-orang diperkenalkan DARPA serta disederhanakan sekali lagi jadi Internet seperti saat ini.

Arti internet pertama kalinya di kenal pada th. 1982 dengan perubahan name server buat pemakai bisa tersambung ke host spesifik. Sekarang ini internet dikelola serta dijaga oleh kesepakatan multilateral serta protokol yang menghadirkan perpindahan data pada rangkaian.

Protokol di buat berdasar pada pembicaraan Internet Engineering Task Force (IETF) yang terbuka pada umumnya.

Perusahaan yang keluarkan satu dokumen yang di kenal dengan RFC yakni Request For Comment yang datanya jadikan jadi Standard Internet oleh Tubuh Arsitektur Internet. Prokotol-protokol internet umum dipakai yaitu IP, TCP, UDP, DNS, IMAP, SMPTP, HTTPS, FTP, SSL, HTTP, LDAP, dan lain-lain.

Histori internet Indonesia pertama awal tahun 1990-an. Pada saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama "paguyuban network", yang mana semangat komunikasi kerja, gotong royong dan kekeluargaan begitu hangat.

Agak berlainan dengan situasi Internet Indonesia pada perubahannya lalu yang merasa lebih komersial serta perorangan di beberapa aktivitasnya, terlebih yang melibatkan perdagangan Internet.

Mulai sejak 1988, ada pemakai awal Internet di Indonesia yang memakai CIX (Inggris) serta Compuserve (AS) untuk terhubung internet.

Baca JugaPengertian Bank Menurut Para Ahli : Fungsi dan Jenisnya

Sejarah Perkembangan Internet Di Indonesia

Berdasar pada catatan whois ARIN serta APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192. 41. 206/24) didaftarkan oleh Kampus Indonesia pada 24 Juni 1988.

Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta,  Firman Siregar, Adi Indrayanto, serta Onno W. Purbo ialah sebagian beberapa orang terkenal dimuka pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 sampai 1994.

Semasing personal sudah mengontribusikan ketrampilan serta dedikasinya dalam membuat beberapa kutipan histori jaringan computer di Indonesia.

Di sekitaran th. 1994 mulai beroperasi IndoNet yang di pimpin oleh Sanjaya. IndoNet adalah ISP komersial pertama Indonesia. Pada saat itu pihak POSTEL belum juga ketahui mengenai celah-celah usaha Internet & masih tetap sedikit pemakai Internet di Indonesia.

Sambungan awal ke Internet dikerjakan memakai dial-up oleh IndoNet, satu langkah yang cukup nekat. Tempat IndoNet masih tetap di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI. Akses awal di IndoNet memakai model teks dengan shell akun, browser lynx serta e-mail client pine pada server AIX.

Mulai 1995 sebagian BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan menggunakan remote browser Lynx di AS, jadi pengguna Internet di Indonesia dapat akses Internet (HTTP).

Baca JugaCara Memperbaiki Mouse Wireless yang Rusak

Demikianlah ulasan mengenai sejarah internet di Indonesia dan dunia yang dapat kami sajikan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel