-->

Pengertian Router : Fungsi dan Cara Kerjanya

Konten [Tampil]
Pengertian Router : Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Router : Fungsi dan Cara Kerjanya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang router . Apakah anda sudah tahu pengertian, fungsi, dan cara kerjanya?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap.

Apa itu router ?

Pengertian Router

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang bisa dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda.

Router adalah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk bisa menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

Proses routing ini sendiri terjadi pada lapisan 3 (tiga) dari s tack protokol tujuh-lapis OSI. Router terkadang dipakai untuk mengoneksikan 2 (dua) buah jaringan yang menggunakan media berbeda, seperti halnya dari Ethernet menuju ke Token Ring.

Baca JugaPengertian Driver Komputer dan Fungsinya

Fungsi Router

Router memiliki fungsi utama untuk share maupun menyebarkan IP address, baik itu secara statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua perangkat PC yang terhubung ke router tersebut.

Dengan adanya IP address unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer bisa memungkinkan setiap komputer untuk saling terhubung dan melakukan komunikasi, baik itu di LAN atau internet.

Pada saat ini, perangkat router telah lebih canggih dan modern. Untuk mendistribusikan IP address ke setiap komputer pada suatu jaringan, fungsi router tidak saja hanya bisa menghubungkan dengan sambungan kabel LAN, melainkan bisa dengan teknologi wireless.

Dengan demikian, router pada saat ini bisa disambungkan pada setiap komputer, laptop, gadget, smartphone yang masih berada pada jangkauan router tersebut. Cukup dengan memanfaatkan gelombang radio yang dipancarkan oleh router itu sendiri.

Baca JugaPengertian Operasi UNIX : Sejarah dan Fungsinya

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut routing. Dengan teknik routing tersebut, maka router bisa mengidentifikasi arah rute perjalanan data tersebut akan dikirim, apakah berada di satu jaringan yang sama atau berbeda.

Adapun informasi yang di tuju mengarah ke jaringan yang berbeda, maka router akan menyalurkan ke jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router tersebut akan menghalangi paket keluar dan meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampai terkirim ke tujuan. Berikut ilustrasi cara kerja router.

Cara kerja router bisa dilihat pada gambar diatas. Pada gambar diatas ada 2 (dua) buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada disebelah kiri yang terhubung ke port 1 router memiliki alamat 192.168.1.0 dan pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router memiliki alamat 192.155.2.0.

  • Komputer A mengirim sebuah data ke komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut ke jaringan yang lainnya.
  • Begitu juga ketika komputer F mengirim sebuah informasi ke komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut ke network yang lainnya.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah data ke komputer B, maka router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.

Kesimpulan

Jadi Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang bisa dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router memiliki fungsi utama untuk share maupun menyebarkan IP address, baik itu secara statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua perangkat PC yang terhubung ke router tersebut.


Demikian artikel Pengertian Router : Fungsi dan Cara Kerjanya, semoga Anda dapat memahami tentang router lebih dalam. Terimakasih telah berkunjung...

0 Response to "Pengertian Router : Fungsi dan Cara Kerjanya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel