-->

Pengertian Sistem Informasi : Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Informasi : Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Pengertian Sistem Informasi : Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sistem informasi. Apakah anda sudah tahu pengertian, jenis, tujuan, dan manfaat dari sistem informasi ?. Jika belum anda tepat datang diblog ini karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap.

Apa itu sistem informasi ?

Pengertian Dasar Sistem Informasi

Sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang berhubungan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Menurut pendapat Jerry FithGerald sistem adalah suatu koneksi kerja dari metode yang saling berkaitan untuk melaksanakan suatu aktivitas / menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada sebuah proses perpindahan data menjadi suatu informasi. Input - Proses – Output.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah hubungan antara manusia dan mesin komputer dengan tujuan untuk menganalisa sebuah informasi dalam mendukung manajemen suatu organisasi.

Menurut Robert A. Leitch sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu perusahaan yang menggabungkan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajemen dan menyediakan pihak eksternal dengan laporan yang dibutuhkan.


Jenis-Jenis Sistem Informasi

Adapun jenis / macam dari sistem informasi sebagai berikut.
  • Sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang menyediakan berbagai bentuk laporan yang diperlukan manajemen untuk analisi dan pengambilan keputusan. memakai database untuk menyimpan hasil pengolahan transaksi oleh TPS...(Selengkapnya Baca Disini).
  • Executive information system (sistem informasi eksekutif). ESS membantu para eksekutif  atau manajemen tingkat strategis untuk mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal, memberikan berbagai data yang terkait dengan problem strategis serta pengambilan keputusan yang tidak terstruktur...(Selengkapnya Baca Disini).
  • Sistem informasi akuntansi. SIA merupakan kumpulan sumber daya yang dirancang untuk menyalurkan data keuangan menjadi informasi...(Selengkapnya Baca Disini).
  • Sistem informasi keuangan. Sistem yang mendukung bagian keuangan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan problem keuangan.
  • Sistem informasi manufaktur. Sistem yang dipakai untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan perusahaan.
  • Sistem informasi sumber daya manusia. Sistem informasi yang menyediakan informasi yang digunakan oleh pihak personalia.

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi ialah untuk menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang dikelola menjadi bentuk yang bermanfaat bagi para usernya. Data yang dikelola pun tidak cukup apabila dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat bermanfaat, maka harus tersedia tiga pilar seperti berikut:
  • Relevance: Tepat kepada orangnya.
  • Timeliness: Tepat waktu
  • Accurate: Akurat atau tepat nilainya
Apabila tiga hal tersebut tidak terpenuhi, maka informasi tidak dapat dikatakan berguna, melainkan sampah (garbage).

Manfaat Sistem Informasi

Berikut beberapa manfaat / fungsi dari sistem informasi:
  • Meningkatkan aksesiblitas data secara efisien dan efektif kepada user, tanpa dengan perantara sistem informasi.
  • Menjamin ketersediaan kualitas serta keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
  • Menetapkan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.

Kesimpulan

Jadi Sistem Informasi adalah hubungan antara manusia dan mesin komputer dengan tujuan untuk menganalisa sebuah informasi dalam mendukung manajemen suatu organisasi.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Sistem Informasi : Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya. Apabila ada tulisan yang salah mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi : Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel