Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya

Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang sistem informasi manajemen. Apakah anda sudah tahu pengertian menurut umum / ahli, karakteristik, dan fungsi SIM ?. Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan materi ini secara jelas dan lengkap.

Tetapi saya akan menjelaskan pengertian sistem dan sistem informasi, silahkan simak !

Pengertian Sistem

Sistem adalah sejenis elemen dan komponen yang dikaitkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan tertentu. 

Kata Sistem diambil dari bahasa Yunani "sustema" dan bahasa Latin "systema".

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, yang mana suatu model matematika sering kali bisa dibuat...(Selengkapnya Baca Disini).

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah hubungan antara manusia dan mesin komputer dengan tujuan untuk menganalisa sebuah informasi dalam mendukung manajemen suatu organisasi.

Menurut Robert A. Leitch sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu perusahaan yang menggabungkan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajemen dan menyediakan pihak eksternal dengan laporan yang dibutuhkan...(Selengkapnya Baca Disini).

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah sistem pengolahan data transaksi, aktivitas dan informasi dalam ataupun luar yang mendapatkan informasi yang bisa mendukung kinerja manajemen serta bisa berfungsi sebagai pengendalian dalam organisasi.

Sistem informasi manajemen (SIM) didukung oleh sumber daya manusia, teknologi,  dan prosedur yang maksimal untuk mendapatkan informasi yang terbaru, cepat, akurat, dan bernilai.

Informasi yang didapatkan bisa dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen, menyusun perencanaan, dan untuk memecahkan suatu masalah.

Sistem informasi manajemen dioperasikan dan disusun berdasarkan tujuan dan kebutuhan usernya. Setiap organisasi mempunyai tujuan dan informasi yang berbeda-beda.

Perubahan dalam dunia bisnis bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja, baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan. Perubahan kondisi yang mendadak harus segera ditangani sesegera mungkin untuk menghindari akibat yang tidak diinginkan. Sistem informasi manajemen bisa menyediakan data data yang diperlukan dengan segera agar manajemen bisa melaksanakan penyesuaian terhadap perubahan kondisi dengan cepat.

Sistem informasi manajemen membantu manajemen dalam bekerja secara efisien, efektif, serta lebih cepat. Potensi masalah yang timbul bisa dengan cepat diatasi.

Jenis Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen didalam perusahaan umumnya ada beberapa jenis, antara lain:
  • Sistem Informasi Akuntansi. Menyediakan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan, arus kas, dan lainnya.
  • Sistem Informasi Pemasaran. Menyediakan informasi berhubungan dengan penjualan, aktivitas pemasaran, riset pasar dan kegiatan yang berhubungan dengan agenda pemasaran lainnya
  • Sistem Informasi Manajemen Persediaan. Menyediakan informasi tentang kebutuhan persediaan barang, baik barang dagang (perusahaan dagang), bahan baku, bahan setengah jadi, serta barang jadi.
  • Sistem Informasi Personalia. Menyediakan informasi yang berhubungan dengan human resourses seperti database karyawan, absensi, cuti karyawan, payroll,  dan lainnya.
  • Sistem Informasi Distribusi. Informasi berhubungan dengan sistem distribusi barang, termasuk juga komunikasi yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan.
  • Sistem Informasi Pembelian. Informasi yang berkaitan dengan pemilihan supplier, metode pembayaran kepada supplier, kebutuhan barang atau bahan baku, menjaga persediaan agar selalu tersedia, dan lainnya.
  • Sistem Informasi Analisa Kredit. Menyediakan informasi yang berkaitan dengan kebutuhan utang, bunga, skema utang, instrumen utang yang diambil, dan skema pembayarannya.
  • Sistem Informasi Riset dan Pengembangan. Informasi yang umumnya berkaitan dengan riset dan pengembangan produk baru, produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.
  • Sistem Informasi Kekayaan. Menyediakan informasi yang menyangkut masalah pengelolaan aset perusahaan, aset tidak terpakai dan keputusan belanja modal (capital expenditure).

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen 

Adapun karakteristik / ciri-ciri Sistem Informasi Manajemen menurut Gordon B. Davis [2002] sebagai berikut.
  • Baru. Informasi yang dihasilkan sistem informasi manajemen adalah masih fresh, sama sekali masih baru untuk penerimanya.
  • Tambahan. Informasi yang dihasilkan berupa informasi tambahan atau melengkapi dan memperbarui informasi sebelumnya yang telah ada.
  • Penegas. Maksudnya informasi dari SIM bisa mempertegas informasi sebelumnya yang sudah ada. Informasi ini bertujuan bagi penerimanya bahwa informasi tersebut sangat akurat serta berharga.
  • Korektif. Informasi SIM bisa menjadi alat koreksi terhadap informasi salah yang sudah ada sebelumnya
Selain beberapa karakteristik yang disampaikan oleh Gordon Davis, antara lain:
  • Manajemen sistem informasi berorientasi hanya untuk kepentingan manajemen.
  • Operasional dan Rancangan diarahkan ke manajemen.
  • Sistem manajemen informasi didukung oleh perangkat teknologi yang terbaru.
  • Manajemen sistem informasi meliputi seluruh perencanaan perusahaan.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Adapun fungsi / kegunaan dari sistem informasi manajemen antara lain:
  • Mempermudah mendeteksi permasalahan yang terjadi dan cara penyelesaiannya.
  • Mempermudah dalam melakukan pengawasan dan koreksi terhadap kegiatan organisasi atau perusahaan.
  • Meningkatkan produktivitas operasional perusahaan. Dengan adanya data, maka waktu dan biaya bisa ditekan dengan maksimal.
  • Menentukan skala prioritas pada aktivitas perusahaan. Mana yang harus dikerjakan dan mana yang bisa ditunda pengerjaannya.

Kesimpulan

Jadi Sistem informasi manajemen adalah sistem pengolahan data transaksi, aktivitas dan informasi dalam ataupun luar yang mendapatkan informasi yang bisa mendukung kinerja manajemen serta bisa berfungsi sebagai pengendalian dalam organisasi.

Sekian pembahasan Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya. Apabila ada tulisan yang kurang enak dibaca mohon dimaafkan, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari materi ini.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Manajemen : Jenis, Karakteristik, dan Fungsinya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel