Pengertian Sistem : Karakteristik dan Contohnya

Pengertian Sistem : Karakteristik dan Contohnya

Pengertian Sistem : Karakteristik dan Contohnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas materi sistem. Apakah anda sudah tahu pengertian secara umum maupun para ahli, karakteristik (ciri-ciri), dan contohnya ?. Jika belum tahu anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan bab ini secara lengkap.

Apa itu Sistem ?

Pengertian Sistem

Sistem adalah sejenis elemen dan komponen yang dikaitkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan tertentu

Kata Sistem diambil dari bahasa Yunani "sustema" dan bahasa Latin "systema".

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, yang mana suatu model matematika sering kali bisa dibuat.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berikut ini 14 pengertian / definisi sistem menurut para ahli adalah :

1. Jogiyanto

dalam bukunya yang berjudul "Analisis dan Desain Sistem Informasi", sistem dapat diartikan dengan pendekatan komponen dan pendekatan prosedural.

2. Colin Cherry

Colin Cherry berpendapat bahwa sistem ialah suatu perangkat berbagai bagian atau rakitan dari berbagai jenis dan bagian.

3. Pamudji

Pamudji berpendapat sistem merupakan keseluruhan yang terorganisir / kebulatan yang kompleks. Pamudji juga menunjukkan bahwa sistem merupakan kombinasi dari set berbagai hal untuk membuat keseluruhan yang utuh. 

Set ini mencakup berbagai komponen, termasuk sistem. Sistem memiliki tujuan sendiri dan terkait dengan satu sistem dan lainnya dalam mencapai fungsinya.

4. Andri Kristanto

Menurut Andri Kristanto, sistem adalah jaringan prosedur yang saling terkait, berkumpul bersama untuk melaksanakan kegiatan atau untuk mengakhiri / menyelesaikan target tertentu.


5. Sumantri

Pemahaman Sumantri tentang sistem adalah suatu kelompok bagian yang mana para pihak mengisi dan bekerja sama untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu. 

Jika satu sistem terganggu atau tidak berfungsi, itu akan mempengaruhi sistem yang lain. Sehingga seluruh pihak tidak bisa berfungsi secara optimal.

6. Prajudi

sistem adalah jaringan prosedur yang saling terkait antara prosedural. Lampiran ini didasarkan pada pola bulat dan mampu melaksanakan fungsi utama.

7. R. Fagen dan A. Hall

Sistem adalah kumpulan objek yang memiliki keterkaitan antara masing-masing objek, termasuk hubungan antar properti.

8. Arifin Rahman

Arifin Rahman berbicara tentang sistem. Menurut Arifin, sistem mengacu pada sebuag perangkat prinsip, pendapat, dan elemen lain yang sudah memiliki bentuk sebagai entitas terkait.

9. Azhar Susanto

dalam bukunya "System Information Information System", yang kami maksud adalah suatu perangkat atau kelompok subsistem / bagian / komponen dari fisik atau non fisik yang saling berkaitan untuk bekerja bersama secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu.

10. Jerry FitzGerald

Sedangkan menurut ahli Jerry Fitz Gerald pengertian sistem adalah jaringan kerja daripada prosedural yang saling terkait, berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan atau mencapai tujuan tertentu.

11. Sutarman

dalam bukunya yang berjudul "Pengantar Sistem Teknologi Informasi" adalah seperangkat elemen yang saling berhubungan untuk melakukan proses tujuan utama.

12. Murdick, R. G

Sistem ialah seperangkat elemen kumpulan atau prosedur pemrosesan atau gambar yang mencari bagian atau tujuan, serta mengoperasikan data atau aset pada waktu referensi tertentu, untuk menghasilkan informasi dan / atau atau energi dan / atau properti.

13. Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo, pengertian sistem adalah kolaborasi dari objek yang memiliki keterkaitan antara hubungan dan fungsi antara karakteristik masing-masing objek, yang secara global merupakan unit fungsional.

14. Indrajit

Menurut Indrajit, definisi suatu sistem adalah suatu kelompok komponen yang memiliki unsur keterkaitan satu sama lain.

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedural yang terorganisir/dikelompokkan, jika dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.


Karakteristik Sistem

Adapun ciri-ciri / karakteristik sistem antara lain :
  • Komponen
  • Batasan Sistem
  • Lingkungan sistem eksternal
  • Antarmuka (Penghubung Sistem)
  • Masukan (input)
  • Keluaran (output)
  • Proses
  • Tujuan dan Sasaran

Contoh Sistem Informasi

Perusahaan marketpace memiliki sistem informasi / aplikasi yang menyediakan informasi tentang penjualan komputer, hardware, serta stok barang yang tersedia.  

Dengan informasi ini, seorang pimpinan dapat membuat kebutuhan, stok barang yang mereka butuhkan untuk segera memasok ke toko komputer tersebut. 

Pimpinan juga dapat mengetahui barang mana yang merupakan barang terlaris yang dibeli oleh konsumen, yang memungkinkan mereka untuk memutuskan bahwa barang tersebut memiliki stok lebih banyak dari yang lain.

Kesimpulan

Jadi Sistem adalah sejenis elemen dan komponen yang dikaitkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan tertentu. digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, yang mana suatu model matematika sering kali bisa dibuat.

Demikian artikel mengenai Pengertian Sistem : Karakteristik dan Contohnya. Apabila ada pertanyaan baik saran dan kritik anda bisa berkomentar dibawah ini.

Selamat membaca dan belajar...
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url