Pengertian Komunikasi Data : Jenis, Tujuan, dan Komponennya

Konten [Tampil]
Pengertian Komunikasi Data : Jenis, Tujuan, dan Komponennya
Pengertian Komunikasi Data : Jenis, Tujuan, dan Komponennya - Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang komunikasi data. Apakah anda sudah tahu pengertian, jenis, tujuan, dan komponen Komdat ?. Jika belum anda tepat datang di blog ini, karena saya akan menjelaskan materi ini secara ringkas dan mudah dipahami.

Apa itu komunikasi data ?

Pengertian Komunikasi Data

Komunikasi data adalah suatu proses penerimaan dan pengiriman data maupun informasi dari dua atau lebih perangkat (misalnya seperti : komputer atau laptop, printer, dan alat komunikasi lainnya). 

Dalam bahasa Inggris definisi komunikasi yaitu "communication"  yang berasal dari kata Latin "communicatio", dan besumber dari kata "communis" dengan arti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.

Komunikasi merupakan pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu, contohnya kabel. Untuk data yang memakai komputer pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik yang dikenal dengan istilah komunikasi data. 

Data merupakan informasi yang ditampilkan oleh isyarat bilangan biner, yaitu 0 dan 1.

Baca JugaPengertian Komunikasi : Fungsi, Proses, Unsur, dan Manfaatnya

Jenis Komunikasi Data

Adapun jenis komunikasi data ada 2, yaitu Terestrial dan Satelit.
  • Komunikasi Data Terestrial. Memakai media kabel sebagai penggunaannya sehingga membutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini.
  • Komunikasi Data Satelit. Memakai satelit sebagai penggunaannya. Tempat yang diakses satelit lebih luas serta mampu menjangkau wilayah yang tidak memungkinkan dibangun. Namun hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk proses komunikasi.

Tujuan Komunikasi Data

Adapun tujuan / fungsi komunikasi data sebagai berikut.
  • Mengurangi waktu untuk pengolahan data.
  • Mempercepat penyebaran data atau informasi.
  • Efisien dalam pengiriman data dalam jumlah besar.
  • Sistem komunikasi data (Komdat) memungkinkan orang dan disini yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.
  • Memungkinkan pengelolaan data serta pengaturan data yang ada dalam berbagai jenis sistem komputer.

Komponen Komunikasi Data

Adapun komponen komunikasi data sebagai berikut.
  • Pengirim : piranti yang mengirimkan data.
  • Penerima : piranti yang menerima data.
  • Pesan/Data : informasi yang akan diubah bisa berupa apa saja, gambar, suara, video, teks, angka,  atau kombinasi dari semuanya.
  • Media Pengiriman : media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya ataupun gelombang magnetik.
  • Protokol : peraturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling berkomunikasi.

Kesimpulan

Jadi Komunikasi data adalah suatu proses penerimaan dan pengiriman data maupun informasi dari dua atau lebih perangkat (misalnya seperti : komputer atau laptop, printer, dan alat komunikasi lainnya). 

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Komunikasi Data : Jenis, Tujuan, dan Komponennya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Komunikasi Data : Jenis, Tujuan, dan Komponennya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel