-->

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif : Karakteristik dan Contohnya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Informasi Eksekutif : Karakteristik dan Contohnya
Pengertian Sistem Informasi Eksekutif : Karakteristik dan Contohnya - Pada kesempatan ini saya membahas Sistem Informasi Eksekutif. Apakah anda sudah mengetahui pengertian, karakteristik (ciri-ciri), dan contoh dari SIE ?, Jika belum anda tepat datang di blog ini karena saya akan menjelaskan materi ini secara lengkap dan mudah dipahami.

Apa itu Sistem Informasi Eksekutif ?

Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah hubungan antara manusia dan mesin komputer dengan tujuan untuk menganalisa sebuah informasi dalam mendukung manajemen suatu organisasi.

Menurut Robert A. Leitch sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu perusahaan yang menggabungkan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajemen dan menyediakan pihak eksternal dengan laporan yang dibutuhkan.


Pengertian Sistem Informasi Eksekutif

Sistem Informasi Eksekutif adalah suatu bagian yang menyediakan informasi bagi eksekutif tentang kinerja keseluruhan perusahaan.

Disingkat dengan EIS. Mengirimkan, menganalisis, serta menampilkan informasi pada station kerja para pengambil keputusan yang menjelaskan gambaran kepadanya tentang standar penting serta peristiwa, sebelum terlambat untuk mencegahnya. 

Data khususnya gambaran informasi keuangan, pasar, dan statistik industri, dikumpulkan dari sistem pemrosesan bisnis online milik organisasi dan perusahaan pihak ketiga.

Dalam merancang EIS para eksekutif memakai beberapa konsep / metode dasar dengan tujuan memungkinkan para eksekutif dapat memantau seberapa baiknya kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan.

Karakteristik Sistem Informasi Eksekutif

Adapun karakteristik / ciri-ciri dari Sistem Informasi Eksekutif oleh John (1996), antara lain:
  • SIE dirancang untuk mempertemukan informasi dengan kebutuhan eksekutif (walaupun user dari SIE tidak terpaku pada eksekutif saja).
  • Menyediakan tracking dan kontrol terhadap key organizational performance.
  • Bisa mengetahui gaya kepimpinan dari seorang individu eksekutif.
  • Terdiri dari grafik yang sangat fleksibel untuk alternatif dari presentasi layer di dashboard.
  • Didesain untuk menyediakan data secepatnya untuk pengambilan keputusan yang penting.
  • Menyediakan highlight pada data / informasi yang tidak sesuai standar perusahaan.
  • Menyediakan drill-down informasi secara lengkap dan cepat.
  • Menyediakan solusi berdasarkan fakta yang tersedia

Contoh Sistem Informasi Eksekutif

Salah satu contoh penerapan Sistem Informasi Eksekutif Bidang Kepegawaian adalah Sistem Informasi Eksekutif Bagian Kepegawaian di PT Pelindo II (Persero) Palembang. 

Di PT Pelindo II untuk proses pelaporan ke manager masih menggunakan laporan langsung (lisan) sehingga belum terintegrasi dengan data yang lain, selain menyulitkan pada saat pelaporan informasi atau penyajian khusus pada manager.

Metode pengembangan sistem yang dipakai yaitu EIS lifecycle.(Lungu 2005). Metode Lifecycle sendiri terdiri dari :
  • Justifikasi
  • Perencanaan
  • Enterprise Infrastructure Evaluation
  • Project Planning
  • Bisnis Analisis

Hasil dari sistem informasi eksekutif ini merupakan pages yang ditampilkan dalam web browser, dengan beberapa submenu antara lain::
  • Menu Halaman SDM (input hasil laporan kegiatan dan data kepegawaian)
  • Pimpinan dapat melihat hasil laporan dari pegawai. 

Laporan yang ditampilkan berupa ringkasan yang berbentuk grafik dan tabel. Grafik dan tabel tersebut berfungsi untuk manager sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Dalam contoh kasus di atas, Sistem Informasi Eksekutif dipakai untuk menampilkan laporan para pegawai dan hanya berupa grafik dan tabel.


Kesimpulan

Jadi Sistem Informasi Eksekutif adalah suatu bagian yang menyediakan informasi bagi eksekutif tentang kinerja keseluruhan perusahaan.

Demikian pembahasan Pengertian Sistem Informasi Eksekutif : Karakteristik dan Contohnya. Walaupun artikel ini ringkas dan padat semoga bisa membantu anda dalam mengerjakan tugas, semoga bermanfaat.

Selamat membaca dan belajar :D

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Eksekutif : Karakteristik dan Contohnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel