Pengertian Sistem Informasi Akuntansi : Komponen, Tujuan, dan Manfaatnya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi : Komponen, Tujuan, dan Manfaatnya

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi : Komponen, Tujuan, dan Manfaatnya - Pada kesempatan ini saya akan membahas sistem informasi akuntansi. Apakah anda sudah tahu pengertian, komponen, manfaat / tujuan, dan manfaat dari akuntansi ? Jika belum anda tepat datang diblog ini, karena saya akan menjelaskan hal ini secara ringkas dan lengkap.

Apa itu Sistem Informasi Akuntansi ?

Pengertian Sistem

Sistem adalah sejenis elemen dan komponen yang dikaitkan menjadi satu, untuk mencapai tujuan tertentu. 

Kata Sistem diambil dari bahasa Yunani "sustema" dan bahasa Latin "systema".

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, yang mana suatu model matematika sering kali bisa dibuat.


Pengertian Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah hubungan antara manusia dan mesin komputer dengan tujuan untuk menganalisa sebuah informasi dalam mendukung manajemen suatu organisasi.

Menurut Robert A. Leitch sistem informasi merupakan sebuah sistem di dalam suatu perusahaan yang menggabungkan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajemen dan menyediakan pihak eksternal dengan laporan yang dibutuhkan.


Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer yang dibuat untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi bagi pihak  intern dan ekstern.

Menurut Bodnar (2001, p6), yang diterjemahkan oleh Jusuf bahwa "Sistem Informasi akuntansi (SIA) didefinisikan sebagai sistem berbasis komputer yang dibuat untuk mengubah data akuntansi menjadi bentuk informasi". 

Menurut Stephen yang diteijemahkan oleh Jogiyanto (1995, p17), mendefinisikan SIA merupakan sebuah komponen organisasi yang memproses, mengumpulkan, mengklasifikasikan, menganalisis, mengkomunikasikan informasi pengambilan keputusan dengan orientasi financial yang relevan bagi pihak-pihak eksternal dan pihak-pihak internal perusahaan. 


Komponen Sistem Informasi Akuntansi

Adapun komponen dari Sistem Informasi Akuntansi menurut Nugroho Widjajanto dalam buku Sistem Informasi Akuntansi (2001:4) menjelaskan bahwa tanpa memandang bentuk perusahaan, suatu sistem informasi akuntansi selalu terbentuk dari :
  1. Serangkaian formulir yang tercetak, contohnya nota (Voucher), faktur, cek dan laporan-laporan yang dipakai untuk membuat sistem akuntansi dan administrasi perkantoran yang termasuk berbagai prosedur yang merupakan dasar pembuatan ayat-ayat akuntansi.
  2. Serangkaian buku, baik dalam bentuk fisik berupa kartu-kartu dan buku-buku dalam pengertian harfiah, ataupun dalam bentuk format yang hanya terbaca oleh mesin. Buku-buku ini meliputi (journal, books of original entry) maupun buku besar (ledger, subsidiary ledger).
  3. Serangkaian laporan atau pernyataan (statement) seperti saldo, abstraksi buku besar, perhitungan rugi-laba dan neraca.
  4. Serangkaian kergiatan klerikal, termasuk operasional pengolahan data elektronik, yang harus dilakukan untuk mencatat berbagai informasi akuntansi pada formulir, buku, jurnal, dan buku besar, dan dalam penyusutan laporan dan surat pernyataan.
  5. Pemakaian peralatan klerikal, khususnya komputer dan mesin ketik, sarana komunikasi untuk berbagi data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan sistem.

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Adapun tujuan Sistem Informasi Akuntansi menurut Mulyadi tujuan sistem akuntansi (2016:15), antara lain.
  • Untuk menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha baru. 
  • Untuk memperbaiki informasi yang sudah diperoleh sistem yang sudah ada.
  • Untuk memperbaiki pengecekan intern dan pengendalian akuntansi.
  • Untuk melengkapi biaya klerikal dalam melakukan catatan akuntansi. 

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Adapun manfaat Sistem Informasi Akuntansi, antara lain :
  • Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa
  • Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa
  • Memperbaiki pengambilan keputusan
  • Berbagi pengetahuan

Kesimpulan

Jadi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer yang dibuat untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi bagi pihak  intern dan ekstern.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Sistem Informasi Akuntansi : Komponen, Tujuan, dan Manfaatnya

Apabila ada penulisan yang kurang baik mohon dimaafkan, semoga bermanfaat, Jika ingin bertanya silahkan berdiskusi dikolom komentar,

Selamat membaca dan belajar...

0 Response to "Pengertian Sistem Informasi Akuntansi : Komponen, Tujuan, dan Manfaatnya"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel