9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging

Konten [Tampil]
 9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging
9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging - Saya akan membahas tentang bagaimana blogging akan berjalan seperti sebuah usaha kecil. Blogging yang dibahas dalam hal ini mempunyai tujuan yang sama, yaitu memperoleh income dari banyaknya trafik.

Langkah menjalankan Blogging sebagai bisnis kita ibaratkan seperti sebuah usaha kecil yang dibangun dalam tahap-tahap seperti ini :

Tahap Memulai dan Merencanakan Bisnis


1. Menentukan Layanan dan Produk

Produk adalah generator pendapatan dari usaha kecil. Pendapatan usaha kecil sangat tergantung dari kebutuhan pasar saat ini. Dan biasanya konduktor usaha kecil akan melakukan riset secara singkat terhadap kebutuhan pasar, mengidentifikasi, dan menguji sasaran pasar dengan beberapa prototipe. Dan tidak akan pernah diam dan menunggu bisnis datang mengetuk pintu mereka.

Menentukan target dari sasaran blog Anda adalah penting. Anda dapat mencoba beberapa tulisan berdasarkan topik-topik pilihan Anda. Dan pada akhirnya Anda akan dapat menyimpulkan apa yang seharusnya menjadi kepuasan dan keberhasilan, sementara kelemahan dan kekuatan Anda semakin lama akan terlihat karena tindakan langsung mengarah kepada hasil.

2. Maksimalkan Sumber Daya

Kemampuan finansial menunjang usaha Anda? Anda termasuk berpengetahuan dan pengambil keputusan yang bijak di dalam usaha Anda? Konduktor dari sebuah usaha kecil kerap kali membutuhkan pemaksimalan dari aset Anda, bersikap inovatif dan mengubah setiap gagasan menjadi sebuah tindakan.

Beberapa blogger dilengkapi dengan kemampuan menguasai program, keterampilan dalam mendesain, dan SEO. Dengan pengertian, mengaplikasikan ketiganya akan mengoptimalkan kemampuan blogging.

Anda bisa mempelajari hal tersebut secara otodidak, masuk ke forum yang membahas tentang cara efektif blogging, dan bertanya pada ekspertis di bidang ini. Buatlah upaya untuk memanfaatkan sumber daya yang ada, tanpa membatasi pengetahuan Anda, karena hal itu merupakan hal yang sangat berharga dan akan menjadi aset utama Anda.

Baca JugaCara Membuat Blog dan 6 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

3. Siapkan Pemikiran Jangka Panjang

Saya sudah sering mendengar, bahwa di dalam sebuah bisnis harus memiliki bisnis plan yang jelas. Namun pada kenyataannya hal itu tidak akan terjadi pada proses lebih lanjut. Anda harus memiliki rencana cadangan untuk mengatasi apabila masalah-masalh baru muncul ke permukaan, seperti masalh garansi yang dikeluhkan pelanggan,kekurangan produk yang dikirim,dll

Dalam dunia blog, Anda sudah harus mempersiapkan situasi terburuk, misal data hilang akibat virus, server yang down, adanya malware,dll. Persiapan penting daripada menyesal kemudian. Cobalah untuk selalu waspada.

Tahap Melakukan Tindakan

4. Publikasi dan Teknik Berpromosi

Menjadi satu-satunya distributor untuk barang dagangan tertentu sangat membantu untuk memperoleh popularitas dengan cepat. Jika tidak, Anda harus bekerja ekstra keras untuk meraih ketenaran, seperti menawarkan diskon khusus atau hadiah gratis untuk pelanggan setia.

Mendidik pelanggan baru: Apa daya tarik utama dari produk Anda? Mengapa mereka datang kepada Anda dan bukan pesaing Anda? Kadang-kadang membutuhkan kesabaran, percayakan pada kualitas karena akan menjamin reputasi bisnis dan umur panjang dari perusahaan Anda.

Sangat sama dengan dunia blogging, untuk berusaha keluar dari pasar yang telah jenuh, Anda perlu membangun komunitas dari blog Anda, misalnya kualitas konten.

Anda harus mencari backlink dari situs lain agar blog Anda dikenal. Anda bisa melakukan promosi melalui komentar pada forum, melakukan promosi melalui kampanye blogging, berpartisipasi dalam situs media sosial.

5. Kualitas Produk dan Customer Service

Saat ini banyak sekali, usaha kecil yang melupakan “after sale service”. Kadang-kadang hal inilah yang membuat para pelanggan pergi dan nantinya menghancurkan usaha yang telah dibangun.
Sementara dalam blogging, apa yang seharusnya kita bangun?kualitas konten? wow subjektif sekali Anda.

Namun hal itu tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi, cobalah menciptakan sebuah ide-ide brilian dan menciptakan sebuah getaran yang membuat para pembaca Anda betah berlama-lama di blog Anda. Pertimbangkan pembaca Anda, balas comment mereka, dan coba menjadi seperti mereka.

Tahap Memperoleh Ulasan

6. Feedback

Kami melakukan pemantauan terhadap produk kami setiap bulan. Tindakan tersebut membantu untuk menentukan apakah bisnis kita akan terus mendapatkan keuntungan dari itu, atau sebaiknya kita beralih ke alternatif lain? Ini memperhitungkan setiap umpan balik dari pelanggan, adanya keluhan, solusi yang disediakan oleh vendor, dan ROI setelah mempertimbangkan semua aspek.

Demikian juga, keprihatinan kita tentang blog pengunjung dan reaksi mereka terhadap tulisan-tulisan kita. Kita tidak dapat menyenangkan semua orang, tetapi kita masih perlu menerima semua masukan, baik atau buruk, dan berimprovisasi dengan adanya masukkan tersebut.

Menyadari pentingnya meninjau blog Anda akan memastikan penerimaan dari pengunjung Anda. Itu bisa dilakukan dengan mengamati komentar blog Anda, email, dan pemantauan melalui Google Alert mengenai produk yang Anda jual di berbagai situs.

Baca JugaCara Mulai Dapat Uang dari Blog dengan Google AdSense

7. Follow Up

Dalam usaha kecil, lebih mudah untuk menindaklanjuti pelanggan secara teratur. Apakah itu lewat telepon, survei atau percakapan santai selama kunjungan ke kantor kami. Ini adalah sebuah bentuk yang kami bangun sebagai sebuah hubungan pemasaran dengan pelanggan kami.

Dengan memanfaatkan konsep yang sama, kita dapat mencoba untuk berhubungan dengan pembaca blog kita, tidak hanya melalui komentar, tetapi melalui email juga. Memanfaatkan situs media sosial yang efektif yang tersedia sebagai tindak lanjutnya. Membentuk hubungan penulis-pembaca.

Ingatlah pembaca Anda selalu bisa pergi ke blog lain yang serupa tapi mereka telah memilih Anda sebagai gantinya. Dengan alasan sederhana ini mereka pantas dimanjakan dan menarik perhatian Anda setiap saat.

Tahap Penelitian dan Pengembangan

8. Kontrol Terhadap Kualitas

Kami selalu diminta untuk memberikan lebih dari apa yang kami janjikan dan tidak pernah sebaliknya. Usaha kecil akan dikelola dengan baik dan tidak akan pernah terhindar dari pengawasan mutu.

Blogging adalah selalu berbicara mengenai pengendalian mutu. Selain keterampilan menulis, cobalah untuk meminimalkan kesalahan ejaan, dan tata letak blog yang bersih yang mudah dinavigasi. Pastikan konten terstruktur dengan baik dan tidak kehilangan sentuhan pribadi Anda.

Mungkin masukan baru akan baik bagi blog Anda? Cobalah sesekali penggunaan podcast untuk presentasi blog Anda. Ingat harus sesuai dengan kemampuan Anda, jangan terlalu berlebihan, ditakuti akan menjadi bumerang untuk Anda.

Baca JugaCara Membuat Daftar Isi Artikel Otomatis di Blogspot

9. Outsource & Perencanaan Jangka Panjang

Usaha kecil kelak akan menemukan cara mereka untuk bertahan hidup. Misal dengan memanfaatkan kemungkinan outsourcing atau menjadi pihak ketiga. Kebanyakan dari usaha kecil adalah pengambil resiko dan bersedia untuk memperluas bisnis mereka.

Cobalah untuk mencari kemungkinan langkah berikutnya untuk blog Anda. Membangun sebuah situs penggemar di Facebook? Penting untuk mengetahui waktu yang tepat, apabila Anda berpikir untuk terus mengelola uang dari blog Anda.

Banyak yang mengatakan pasar blogging mudah jenuh. Tetapi kita harus optimis kalau kita ingin sukses di dalam bisnis ini. Beberapa pelaku usaha bisnis ini adalah para penyuka pengambil resiko dan bersedia memperluas bisnis mereka ke tingkat berikutnya. Namun penting untuk diingat, bersikaplah jujur, tulus, dan jangan hilangkan sentuhan dari diri kita sendiri.

Kesimpulan

Jadi langkah menjalankan bisnis blogging, antara lain:
  • Menentukan Layanan dan Produk
  • Maksimalkan Sumber Daya
  • Siapkan Pemikiran Jangka Panjang
  • Publikasi dan Teknik Berpromosi
  • Kualitas Produk dan Customer Service
  • Feedback
  • Follow Up
  • Kontrol Terhadap Kualitas
  • Outsource & Perencanaan Jangka Panjang
Demikian pembahasan mengenai  9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging, semoga bermanfaat untuk anda yang mencari informasi penting ini.

Selamat membaca dan belajar... | Devote Labels

3 Responses to " 9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging"

  1. wah tulisannya menginspirasi kami para blogger pemula... www.wahyuddinrosi.com

    ReplyDelete
  2. 9 Langkah Menjalankan Bisnis Blogging yang tergambar sangat jelas diatas membuat sayah teh makin pahan soal trik menjalankan bisnis bloging, moga bisa...bisa nggak ya

    ReplyDelete
Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel