-->

9 Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan

Konten [Tampil]
9 Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan

9 Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan - Kucing persia umur 2 bulan kondisi tubuhnya masih rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus agar ia menjadi sehat hingga dewasa. Biasanya kucing persia umur 2 bulan sudah dipisah dengan indukannya atau sudah bisa dijual. 

Jika kamu ingin membeli kucing persia umur 2 bulan, maka kamu harus meluangkan waktu dan biaya yang tidak sedikit nih. Sebenarnya perawatan kucing persia umur 2 bulan sangat mudah. Kita hanya perlu ketelitian dan kesabaran dalam merawat dan menjaga anakan kucing. 


Berikut cara merawat kucing persia

Bagaimana si cara merawat kucing persia umur 2 bulan? Yuk simak ulasan berikut ini.


1. Siapkan Kandang yang Bersih dan Nyaman

Kucing yang masih berumur 2 bulan perlu banget nih kandang yang bersih sebagai tempat tinggal. Kebersihan kandang menjadi faktor penentu anakan kucing nyaman atau tidak di kandang.

Pastikan di dalam kandang terdapat kain untuk kucing tidur agar ia merasa hangat dan nyaman. Biasanya kain ditaruh di bagian pojok dan dibentuk seperti sarang burung.


2. Siapkan Nest Box/ Litter Box dan Pasir

Nest Box/ Litter Box dan pasir berguna untuk tempat pup anakan kucing. Jika anakan kucing sudah terbiasa pup di box, maka ia tidak akan pup sembarangan. Pastikan kamu menyiapkan ini sebelum mengadopsi anak kucing ya.

Oh iya, penggantian pasir dapat dilakukan 3 hari sekali. Pasir dapat langsung dibuang atau dicuci kembali dan digunakan kembali (untuk menghemat biaya).

Baca JugaSejarah Email Secara Singkat di Dunia


3. Rutin Membersihkan Kandang

Nah ini yang menjadi tantangan kita sebagai addopter kucing. Kita harus meluangkan waktu setiap harinya untuk membersihkan kotoran yang ada di kandang dan di Nest Box. Jika memungkinkan, bersihkan kandang yang terkena kotoran agar selalu steril. 


4. Memberikan Asupan yang Baik Untuk Anakan Kucing

Asupan yang baik untuk anakan kucing yakni pemberian makan yang rutin dan teratur. Terus makanannya apa? Jangan khawatir, kalian dapat memberikan makan berupa pelet kucing, susu kucing, dan makanan sehat seperti wishkas. 

Pastikan sesuaikan juga dengan selera kucing ya. Karena di beberapa kasus, kucing tidak suka dengan makanan tertentu (seperti rasa salmon misal). Kalian dapat memberikan makan kepada kucing tiga sampai empat kali dalam satu hari, yakni pagi, siang, sore, dan malam. 


5. Beri Ruang Gerak pada Anakan Kucing persia umur 2 bulan

Jangan pernah kamu membiarkan kucing di kandang terus. Hal ini dapat menyebabkan kucing stres dan sakit. Sebaiknya beri ruang gerak yang bebas. Misalkan kamu punya halaman yang luas dan memungkinkan kucing tidak dapat keluar, maka sebaiknya lepas di halaman rumah mu saja. 

Anakan kucing persia umur 2 bulan sangat perlu gerak yang bebas agar ia bisa aktif mengeksplorasi tempat tinggalnya. Jadi ketika ia mulai tumbuh besar, ia tidak akan kaget karena dulunya pernah ke sana kemari di rumahmu hehe. 


6. Rutin Vaksin dan Vitamin

Kucing yang rutin divaksin dan diberi vitamin pasti akan terlihat aktif dan senang bermain. Pemberian vaksin dapat menjaga anak kucing dari penyakit cacing, diare, dan penyakit lainnya. Sedangkan pemberian vitamin dapat meningkatkan imunitas tubuh anakan kucing. Anakan kucing juga akan terlihat gembul dan cepat berkembang serta tumbuh besar. 

Pemberian vaksin dapat dilakukan sebulan sekali. Kalian dapat membawa kucing masing-masing ke dokter hewan untuk divaksin. Sedangkan pemberian vitamin dapat disesuaikan dengan kebutuhan anakan kucing dan budget yang dimiliki.


7. Beri Anakan Kucing Kasih Sayang

Terkadang kita sebagai pemilik hanya merawat, memberi makan anakan kucing saja. Namun sebenarnya anakan kucing sangat membutuhkan kasih sayang. Cara yang dapat kalian lakukan untuk memberikan kasih sayang pada anakan kucing Persia umur 2 bulan yakni dengan mengajaknya bermain, mengelus-elus, mencium, dan memperlakukan dengan baik.


8. Mandikan anakan kucing persia umur 2 bulan

Anakan kucing perisa  yang masih berumur 2 bulan juga tetap harus dimandikan. Gunanya agar anakan kucing dapat terhindar dari kutu dan penyakit bulu. Memandikan kucing dapat memakai air hangat agar kucing tidak kedinginan.

Umumnya, anakan kucing akan dimandikan dengan shampo khusus kucing. Namun jika di rumah kalian tidak ada, kalian dapat menggunakan sabun sunlight yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Apakah aman? Tentu saja aman. Saya sudah mencobanya sendiri. Namun hasilnya kurang bagus, kurang wangi juga. 

Memandikan kucing tidak harus setiap hari. Kalian dapat memandikan anakan kucing persia umur 2 bulan seminggu sekali. Tapi jika kalian memiliki waktu lebih, maka dapat memandikan anakan kucing seminggu dua kali. Jika setelah dimandikan, jangan lupa mengeringkannya dengan handuk lalu dijemur di bawah terik sinar matahari.

Baca JugaPengertian Jaringan LAN dan Fungsinya


9. Bawa Kucing untuk Grooming

Grooming merupakan perawatan kucing di sebuah pet shop. Biasanya muali dari perawatan bulu, kuku, mata, telinga, dan lain sebagainya. Perawatan ini sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah, tapi jika kalian belum bisa atau tidak ada waktu, maka kalian dapat membawa anakan kucing persia ke pet shop untuk grooming.

Biaya untuk grooming juga tidak mahal kok, sekitar 35 ribu untuk anakan kucing. Kalian dapat melakukan perawatan grooming sebulan sekali saja untuk menghemat biaya. 

Nah itulah beberapa Cara Merawat kucing Persia Umur 2 Bulan yang dapat kalian lakukan. Cara-cara ini biasa dilakukan jika kita mengadopsi kucing persia yang masih berumur 2 bulan. Meski masih kecil dan berumur 2 bulan, tetapi perawatannya sungguh luar biasa ya. Tidak mudah namun juga tidak sulit banget.

Sebenarnya balik lagi pada diri kita sendiri, jika kita melakukannya dengan kasih sayang yang tulus, maka tidak akan merasa susah ataupun mahal. Karena banyak di luar sana yang menganggap biaya merawat anakan kucing umur 2 bulan begitu besar. 

Semoga artikel kali ini dapat membantu dan menambah referensi sobat semua. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca.

Baca harga kucing persia medium terbaru di jafarull.com.

0 Response to "9 Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan"

Post a comment

Bebas berkomentar asalkan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel